October 28, 2021

Jadi Andalan Banyak Masyarakat, di HUT ke-11 Gojek Dorong Inovasi di Tiga Layanan Utamanya

Penulis: Desmal Andi
Jadi Andalan Banyak Masyarakat, di HUT ke-11 Gojek Dorong Inovasi di Tiga Layanan Utamanya  

Mobitekno – Ketiga layanan utama yang menjadi andalan Gojek tersebut adalah transportasi, pesan-antar makanan, dan logistik. Gojek melihat ketiga layanan ini mampu memberikan solusi yang tepat bagi para pelanggan dan para mitra UMKM, terutama pada saat pandemi seperti saat ini. Dengan begitu, layanan-layanan yang diberikan Gojek, bisa memberikan solusi keseharian dan pengalaman lebih baik bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, Gojek pun terus mendorong inovasi kepada tiga layanan tersebut. Saat ini, aplikasi Gojek sendiri telah diunduh lebih dari 190 juta kali per Juni 2021. Sejak lahir pada 11 tahun lalu, inovasi memang sudah menjadi DNA Gojek. Tidak heran, jika layanan yang diberikan terus bertambah dan meningkat, menyesuaikan dengan keadaan terkini di masyarakat.

“Sebelumnya kami tidak pernah berpikir bahwa Gojek bisa sebesar saat ini setelah lahir pada 11 tahun lalu. Namun, sejak Gojek lahir, inovasi memang sudah menjadi bagian penting. Kami terus menghadirkan inovasi teknologi terbaru guna menjawab berbagai kebutuhan masyarakat sehari-hari. Bahkan di tengah pandemi saat ini pun, kami tidak pernah berhenti menghadirkan solusi,” ujar Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek.

“Kami pun percaya, melalui inovasi kami bisa terus mempermudah keseharian hidup masyarakat termasuk mendukung jutaan mitra driver dan mitra usaha kami, khususnya pelaku UMKM untuk terus tumbuh,” lanjut Kevin.

Kevin Aluwi
Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek

Riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memperkirakan kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) menjadi 1,6% dari PDB Indonesia, atau sekitar Rp 249 triliun di tahun 2021. Kontribusi ekonomi ini meningkat 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Riset yang sama juga menemukan bahwa mayoritas konsumen Gojek loyal, bahkan 86% pelanggan tetap terus menggunakan layanan Gojek meskipun tanpa promo.

Inovasi Gofood

Di segmen pesan antar makanan, Gojek selalu berinovasi dalam memuaskan pelanggan. Salah satu inovasi terbaru adalah GoFood PLUS dan Order Sekaligus. Kedua fitur ini terbukti membuat pelanggan semakin setia dalam mengandalkan GoFood. Fitur ini pun memperkuat posisi GoFood sebagai penyedia layanan pesan antar makanan yang value for money. Terbukti, fitur ini dapat menaikkan jumlah pelanggan hampir lima kali lipat dari Januari-Juni 2021.

Tidak berhenti disitu, GoFood juga mendukung mitra UMKM untuk bisa makin maju dengan melengkapi aplikasi untuk mitra usaha, GoBiz, dengan fitur inovatif BizTips yang berisi berbagai tips sukses mengelola bisnis secara mandiri. Fitur ini efektif dalam membantu para mitra UMKM kuliner untuk mengelola bisnisnya secara lebih baik dan efisien.

Inovasi Layanan Transportasi Gojek

Di segmen ini, Gojek berinovasi dengan menghadirkan kendaraan listrik, baik untuk motor maupun mobil. Bahkan, Gojek bekerjasama dengan Pertamina untuk menerapkan skema battery swap pada motor listrik dari Gesit dan Gogoro. Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan, lalu selanjutnya akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan kendaraan listrik sebanyak satu juta kilometer.

Dalam uji coba komersial ini, para pengguna setia Gojek akan dapat memilih layanan kendaraan listrik pada saat menggunakan layanan GoRide, GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

Inovasi layanan transportasi terbaru lainnya adalah GoTransit. Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia bekerja sama untuk menjadi yang pertama di dunia dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan transport on-demand seperti GoRide dan GoCar. Integrasi ini akan semakin mempermudah masyarakat bepergian. Berdasar data internal, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar untuk menuju dan dari stasiun kereta komuter di Jabodetabek.

Inovasi Logistik

Gojek juga meningkatkan layanan logistik melalui baragam inovasinya. Salah satunya adalah pengembangan GoSend API (integration application interface), yang mengintegrasikan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah.

GoSend juga akan segera meluncurkan fitur GoSend Multidrop yang memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mengirim beberapa paket sekaligus dengan hanya sekali ambil. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengatur paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu. Agar ongkos kirim lebih hemat sampai dengan 30%, pengguna dapat memanfaatkan fitur rekomendasi urutan pengantaran yang disediakan

Tags: , ,


COMMENTS