May 3, 2022

Medsosnya Trump, Truth Social Segera Hadir di Web Akhir Mei 2022. Dukungan Android Menunggu Nego dengan Google

Penulis: Iwan RS
Medsosnya Trump, Truth Social Segera Hadir di Web Akhir Mei 2022. Dukungan Android Menunggu Nego dengan Google  

Mobitekno – Setelah hadir di App Store, aplikasi media sosial baru Truth Social akan tersedia bagi pengguna web di akhir ini (Mei 2022). Informasi ini isampaikan langsung oleh CEO Truth Devin Nunes melalui platform media sosial Truth.

Dikutip dari Reuters, Nunes menyatakan bahwa mereka akan meluncurkan Truth Social versi PWA (Progressive Web App) pada akhir Mei agar pengguna web browser dapat mengaksesnya dari beragam perangkat.

Truth Social yang memiliki UI dan fitur mirip Twitter hingga kini baru tersedia untuk pengguna iOS dan belum tersedia di Android atau web, serta pengguna di luar Amerika Serikat.

Setelah sempat menjadi aplikasi paling populer di Apple App Store saat peluncurannya, banyak pengguna baru mengalami masalah registrasi dan teknis sehingga harus menunggu antrian untuk diverifikasi oleh pihak Truth Social. Sejak itu, Truth Social dianggap gagal oleh banyak pihak.

Selain kabar terbaru dukungan platform di web, Nunes juga menyebutkan dukungan Android masih dalam proses persetujuan pihak Google sebagai penanggung jawab utama layanan Play Store di Android.

Apabila Google menyetujui keberadaan aplikasi Truth di Android, maka kemungkinan besar jumlah pengguna media sosial itu akan meningkat pesat. Sebelumnya, Truth sudah tersedia di Apple App Store dan disambut meriah oleh para pendukung Donald Trump.

Truth Social, Trump Media & Technology Group (TMTG) yang dimiliki Donald Trump merupakan respons mantan presiden AS tersebut setelah diblokir Twitter dan berbagai layanan lainnya, seperti YouTube dan Facebook karena dianggap menghasut para pendukungnya melakukan kekerasan selama kerusuhan Capitol AS 6 Januari.

Trump pun berjanji akan membuat platformnya sendiri, yaitu Truth Social untuk ‘melawan’ aksi beberapa raksasa teknologi yang dianggapnya kurang adil dan cenderung politis dalam merespons aktivitas Trump di media sosial.

Sukses tidaknya media sosial pendatang baru ini berkembang masih akan bergantung pada negosiasinya dengan Google sebagai salah satu perusahaan ‘big tech’ yang juga dituding Trump saat diblokir di YouTube.

Trump mulai mengunggah pesan perdananya di Truth Social pada 28 April lalu. Sebelumnya, Trump telah menegaskan menolak untuk kembali menggunakan Twitter meskipun sudah diambil alih oleh Elon Musk yang ingin membuat Twitter kembali menjadi platform ‘free speech’ yang ideal bagia siapa.

Tags: , , , ,


COMMENTS