September 21, 2021

Review Galaxy Buds2, Buds Series Paling Terjangkau Tetapi Tetap Berkualitas Tinggi

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy Buds2, Buds Series Paling Terjangkau Tetapi Tetap Berkualitas Tinggi  

Mobitekno – Saat ini siapa yang tidak kenal dengan TWS? TWS yang merupakan kependekan dari True Wireless Stereo merupakan perangkat earphone yang memiliki teknologi nirkabel dengan bentuk unik, sehingga penggunaannya sangat sederhana, menempel di lubang telinga. TWS memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan earphone standar yang masih menggunakan kabel. Selain praktis, durasi penggunaan TWS juga semakin lama, karena dibekali juga dengan case khusus yang berfungsi sebagai pengisi daya cadangan.

Samsung melalui Galaxy Buds series terus berinovasi dengan perangkat TWS ini. Kini, di tahun 2021, bersamaan dengan kehadiran Galaxy Z Series, Samsung juga meluncurkan TWS terbaru mereka, Galaxy Buds2. Ini merupakan TWS yang didesain lebih sempurna dibandingkan Galaxy Buds Live sebelumnya. Bahkan, Galaxy Buds2 ini disebut sebagai perangkat TWS dari Samsung dengan harga yang paling terjangkau.

Galaxy Buds2

Ada empat opsi warna yang disediakan Samsung untuk Galaxy Buds2 di Indonesia, yaitu Graphite, White, Olive, dan Lavender. Masing-masing warna ini bisa menggambarkan ekspresi penggunanya. Mobitekno pun diberi kesempatan untuk mencoba dan merasakan kemampuan dari TWS terbaru dari Samsung ini. Dan, Galaxy Bud2 berwarna putih ini sehari-hari diuji menjadi teman untuk berolahraga, bekerja, meeting, hingga menikmati film-film di layanan VOD. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan dari Mobitekno mengenai Samsung Galaxy Buds2.

Kelengkapan

Dengan bentuk yang kompak berwarna putih, Galaxy Buds 2 dikemas cukup rapi di dalam boksya. Dari boksnya sudah tergambar opsi warna GalaxY Buds2.

Setelah dibuka segelnya, berikut ini kelengkapan paket penjualan Samsung Galaxy Buds2:

  • Sepasang TWS Galaxy Buds2 berwarna putih, lengkap dengan case yang warnanya juga senada
  • Kabel data USB Type C
  • Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  • Eartips dengan tiga ukuran yang bisa menyesuaikan ukuran lubang telinga

 

Kelengkapan Galaxy Buds2

 

Desain

Hadirnya Galaxy Buds2 ini dengan desain yang lebih ringkas, menurut Samsung merupakan masukan dari berbagai pengguna Galaxy Buds Series sebelumnya. Oleh sebab itu, Samsung mendesainnya sedemikian rupa dengan fitur yang yang semakin disempurnakan. Melalui Galaxy Buds2, Samsung memang ingin membawa pengalaman audio lebih luas lagi kepada generasi muda, khususnya gen Z dan Milenial, dengan harga yang lebih terjangkau. Samsung pun memposisikan Galaxy Buds2 ini di bawah Galaxy Buds Pro, namun dengan peningkatan kualitas suara yang mengagumkan.

Desain trendi dengan bentuk melengkung dan warna putih glossy

Bodi luar Galaxy Buds 2 sendiri menggunakan jenis glossy. Sehingga warna putih yang tampak, terlihat begitu mengkilap dan bercahaya, membawa kesan mewah dari sebuah TWS. Bobotnya juga sangat ringan, jauh lebih ringan dari Galaxy Buds Pro. Saat memakai Galaxy Buds2, serasa tidak memakai TWS di telinga. Memang, Galaxy Buds2 sendiri menjadi earbuds Samsung paling kecil dan ringan sampai saat ini, tetapi tetap mengusung bentuk melengkung yang khas untuk menunjang kualitas suara yang lebih baik.

Salah satu kelebihan dari Galaxy Buds2 adalah memiliki dua speaker di dalamnya, yaitu tweeter untuk suara yang lebih tinggi dan woofer untuk suara yang lebih rendah. Dengan keberadaan dua buah speaker ini, kualitas suara yang dihasilkan Galaxy Buds2 jauh lebih kaya.

Desain Galaxy Buds2

Sementara untuk mikrofonnya, Galaxy Buds2 memiliki 3 buah speaker dimana dua terlihat diluar dan satu di dalam. Tiga speaker tersebut ditemani lagi dengan satu Voice Pickup Unit. Tugas dua speaker di bagian luar adalah memfilter suara-suara sekitar yang tidak diinginkan, sehingga hanya suara pengguna saja yang akan didengar oleh lawan bicara. Kedua speaker ini didukung dengan teknologi DNN yang akan membuang suara background.

Perbandingan dengan Galaxy Buds pro

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy Buds2 tentunya memiliki banyak kelebihan dibandingkan TWS sejenis dari brand lainnya. Salah satunya adalah fitur Active Noise Cancelling dan natural Ambient Sound yang ada di dalamnya.  Active Noise Cancellation bisa menyaring suara dari luar hingga 98%. Sementara fitur Ambient Sound berfungsi sebaliknya, yaitu dimana penggunaan Galaxy Buds2 tidak berfokus pada audio yang keluar dari TWS, tetapi juga masih mendengarkan suara-suara sekitar. Jadi, suara yang dikeluarkan memang tidak benar-benar kedap dalam mode Ambient ini. Sehingga interaksi dengan orang sekitar masih bisa dilakukan.

