October 15, 2022

Jajal Laptop Terbaru Acer Swift Edge, Puas Dimanjakan Layar 16 Inci OLED 4K

Penulis: Rizki R
Jajal Laptop Terbaru Acer Swift Edge, Puas Dimanjakan Layar 16 Inci OLED 4K  

Mobitekno – Acer belum lama ini merilis model terbaru dari Swift series, yaitu Swift Edge dengan mengusung layar OLED 4K 16 inci. Pada Jumat, (14/10) kemarin, redaksi Mobitekno berkesempatan mencicipi model terbaru dari Swift series ini. Lantas, bagaimana rasanya menggunakan laptop anyar ini?

Saat mencoba laptop ini pertama kali, pandangan langsung tertuju pada sisi layar. Pasalnya, layar OLED 4K (3840×2400) Swift Edge ini mampu menampilkan gambar yang terlihat jernih dan tajam. Hal ini juga tak lepas dari penyematan warna ice blue pada layar, sehingga cocok digunakan untuk bekerja maupun menikmati hiburan seperti menonton film.

Matius John Tirtawirya selaku Product Manager Consumer Acer Indonesia menjelaskan bahwa layar 16 inci pada Swift Edge ini merupakan keinginan konsumen yang ingin laptop dengan layar besar namun bukan laptop gaming.

“Kemudian, konsumen juga menginginkan laptop untuk menunjang produktivitas yang memiliki layar besar dengan bobot ringan. Itu sebabnya, Acer menggunakan paduan sasis magnesium-alumunium dengan bobot hanya 1,1 kg saja sehingga lebih portable,” ungkap John.

acer

Di awal-awal saat melihat layar Swift Edge ini, sempat membayangkan beban yang cukup berat dengan ukuran sekelasnya. Namun, saat mencoba mengangkat Swift Edge ini, bobotnya terasa seperti laptop ukuran 14 inci. Ketebalannya yang hanya 12,95 mm juga membuat aktivitas mobile bersama laptop ini menjadi lebih mudah.

Selain itu, Acer juga sudah menanamkan beragam port penting pada Swift Edge yang memang ditujukan untuk menunjang aktivitas seperti bekerja sekaligus untuk menikmati hiburan. Ada port HDM 2.1, dua port USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan kemampuan pengisian cepat, dua port USB Type-A, dan jack audio 3,5 mm.

Satu hal menarik lainnya saat menjajal singkat Swift Edge yakni kualitas gambar yang dihasilkan kamera webcam bawaan.

Biasanya, pengguna tak terlalu berharap banyak dengan kualitas kamera webcam bawaan. Namun pada Swift Edge ini, kamera webcam bawaannya sudah menggunakan FHD yang didukung teknologi Acer TNR.

TNR atau Temporal Noise Reduction sendiri merupakan teknologi dari Acer yang berfungsi untuk menghasilkan gambar dengan kualitas lebih baik dalam kondisi minim cahaya.

Adapun spesifikasi teknis dari Swift Edge, sudah pernah dijabarkan oleh Acer dalam acara bertajuk I Go With Swift di kawasan Senayan beberapa hari yang lalu.

ac1

Swift Edge sudah menggunakan sistem operasi Windows 11 Home dan terdapat dua pilihan prosesor yakni AMD Ryzen 5 6600U Mobile Processor atau AMD Ryzen 7 6800U Mobile Processor. Pilihan kartu grafis yang disediakan juga ada dua yakni AMD Radeon 660M (bila memilih prosesor Ryzen 5 6600U) atau AMD Radeon 680M (bila memilih prosesor Ryzen 7 6800U).

Pilihan storage yang disediakan pun ada dua yakni 512GB SSD NVMe Gen4 (untuk Ryzen 5) atau 1TB SSD NVMe Gen4 (untuk Ryzen 7). Acer menyediakan dua slot untuk bagian storage.

Sedangkan RAM yang digunakan berkapasitas 16GB LPDDR5 Dual Channel. Untuk baterai, menggunakan 54WHr 3-cell yang diklaim Acer mampu bertahan hingga 10,5 jam.

Adapun fitur lainnya yang juga ditanamkan pada Acer Swift Edge seperti WiFi 6E, bluetooth 5.2, hingga Acer PurifiedVoice.

Tags: , , , , ,


COMMENTS