November 4, 2022

BPJS Kesehatan dan Bank Mandiri Jadi Pemenang Red Hat APAC Innovation Award 2022 untuk Indonesia

Penulis: Desmal Andi
BPJS Kesehatan dan Bank Mandiri Jadi Pemenang Red Hat APAC Innovation Award 2022 untuk Indonesia  

Mobitekno – Masih dalam event Red Hat Summit: Connect 2022, Red Hat juga mengumumkan bahwa BPJS Kesehatan dan Bank Mandiri berhasil menjadi pemenang Red Hat APAC Innovation Awards 2022 untuk Indonesia. Keduanya dinilai berhasil memanfaatkan solusi Red Hat untuk meningkatkan agilitas dan costumer experience di lingkungan bisnis yang berkembang.

Sesuai dengan tema tahun ini, “Explore what’s next,” Red Hat Summit: Connect memberikan penghargaan atas kemampuan organisasi dalam beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, mentransformasi model bisnis mereka, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan melalui open source. Tahun ini, Red Hat APAC Innovation Awards memberikan pengakuan atas kesuksesan transformasi digital di 26 perusahaan di wilayah ini, melalui pemanfaatan solusi Red Hat secara kreatif agar tetap terdepan dalam tren industri, dan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Untuk tahun ini, tema Red Hat Summit adalah Explore Whats Next, yang menurut Red Hat adalah menentukan arah mana para enterprise akan menjalankan bisnisnya. Potensi pertumbuhan Indonesia sendiri akan mencapai Rp 4500 triliun dan akan mengalami pertumbuhan 4x lipat dari GDP nasional. Ini tentunya menjadi penting agar Indonesia bisa cepat recovery dari pandemi Covid-19. Dengan memanfaatkan solusi open source, perusahaan bisa manciptakan aplikasi-aplikasi yang bermanfat untuk para pelanggannya. Dimana aplikasi tersebut memiliki respon yang cepat dan mudah digunakan,” ujar Vony Tjiu, Country Manager Red Hat Indonesia, Rabu 2 November 2022.

“Untuk Red Hat APAC Innovation Award 2022 ini, terpilih Bank Mandiri dan BPJS Kesehatan yang menjadi pemenang dari Indonesia. Mereka berhasil menangani berbagai masalah melalui inovasi open source untu aplikasi-aplikasinya,” lanjut Vonny

Dalam lingkungan bisnis yang berubah cepat saat ini, agilitas dan inovasi sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Menurut laporan State of Enterprise Open Source 2022 dari Red Hat, sebanyak 95% dari enterprise di Asia Pasifik mengatakan bahwa open source penting bagi keseluruhan strategi software infrastruktur perusahaan, membantu mereka tetap gesit dan mampu merespons perubahan demand pelanggan dalam jangka panjang.

Para pemenang memperlihatkan dampak positif penggunaan solusi Red Hat dalam mendukung visi bisnis, budaya di tempat kerja, industri, dan komunitas mereka. Mereka menunjukkan bagaimana tool open source dan budaya mampu mengakselerasi proses bisnis, meningkatkan produktivitas, menstimulasi inovasi, dan menjawab tantangan masa depan.

20221102 113126
Vonny Tjiu dan perwakilan dari pemenang Red Hat APAC Innovation Award 2022, BPJS Bank Mandiri dan Bank Mandiri

Penghargaan ini terdiri dari lima kategori, yaitu: Digital Transformation, Hybrid Cloud Infrastructure, Cloud-native Development, Automation, dan Resilience.

Kategori: Cloud Native Development

Pemenang: BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) adalah badan jaminan sosial Indonesia yang memiliki target menyediakan layanan kesehatan universal bagi warga negara. BPJS Kesehatan adalah salah satu dari dua badan jaminan sosial di Indonesia.

Pengalaman digital telah mengubah cara pasien dan penyedia layanan kesehatan berinteraksi. Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, BPJS Kesehatan mengadopsi pendekatan cloud native dengan menggunakan Red Hat® OpenShift® Container Platform dan Red Hat® Enterprise Linux®. Melalui implementasi layanan e-queue (Antrean berbasis elektronik) dalam aplikasi seluler dan konter di rumah sakit, pengalaman pasien akan meningkat karena waktu tunggu untuk ketemu dokter menjadi lebih singkat. Solusi-solusi Red Hat memungkinkan BPJS Kesehatan mempercepat time-to-market dengan fitur baru yang diluncurkan di aplikasi mobile, yang dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan BPJS untuk pengembangan dan pengaplikasian.

Kategori: Digital Transformation dan Hybrid Cloud Infrastructure

Pemenang: Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau Bank Mandiri, yang berkantor pusat di Jakarta, adalah bank terbesar di Indonesia berdasarkan aset. Bank Mandiri menyediakan berbagai layanan di segmen Corporate, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Sampai dengan bulan September 2022, jaringan Bank Mandiri terdiri dari 4.011 cabang di Indonesia, yang meliputi 1.641 micro channel dan 7 cabang/kantor perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Di samping itu, Bank Mandiri mengoperasikan 13.034 unit ATM (yang terkoneksi dengan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus Networks) dan mesin-mesin EDC, selain juga menawarkan berbagai layanan elektronik lainnya, termasuk Livin’ By Mandiri dan Call-center 14000.

Visi Bank Mandiri adalah menjadi bank terkemuka di Indonesia dengan memberikan layanan pelanggan terbaik, produk yang inovatif dan keamanan yang lebih kuat. Dengan memanfaatkan Red Hat® OpenShift® Container Platform dan Red Hat® Enterprise Linux®, Bank Mandiri berhasil meluncurkan sistem-sistem penting dalam skala besar seperti Livin’ by Mandiri, dan meningkatkan efisiensi berbagai proses di Bank Mandiri. Bank Mandiri juga sudah mencapai peningkatan ketersediaan dan stabilitas layanan Livin’ melalui kemampuan auto scaling. Microservices dan API dari bank ini sekarang mampu melakukan sekitar 9.000 transaksi per detik – dan hingga 12.000 transaksi per detik pada trafik puncak di momen-momen penting.

Kategori Digital Tranformation memberikan penghargaan kepada organisasi yang berhasil menjawab tantangan IT dan memberikan business value sehingga betul-betul bisa bersaing sebagai enterprise digital.

Kategori Cloud-native Development memberikan penghargaan untuk metodologi-metodologi yang agile maupun perusahaan yang secara keseluruhan menunjukkan kinerja yang unggul dalam menciptakan, mengelola, dan menggelar aplikasi bisnis yang sukses.

Tags: , , , ,


COMMENTS