October 17, 2022

Melalui OMRON Connect, Ukur Tekanan Darah Mandiri dari Perangkat OMRON Kini Semakin Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Melalui OMRON Connect, Ukur Tekanan Darah Mandiri dari Perangkat OMRON Kini Semakin Nyaman  

Mobitekno – Kemudahan dan kepraktisan menjadi satu hal yang begitu penting di era digital seperti saat ini. Tidak heran berbagai perangkat kini sudah memanfaatkan aplikasi di smartphone atau komputer untuk menarik lebih banyak pengguna. Hal ini pun terjadi di dunia kesehatan. Berkat kemajuan teknologi, berbagai perangkat kesehatan kini semakin mudah dioperasikan. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap kesehatannya karena mereka bisa mengukur atau memeriksa dengan secara mandiri. OMRON Healthcare Indonesia juga mengikuti perkembangan zaman ini dengan menghadirkan perangkat-perangkat pengukur kesehatan mandiri yang bisa terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi dan jaringan Bluetooth, yaitu OMRON BPM tipe 7156T, 7142T, dan 7143T.

Perangkat-perangkat tersebut memanfaatkan aplikasi OMRON Connect yang bisa di download di Android atau IOS Store di smartphone. Kehadiran perangkat dengan konektivitas lebih nyaman ini tentunya akan semakin memudahkan orang dalam memeriksakan tekanan darahnya secara mandiri di rumah. Dengan begitu, selain bisa dapat mencegah hipertensi diharapkan mereka bisa memantau kondisi kesehatan jantungnya setiap saat. Hingga saat ini, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan pemicu utama penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung. Menurut WHO, secara global hipertensi diderita oleh 1,2 miliar orang pada 2019. Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 menyebutkan, 63 juta lebih penduduk Indonesia menderita hipertensi.

Hipertensi sendiri disebut silent killer disease atau penyakit mematikan yang sering tidak disadari kehadirannya karena sering kali tanpa keluhan. Banyak penderita hipertensi yang baru menyadarinya saat sudah terkena penyakit penyulit atau komplikasi dari hipertensi.

“OMRON ingin berbagai kejadian cardio vascular ini dapat diminimalisir dengan pengukuran secara mandiri di rumah. Ini juga menjadi salah satu tujuan corporate kami. Dengan kehadiran OMRON Connected Device tentunya orang akan semakin mudah mengontrol tekanan darahnya. Semua informasi dari tekanan darah, detak jantung, hingga rata-rata pengukiuran, bisa dilihat dalam aplikasi OMRON Connect di smartphone,” ujar Herry Hendrayadi, Marketing Manager, OMRON Healthcare Indonesia, Jumat, 14/10/22, di kantor OMRON Healthcare Indonesia, Jakarta.

OMRON Connected Device Workshop 14Okt
Herry Hendrayadi, Marketing Manager, OMRON Healthcare Indonesia

OMRON BPM tipe 7156T, 7142T, dan 7143T ini sendiri sudah dilengkapi konektivitas pintar dengan aplikasi OMRON connect. Konektivitas ini menawarkan fleksibilitas dalam memonitor dan mengelola tekanan darah di smartphone. Perangkat ukur ini ideal untuk banyak pengguna dan pemantauan yang akurat, dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi fibrasi atrium dengan akurasi yang divalidasi secara klinis sebagai EKG, sehingga dapat diketahui jika dibutuhkan perawatan dini untuk mencegah pembekuan darah, stroke, atau gagal jantung.

Dengan adanya OMRON Connect, tentunya hasil pemeriksaan tekanan darah dari perangkat ini pun bisa dianalisis lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi kesehatan jantung. Proses analisis ini bisa dilakukan secara praktis, kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi OMRON Connect

Aplikasi OMRON connect memungkinkan pengguna mendapatkan gambaran terkait analisa hasil pengukuran tekanan darah, sehingga pengguna akan mengetahui bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap kesehatan, gambaran kondisi tekanan darah, mengetahui kecenderungan kondisi kesehatan dari waktu ke waktu yang ditampilkan dalam grafik kesehatan, serta fasilitas dialog yang terfokus dengan petugas kesehatan.

Aplikasi OMRON connect menyediakan banyak fitur untuk memantau kesehatan jantung, seperti:

  • Memudahkan sinkronisasi pembacaan dan pengukuran ke smartphone melalui Bluetooth®
  • Membagikan data perkembangan kesehatan via email ke keluarga atau tenaga medis
  • Melacak riwayat kesehatan dengan merekam dan menyimpan data tanpa batas
  • Mendapatkan tampilan lengkap tekanan darah dengan pembacaan sistolik, diastolik, dan denyut nadi
  • Mendapat peringatan saat terdeteksi adanya perubahan penting dalam tekanan darah
  • Menetapkan tujuan aktivitas fisik dan lacak perkembangan
  • Memantau durasi dan kualitas tidur
  • Memantau berat badan dan BMI (indeks massa tubuh)
  • Mengakses histori data kesehatan tambahan seputar tidur, berat badan, EKG, aktivitas, dan lainnya
  • Dapat langsung mengirim data ke smartphone

Agar bisa mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, OMRON menyarankan untuk melakukannya dengan cara yang benar, sesuai dengan petunjuk yang disetakan dalam perangkat tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengukuran tekanan darah ini adalah:

  1. Perhatikan cara penggunaan alat yang benar
  2. Lakukan secara rileks dan nyaman
  3. Mengukur tekanan darah dilakukan 2 kali, beri jarak 1 menit sebelum pengukuran berikutnya.
  4. Lakukan pada waktu yang sama, misalnya setiap jam 10.00
  5. Pengukuran dilakukan saat tidak sedang stres, nyeri/kesakitan atau tidak nyaman
  6. Catat hasilnya setiap kali dilakukan pengukuran
  7. Bawa hasil pengukuran saat berkonsultasi ke dokter.

Agar perangkat pengukuran tekanan darah ini tetap bisa bekerja dengan optimal, menghasilkan data yang benar, OMRON juga menyarankan agar melakukan kalibrasi perangkat setiap tahun. Kalibrasi ini dapat dilakukan secara gratis selama masih dalam masa garansi.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS