December 5, 2022

Foto Dua Model PC-nya Bocor di Medsos, Xiaomi Diduga Bakal Masuk Pasar PC Desktop

Penulis: Iwan RS
Foto Dua Model PC-nya Bocor di Medsos, Xiaomi Diduga Bakal Masuk Pasar PC Desktop  

Mobitekno – Berdasarkan bocoran di media social Weibo, produsen ponsel Xiaomi mulai bersiap-siap masuk pasar PC desktop dengan dua produknya yakni Mini PC dan Mini tower PC yang masuk kategori small form factor (SFF).

PC Mini dari Xiaomi ini sekilas mirip desain produk Apple Mac Mini atau Intel NUC. Namun, casingnya yang berbentuk persegi dengan lengkungan di setiap sudut terlihat sedikit lebih tinggi dan memiliki ventilasi di sisinya. Di bagian depannya terdapat dua port USB, jack headphone 3,5 mm, dan tombol power.

Xiaomi PC 02

Adapun spesifikasinya disebut akan datang dengan prosesor AMD Ryzen 7 6800H, GPU Radeon 680M RDNA2 (integrated), RAM 16 GB, dan SSD 512 GB. Bocorannya juga menunjukkan bahwa Mini PC ini akan ditawarkan seharga CNY 3.999 (~Rp8,9 juta), meskipun belum diketahui kapan tanggal rilisnya di pasar.

Adapun PC desktop tower mini dari Xiaomi masih belum diungkap spesifikasi teknisnya. Sejauh ini baru terlihat beberapa informasi berdasarkan foto yang bocor, seperti casing tower miniatur dengan desain matte black dengan pola heksagonal. Di punggungnya terlihat ada kunci mekanis, beberapa slot dan port serta modul PSU XM22AL5X berdaya 100W.

Kabarnya PC desktop mini ini juga sudah mendukung dual slot untuk GPU. Mengingat PSU bawannya hanya berdaya 100 W, sepertinya akan ada opsi untuk menggantinya dengan PSU yang berdaya lebih besar.

Xiaomi PC 01

Kunci mekanis di bagian belakang digunakan dengan tutup kunci (key cap) yang disertakan pada paket. Xiaomi menempatkan fungsi khusus pada PC saat pengguna menekan kombinasi tombol Win+M. Pada Windows 11, kombinasi tombol ini akan membuat semua jendela (window) yang terbuka akan diminimalkan (minimize all open windows).

Kedua PC desktop sebenarnya diagendakan akan diumumkan bersamaan dengan peluncuran ponsel baru Xiaomi Xiaomi 13 pada 1 Desember. Namun, seperti kebanyakan acara yang tertunda, peluncurannya juga ikut tertunda karena meninggalnya mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin baru-baru ini. Sejaun ini Xiaomi belum mengumumkan jadwal peluncuran berikutnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS