October 6, 2022

Semangat Dobujack Perkenalkan Produk Fashion di Shopee 10.10 Brand Festival

Penulis: Karyo
Semangat Dobujack Perkenalkan Produk Fashion di Shopee 10.10 Brand Festival  

Mobitekno – Nama Dobujack, sejatinya kepanjangan dari Doa iBu Jadi Anak Cepat Kaya. Pemilihan nama brand yang sudah eksis 17 tahun ini dipercaya sang pemilik sebagai restu dan berkat dari oaring tua yang berhasil mengantarkannya menjadi salah satu lokal brand terkemuka di Indonesia saat ini.

Sebagai clothing brand asal Bandung yang dimiliki Delly Fitriansyah ini jauh dari kata mudah dan instan. Berbagai lika-liku kerap menjumpai saat membangun bisnis di usianya yang baru menginjak 18 tahun kala itu.

Memulai usaha dengan modal sebesar Rp 2.500.000 melalui pinjaman bank adalah langkah terbesarnya demi membantu biaya kuliah dan merubah perekonomian keluarga. Siapa sangka, berkat kegigihan dan melihat perkembangan industri fashion yang terus tumbuh, tahun 2005 menjadi saksi bahwa lokal brand, Dobujack juga dapat memperkenalkan tren fashion unisex untuk para pria hingga wanita dengan mengedepankan gaya kasual, simpel, nyaman, namun trendi.

Delly Fitriansyah, Founder of Dobujack mengatakan, “Menyasar generasi muda yang memiliki spirit fashion penuh petualang, strategi penjualan kami diawali secara offline dengan menitipkan produk pada toko-toko distro Bandung.”

“ Kemudian, ingin mendapat atensi yang lebih besar, kami memberanikan diri memperluas distribusi hingga 15 titik kota besar seperti Jakarta, Jogja, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Surabaya,” cerira Delly Fitriansyah, dalam paparannya, saat acara Bincang Shopee 10.10 yang digelar Selasa ( 04/10/2022).

“Hingga akhirnya tahun 2008 kami berhasil membuka gerai distro pertama di Bogor, dan terus berlanjut di Bandung tahun 2014, dan Bekasi pada 2017, serta toko online pertama pada marketplace Shopee di tahun 2020,” lanjut Delly.

Melalui semangat yang tak pernah padam, berbagai acara Bazaar teranyar setiap tahunnya juga menjadi strategi yang Delly jalani demi menciptakan nama Dobujack semakin bersinar.

Bahkan yang dulunya hanya fokus berjualan kaos, kini usaha Dobujack telah melebar dengan menawarkan ragam kebutuhan fashion lengkap dari kepala hingga kaki. Mulai dari kaos, jaket / hoodie, tas, dan sweater, serta celana. Adapula sandal, sepatu, topi, snapback, buckle hat, dompet, sabuk maupun aksesoris dan berbagai produk pendukung fashion lainnya.

Di mana seluruh proses produksi dilakukan secara lokal, mulai dari tempat membeli bahan, konveksi, penjahit, hingga packaging. Kehadiran label Dobujack telah berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar dari empat pegawai kini mencapai 40 orang karyawan ditambah bantuan beberapa tenaga makloon.

Pencapaian-pencapaian tersebut tidak sekadar unsur keberuntungan melainkan bagian dari perjalanan panjang yang penuh pengorbanan. Kerja keras, merelakan waktu bermain di masa kuliah, ditipu rekan bisnis, banyak barang hilang, pembayaran tertunda berbulan-bulan maupun bertahun-tahun, hingga kondisi terberat yakni pandemi 2020 menyerang.

Bisnis yang diharapkan lancar, karena telah menyiapkan stok untuk event offline pameran serentak di 11 kota tetapi semua batal karena lockdown, bahkan seluruh gerai toko offline pun dengan terpaksa harus ditutup. Wajib bertahan dan harus cepat beradaptasi melalui kondisi yang terjadi, alhasil Delly akhirnya menemukan solusi dengan melebarkan sayapnya untuk mempelajari lebih dalam market online melalui platform Shopee.

Dobujack perluas jangkauan bisnis di ranah Digital bersama Shopee

Ragam inovasi, fitur, serta program yang ditawarkan Shopee mulai dari kampanye angka kembar, promo Gratis Ongkir, hingga fitur menarik seperti Shopee Live membuat Dobujack memutuskan untuk memperluas jangkauan bisnisnya ke ranah digital.

