August 22, 2022

Review realme narzo 50i Prime, Smartphone Gaming Paling Stylish di Harga Rp 1 Jutaan

Penulis: Desmal Andi
Review realme narzo 50i Prime, Smartphone Gaming Paling Stylish di Harga Rp 1 Jutaan  

Mobitekno – realme kembali meramaikan psar smartphone untuk gaming di kelas entry level dengan menghadirkan realme narzo 50i Prime pada 18 Agustus 2022. Kehadiran smarhone ini bersamaan dengan peluncuran realme Pad mini. Namun, walau masuk di segmen entry level, bukan berarti realme memberikan desain dan performa asal jadi. realme narzo 50i bahkan tampil dengan desain paling stylish di segmen smartphone gaming satu jutaan berkat ketipisannya yang hanya 8,5mm saja. realme menyebut desain ini sebagai Ultra Slim Dynamic Texture Design.

Dengan desain tersebut, tidak heran jika realme memposisikan narzo 50i Prime ini sebagai Smartphone Stylish untuk Gaming di harga 1 Jutaan. Pengalaman menggunakan smartphone ini juga semakin lengkap berkat hadirnya visual yang nyaman dan pilihan warna yang menarik, yaiu Dark Blue dan Mint Green.

Sebagai smartphone yang digunakan untuk gaming, realme menyematkan prosesor yang cukup andal dan sudah teruji kemampuannya, yaitu Unisoc T612 yang dipadukan dengan UFS 2.2. Ini membuat performanya bisa berjalan tanpa lag saat digunakan bermain game. Mobitekno pun sempat merasakan kelebihan narzo 50i Prime ini untuk beberapa hari. Hasilnya bisa disimak dalam ulasan berikut ini.

realme narzo 50i Prime

Kelengkapan

Hadir dengan kotak ringkas berwarna biru, warna yang juga tampil pada seri-seri narzo lainnya, smartphone ini dibekali banyak fitur pendukung. Selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. realme narzo 50i Prime dengan warna Dark Blue
  2. Kabel data atau charger dengan port Micro USB
  3. SIM Card Ejector
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
Kelengkapan dalam paket penjualannya

Desain

Saat dikeluarkan dari kotak kemasannya, smartphone yang memiliki layar 6,5 inci dengan screen to body ratio sebesar 88.7% ini cukup enak untuk dipegang. Apalagi dengan Ultra Slim Dynamic Texture Design yang dimilikinya, ditambah dengan adanya Vertical Stripe Design di bagian permukaan di cover belakang. Ini membuat semakin nyaman saat bagian-bagian jari tangan menyentuhnya. Desain yang menjadi salah satu keunggulan smartphone ini dibuat berdasarkan susunan halus dari tekstur yang tertata rapi yang mencerminkan kesempurnaan dari garis tersebut.

Vertical Stripe design yang menawan

Namun, tekstur ini tidak ada di dalam bagian frame kamera belakang. Hal ini sekaligus menjadi pembatas antara bagian kamera dan cover balakang yang biasanya sering dipegang oleh jari-jari tangan penggunanya.

Selain desain yang tipis, ketebalannya hanya 8,5mm, narzo 50i juga memiliki bobot ringaan, yaitu 182gr. Ini membuatnya mudah untuk dibawa-bawa maupun ditaruh di saku celana, tanpa merepotkan penggunanya. Layarnya yang mengadopsi resolusi 1600 x 720 piksel HD+ cukup cerah dalam menampilkan berbagai konten game di dalamnya. Sementara screen to body ratio yang sebesr 88.7% membuat tampilan layar lebih lega dikelilingi frame hitam tipis.

Ultra slim, hanya 8,5mm

Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Posisi ini memang paling nyaman untuk pengguna yang menggunakan tangan kanan dalam memegang smartphone. Sementara di sisi sebaliknya terdapat slot untuk SIM Card dari provider favorit Anda.

Bagian bawahnya terdapat port micro USB untuk proses charging dan transfer data ke device lainnya. Port Micro USB ini didampingi oleh port audio 3.5mm untuk berbagai headphone atau earphone yang masih menggunakan kabel. Sementara di sisi kanannya terdapat lubang speaker. Mikrofon-nya sendiri terletak di antara port micro USB dengan port Audio.

Bagian belakangnya menampilkan tekstur bergaris yang menarik. Di sini terdapat kamera utama yang didampingi flash light. Bagian kamera ini memiliki Luas sekitar 25% dari keseluruhan cover belakang. Logo narzo terukir cukup jelas di sisi kanan kamera. Dengan begitu, saat menggunakan kameranya dalam mode landscape, desaain ini terlihat menyatu dengan keseluruhan bodi smartphone.

