February 22, 2022

Berubah Pikiran, Meta Perpanjang Waktu Batas Harian Penggunaan Instagram

Penulis: Iwan RS
Berubah Pikiran, Meta Perpanjang Waktu Batas Harian Penggunaan Instagram  

Mobitekno – Menurut laporan Techcruch, Instagram memperpanjang minimun batasan harian penggunaan (minimum daily limit use) aplikasi dari sebelumnya 15 menit atau 10 menit menjadi 30 menit. Fitur ini bertujuan mengingatkan pengguna jika mereka terlalu banyak menghabiskan waktu dengan Instagram.

Saat peluncuran awal fitur kontrol di Instragram dan Facebook, pihak Meta memberikan argumen bahwa ftur ini bukan hanya berkaitan dengan waktu yang dihabiskan orang di Facebook dan Instagram, tetapi bagaimana mereka menghabiskan waktu dengan aplikasi.

Meta merasa harus bertanggung jawab terhadap bagaimana waktu online dapat memengaruhi seseorang. Fitur ini merupakan langkah pertama yang penting, dan kami berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan kami untuk membina komunitas yang aman, baik, dan suportif bagi semua orang.”

Kini, Meta kembali mengubahnya dengan memperpanjang batas harian menjadi 30 menit dengan alasan adanya peluncuran fitur manajemen waktu yang lebih baru, yakni “Take A Break”. Meta berasalan ingin menghindari adanya beberapa notifikasi kepada pengguna secara bersamaan.

Meta menyediakan dua fitur pengaturan waktu. Batas harian yang ada menunjukkan pemberitahuan ketika pengguna telah mencapai batas harian penggunaannya, tetapi fitur terbaru “Take A Break” menyediakan Anda pengingat layar penuh untuk meninggalkan aplikasi, termasuk interval 10 menit.

Jadi, Meta menganggap pilihan batas harian 10 menit bukannya menghilang, tetapi hanya terdapat dalam fitur baru “Take A Break”. Fitur yang diperkenalkan pada 2018 ketika muncul kekhawatiran akan dampak negatif platform media sosial berbasis foto dan video tersebut pada kesehatan mental di kalangan generasi muda.

Di sini, pengguna Instagram dan Facebook akan memilki fasilitas manajemen waktu baru, termasuk mengatur waktu penggunaan sehari-hari. Pengguna juga dapat melihat rata-rata harian waktu yang dihabiskan di aplikasi seluler, berdasarkan penggunaan selama seminggu.

Tak hanya mengurangi batas waktu, interface pengaturan batas harian juga telah didesain ulang untuk menampilkan opsi waktu yang lebih lama terlebih dahulu dalam daftar (hingga tiga jam).

Meta menyatakan bahwa pembaruan tersebut bertujuan untuk membuat opsi batas harian tidak membingungkan pengguna, perubahan itu dilakukan berdekatan dengan laporan penurunan pendapatan Meta pada kuartal keempat tahun lalu.

Kuat dugaan, perubahan batas harian pengguna berkaitan dengan app engagement dan user retention yang akan berdampak juga bagi pendapatan iklan Meta.

Tags: , , , ,


COMMENTS