November 22, 2022

Meta Merugi, Zuckerberg Cari Untung dari Dua Platform Ini

Penulis: Muhammad Rizki
Meta Merugi, Zuckerberg Cari Untung dari Dua Platform Ini  

Mobitekno – Meta, perusahaan induk yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp, diketahui begitu aktif merekrut karyawan tatkala pandemi. Namun, siapa sangka strategi bisnis Zuckerberg yang ingin menjual konsep Metaverse tak sesuai ekspektasi dan merugikan investor.

Walhasil, kondisi suram kini sedang menaungi perusahaan teknologi Meta yang baru saja melakukan pemutusan hak kerja (PHK) dan pendapatan iklan yang turun.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan perusahaan akan melakukan beberapa strategi bisnis untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Salah satunya dengan memaksimalkan platform WhatsApp dan Messenger.

“Dua aplikasi chatting ini (WhatsApp dan Messenger) adalah langkah awal untuk menghasilkan uang. Jika dibandingkan dengan platform lain seperti Facebook dan Instagram,” katanya.

“Kami berbicara banyak tentang peluang jangka panjang seperti metaverse, tetapi kenyataannya adalah platform pesan bisnis mungkin bakal jadi pilar utama berikutnya dari bisnis kami karena kami bekerja untuk lebih memonetisasi WhatsApp dan Messenger,” ungkap Zuckerberg.

Platform WhatsApp memungkinkan pelanggan untuk melakukan percakapan dan bertransaksi dengan para pedagang online, termasuk fitur pembayaran baru yang sudah tersedia di Brazil.

Pengeluaran terbesar Meta berasal dari gaji karyawan dan pengembangan infrastruktur platform. Reality Labs selaku divisi Meta yang mengembangkan metaverse telah menerima hampir 20 persen dari total anggaran perusahaan.

Divisi itu menghabiskan lebih dari setengah anggaran untuk pengembangan AR di produk kacamata pintar.

Mark Zuckerberg menyampaikan permohonan maaf usai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 11.000 karyawan Meta induk usaha Facebook atau 13 persen dari total jumlah karyawannya.

“Saya minta maaf kepada mereka yang terkena dampak (PHK). 11.000 karyawan yang kami lepas adalah karyawan-karyawan terbaik,” kata Zuckerberg kepada karyawan melalui surat yang diumumkannya.

Meta akan memberikan 4 bulan gaji sebelum melakukan PHK dan tetap mencover biaya perawatan kesehatan karyawan yang terkena PHK selama enam bulan ke depan sejak dijatuhkan keputusan PHK.

“Saya bertanggung jawab atas keputusan ini. Saya tahu ini sulit untuk semua orang,” pungkasnya

Tags: , , , ,


COMMENTS