Desain kamera utama

Fitur dan Performa

Saat dinyalakan untuk pertamakalinya, dan langsung memasukkan akun google agar bisa berjalan maksimal, navigasi pada UI-nya terlihat begitu lancar. Proses perpindahan layar saat menggeser ke kiri atau ke kanan berjalan cukup halus. Tampaknya ini berkat penggunaan realme UI R Edition berbasis Android 11. UI ini memang disesain khusus untuk smartphone entry level sehingga hanya menjalankan aplikasi yang diutamakan saja.

realme UI R Edition berbasis Android 11.

Kinerja yang bagus dari UI-nya ini juga ditunjang oleh penggunaan prosesor kuat dari Unisoc T612. realme memilih prosesor dengan fabrikasi 12nm ini karena sudah teruji andal untuk gaming dan menjadi yang terbaik di kelasnya, terutama dari segmen harga. Chipset Unisoc ini memiliki clock speed hingga 1,82 GHz dan sudah mengadopsi struktur Cortex A75. Di chipset ini juga menggunakan GPU Mali G-57 untuk mendongkrak performa grafisnya. Keandalan Unisoc T612 ini bisa dibuktikan dengan berhasilnya smartphone ini mencapai nilai 209,823 di aplikasi benchmark Antutu terbaru.

Berbasis Android 11

Tidak hanya chipset dan prosesor yang andal, narzo 50i Prime juga dibekali dengan storage berkecepatan tinggi UFS 2.2. Ini adalah teknologi flash storage yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis tiga kali lebih cepat daripada eMMC 5.1. Padahal, UFS 2.2 ini masih identik digunakan untuk smartphone-smartphone di segmen mid-to-high. Dan, realme narzo 50i Prime sudah menggunakannya.

Storage realme narzo 50i Prime

Tidak lengkap jika performa andal dan kencang namun durasi penggunaaan tidak lama. Tenang saja, karena smartphone ini menggunakan baterai besar berkapasitas 5.000mAh. Ini bisa membuatnya bertahan untuk memutar audio selama 102 jam. Bahkan dalam keadaan standby, narzo 50i Prime bisa bertahan selama 45 hari.

Mode kamera

Karena ditujukan untuk anak muda, tentunya kamera juga menjadi hal penting. Aktivitas sehari-hari penggunanya akan lebih berwarna jika dapat mengabadikan momen-momen indah dan menarik di aktivitas tersebut. Tentunya juga dengan hasil yang oke, baik foto maupun video. realme narzo 50i Prime sendiri sudah dibekali kamera AI 8MP. Kualitas dari kaamera ini terbilang bagus dan detail untuk smartphone di segmen satu jutaan. Tidak hanya foto, kamera smartphone ini bisa digunakan untuk merekam video dengan Resolusi & Frame dalam video: 1080p 30fps | 720p 30fps | 480p 30fps.

Sementara kamera depannya berkemampuan 5MP dengan fitur HDR. Kamera depan ini dapat merekam video dengan kualitas 720p dalam 30fps. Mode kamera yang disediakan sudah cukup untuk mengadopsi kebutuhan penggunanya. Di dalamnya ada mode Pro, panorama, time lapse, hingga mode malam hari. Hasilnya bisa dilihat pada contoh foto yang sempat diambil oleh Mobitekno.

Spesifikasi

 Layar  6,5 inci, 1600 x 720 piksel HD+, screen to body ratio 88,7%
 Dimensi dan bobot  Dimensi: 164.1×75.6×8.5 mm, 182g
 Baterai  5.000mAh
 Memori  RAM 3GB/4GB ROM 32GB/64GB
 Kamera  Utama 8MP, depan 5MP
 Prosesor  Unisoc T612 (12nm) 1,82GHz
 Storage eksternal  hingga 1TB
 Konektivitas  WiFi, Bluetooth 5.0
 Sensor  Cahaya, proximity, akselerasi
 Warna  Dark Blue, Mint Green

Kesimpulan

Sebagai smartphone stylish untuk gaming di harga 1 jutaan, realme narzo 50i Prime cukup menarik untuk dimiliki. Bagi Anda yang ingin tetap bermain game dengan nyaman, tetapi tidak harus mengeluarkan uang terlalu banyak, realme narzo 50i Prime menjadi pilihan yang pas. Apalagi desainnya yang ultra slim membuat smartphone lebih nyaman dipegang. Jadi, main bareng dengan teman pun menjadi lebih seru.

narzo 50i Prime

Pengunaan chipset dari Unisoc juga menjadi perhatian khusus. Ini bisa memangkas harga smartphone cukup banyak. Dengan begitu, ada banyak calon pengguna yang bisa diraih karena memiliki harga yang sangat terjangkau.

Dengan spesifikasi yang sudah disebutkan tadi, bisa dikatakan realme narzo 50i ini menjadi The Most Durable Quality in Segment karena memiliki #KualitasTerdepan di kelasnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS