June 16, 2021

Jenis Ban Run-Flat Bisa Antisipasi Situasi Darurat di Jalan

Penulis: Desmal Andi
Jenis Ban Run-Flat Bisa Antisipasi Situasi Darurat di Jalan  

Mobitekno – Pemilik kendaraan roda empat pasti pernah mengalami kejadian ban bocor. Kejadian ini bisa sangat mengesalkan karena ban harus segera diganti sehingga menambah kerepotan di tengah perjalanan. Hal ini karena ban yang bocor bisa mengakibatkan risiko kecelakaan di jalan raya. Menurut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tahun 2019, 80% penyebab kecelakaan lalu lintas adalah kurangnya tekanan pada ban. Ini bisa menyebabkan ban pecah atau bocor. Hankook Tire menyadari akan hal ini. Oleh sebab itu, Hankook memiliki inovasi dengan mendesain ban yang masih dapat digunakan di situasi darurat, melalui teknologi Run-Flat.

Dengan ban jenis run-flat ini, desain ban memungkinkan ban masih bisa digunakan walam kondisi rusak sampai periode tertentu, Contohnya seperti kebocoran akibat penggunaan ban dengan kecepatan tinggi atau terkena benda tajam.

Inovasi yang dilakukan Hankook ini mengadopsi teknologi Hankook Run-flat System. Teknologi ini membuat ban bisa digunakan di situasi darurat hingga 90 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi pengemudi dan meminimalkan risiko kecelakaan.

“Hankook Run-flat System (HRS) memiliki fitur SMH (Shock absorption, Maintenance continuity, Heat resistance), yaitu mampu meredam benturan dengan baik, perawatan berkelanjutan, dan tangguh menghadapi panas. Dinding samping ban juga diperkuat sehingga ban tetap mampu menahan beban bahkan saat kehilangan udara total,” ujar Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PT Hankook Tire.

Pada penggunaanya, ban run-flat Hankook dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Sistem digital ini dapat memantau dan mendeteksi jika tekanan udara pada ban berkurang, sehingga bermanfaat bagi pengendara untuk mengkalkulasikan dan mengambil keputusan saat kondisi darurat.

Hankook Ventus S1 Noble2

Hankook Tire Indonesia telah menyediakan Ventus S1 Noble2 sebagai salah satu ban run-flat yang tersedia diseluruh distributor resmi Hankook Tire di Indonesia. Ban dengan performa premium yang telah memenangkan iF product Design Award 2014 ini dilengkapi dengan senyawa tapak silika baru guna meningkatkan cengkraman pada kondisi basah dan menurunkan resistansi gulir. Selain itu, Ventus S1 Noble2 juga dilengkapi dua sabuk baja lebar untuk meningkatkan kekuatan tapak dan menstabilkan kemudi walau dalam kondisi ban bocor. Selain Ventus S1 Noble2, Hankook Tire Indonesia juga menyediakan ban tipe run-flat lainnya seperti Ventus Prime2, Ventus S1 Evo2 dan Ventus S1 Evo3.

Tags: , ,


COMMENTS