Dobujack menilai platform ini tidak hanya menawarkan kemudahan tetapi wadah bagi para pelaku usaha dalam memperluas segmentasi penjualannya hingga pelosok daerah yang sebelumnya tidak terbayangkan. Terlebih saat masa pandemi berlangsung, saat itu, Delly merasa belanja online menjadi tren belanja baru masyarakat demi memenuhi kebutuhan.

Maka dari itu, ketika memilih fokus dan mendalami ilmu baru ini, selang beberapa bulan terbukti, omset online ternyata justru jauh lebih besar sampai 10 kali lipat dengan jumlah transaksi mencapai 10.000 paket pada setiap kampanye tanggal kembar.

“Salah satu yang membuat kami berterima kasih dengan Shopee, tidak hanya inovasi dan program yang menguntungkan, tetapi Shopee juga selalu memperhatikan para penjual dalam meningkatkan skill & knowledge menjadi lebih baik melalui beberapa aktivitas training/webinar,” ungkap Delly.

“Membantu kami beradaptasi cepat pada situasi pandemi, Shopee juga mendorong dan mengarahkan kami dalam mencapai target penjualan yang lebih tinggi, dengan salah satunya ikut berpartisipasi pada kampanye angka kembar di 10.10 Super Brands Festival. Spesialnya sepanjang kampanye, kami memberikan promo menarik mulai “Serba 1.000”, “Serba 10.000”, dan “Serba 100.000” serta Exclusive Launching produk khusus di kampanye ini. Jadi, jangan lupa aktifkan fitur Ingatkan Diskon ya,” jelasnya.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Dobujack dalam kemeriahan 10.10 Brands Festival, terutama memaksimalkan jumlah stock, manpower, berbagai kampanye dan promo dari Shopee, dan beragam aktivasi serta kolaborasi bersama KOL dan influencer.

Bersama dengan mitra-mitra brand terpercaya yang akan turut memeriahkan kampanye ini, kampanye 10.10 Brands Festival ini memang secara khusus dihadirkan Shopee untuk berbagi kebahagiaan dalam memenuhi kebutuhan akhir tahun. Berbagai penawaran menarik khusus hadirkan, seperti Gratis Ongkir Semua Toko, Setiap hari Super Brand Day, dan Jumbo Cashback s/d 4 JT yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna setia Shopee Indonesia.

Koleksi Dobujack
Koleksi Dobujack untuk meriahkan  Shopee 10.10 Brands Festival

Komitmen Dobujack Hadirkan Koleksi Produk Berkualitas

Berdasatkan pengalaman Delly akhirnya memilih fokus dan mengembangkan tren pakaian unisex melalui kaos Dobujack.
Walaupun begitu, dalam menghasilkan produk unisex yang simpel, nyaman, dan difavoritkan tidak semudah dibayangkan, kreativitas Delly dan tim pun selalu menjadi tantangan dalam menciptakan desain baru yang dapat menarik atensi konsumen.

Dengan komitmen pada quality control yang baik inilah maka akhirnya mewujudkan koleksi-koleksi Dobujack menjadi produk best seller hingga masuk nominasi Shopee Super Award 2021, kategori Super Favorite Local Brand.

Penjualan 10.000 paket dalam sehari disaat tanggal kembar. Penjualan bulanan tertinggi urutan keempat dalam kategori Men Fashion. Penjualan produk terlaris no.1 di Coach Jacket. Serta masuk Top Ten produk terlaris kategori long sleeve, tshirt dan hoodie.

Selain menjadi brand local yang berkualitas Dobujack juga ingin merambah pasar international. “Mimpi kami yaitu menjadi brand fashion lokal pilihan yang tidak hanya di Indonesia namun juga Go International,” ujar Delly.

“Kehadiran brand Dobujack ini juga dapat menghidupi semakin banyak kepala keluarga seiring berkembangnya perusahaan, mendorong kreativitas anak muda dalam berekspresi, serta mampu mendorong perkembangan ekonomi Indonesia khususnya di bidang fashion UMKM,” tegas Delly menambahkan.

Bagi para pelaku UMKM lainnya, Delly juga berpesan tetap semangat selalu konsisten dan nikmati setiap prosesnya, karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil, seperti tagline Dobujack “Enjoy the Pleasure”.

Tags: , ,


COMMENTS