Filter audio di fitur ANC dan Ambient Sound

Ada yang berbeda dibandingkan Galaxy Buds Series lainnya. Bahkan, saat ini baru Galaxy Buds2 yang memilikinya. Fitur ini adalah Earbuds Fit Test. Fitur ini bisa dijalankan melalui aplikasi Galaxy Wearable di smartphone Samsung. Dengan fitur ini, pemilik Galaxy Buds2 bisa menguji ukuran eartips mana yang paling cocok di telinganya. Eartips yang paling cocok akan menghasilkan informasi “Good Fits”. Sementara jika menghasilkan keterangan “Poor Fits”, berarti eartips tersebut belum benar-benar pas di telinga. Galaxy Buds2 sendiri dibekali tiga ukuran eartips dalam paketnya.

Tiga ukuran Eartips

Untuk ketahan nya sendiri, Galaxy Buds2 bisa beroperasi cukup panjang. Kami menggunakannya untuk menemani olahraga rutin dan aktivitas sehari-hari. Ternyata, durasi penggunaannya cukup lama, bahkan bisa mencapai 5 jam penuh untuk mendengarkan musik dengan kondisi ANC aktif, secara terus-menerus. Jika dipadukan dengan case-nya, ada tambahan 20 jam lagi untuk operasional Buds2.

Case Galaxy Buds2 yang menggunakan port USB Type C mampu menambah 20 jam lagi durasi pemakaian Buds2

Sebagai salah satu anggota dari Galaxy Ecosystem, tentunya Galaxy Buds2 juga didukung oleh perangkat Galaxy lainnya. Perangkat TWS ini bisa berinteraksi dengan perangkat Samsung Galaxy lainnya, seperti smartphone dan tablet. Bahkan fitur Auto Switch-nya bisa mengalihkan ke panggilan telepon dari smartphone, walaupun saat itu Galaxy Buds2 sedang digunakan mendengarkan musik dari tablet.

Sama seperti Galaxy Buds series lainnya, Galaxy Buds2 ini juga memerlukan aplikasi Galaxy Wearable. Prosesnya pairingnya juga cukup mudah. Cukup buka tutup case-nya, Smartphone akan langsung mendeteksinya. Syaratnya, koneksi Bluetooth harus diaktifkan terlebih dahulu. Ikuti saja perintah yang diberikan, dan tidak membutuhkan waktu lama, Galaxy Buds2 sudah tersambung dengan perangkat smartphone atau tablet.

Navigasinya juga sangat mudah dilakukan. Cukup untuk men-tap sekali, fungsi Play untuk musik bisa dijalankan. Sementera untuk double tap, Anda bisa beralih ke track lagu selanjutnya. Dan, untuk triple tap, track akan mundur selangkah dari lasgu yang sedang diputar saat ini. Tahan earbuds kiri atau kanan untuk beralih ke mode ANC atau Ambient Sound.

Spesifikasi

Samsung memang terus berinovasi dengan produk-produknya, termasuk pada Galaxy Buds2 ini. Oleh sebab itu, dengan kualitas suara yang sempurna, tentunya dipengaruhi oleh spesifikasi di dalamnya. Berikut ini spesifikasi Galaxy Buds2

Nama Samsung Galaxy Buds2
Chipset BES2500ZP
OS RTOS
Mikrofon 3 mic dan VPU
Konektivitas Bluetooth 5.2
Sensor Accelerometer, Gyro, Proximity, Hall, Touch, VPU(Voice Pickup Unit)
Dimensi Earbuds 17,0 mm x 20,9 mm x 21,2 mm
Dimensi Case 50,2 mm x 50,0 mm x 27,8 mm
Berat Earbuds 5 gram
Berat case 41,2 gram
Opsi Warna Graphite, White, Lavender, Olive

 

Kesimpulan

Dengan Galaxy Buds2, pengguna mendapatkan semua fitur yang dibutuhkan untuk memasuki dunianya sendiri, baik itu saat mendengarkan musik, berolahraga, maupun melakukan panggilan. Dengan desain yang ringan dan trendi, Galaxy Buds2 bisa dijadikan juga pendukung gaya hidup lifestyle penggunanya.

Suaranya yang berkualitas baik, ditambah fitur Active Noise Cancelling serta Ambient Sound, menjadi keunggulan tersendiri dari Galaxy Buds2 ini. Bahkan, saat ditengah situasi ramai, Galaxy Buds2 tetap memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan sekitarnya. Dengan demikian, akan menambah rasa aman dan nyaman saat digunakan. Produk ini juga didukung dengan in-ear desain yang lebih nyaman dan kualitas baterai yang mampu bertahan lebih lama.

Galaxy Buds2 untuk Generasi Muda

Dengan bobot yang ringan, Galaxy Buds2 juga tetap nyaman saat digunakan dengan waktu yang lama di telinga. Menariknya, TWS ini masuk dalam jajaran produk Galaxy Ecosystem. Dengan begitu, pengaturan dan pengoperasian bisa dilakukan juga dari perangkat lain, seperti smartphone dan smartwatch.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS