December 15, 2021

Aruba Tawarkan Solusi EdgeConnect Microbranch Baru untuk Pengalaman Home Office yang Lebih Modern

Penulis: Desmal Andi
Aruba Tawarkan Solusi EdgeConnect Microbranch Baru untuk Pengalaman Home Office yang Lebih Modern  

Mobitekno – Solusi EdgeConnect Microbranch yang dihadirkan Aruba ini merupakan solusi yang dirancang untuk mendukung lingkungan kerja hybrid. Sehingga solusi ini cocok untuk sistem kerja home office dan kantor kecil. Solusi ini juga menyediakan semua layanan tradisional seperti yang tersedia di kantor dengan lebih aman. Jadi, karyawan pun bisa bekerja remote dengan lebih nyaman melalui satu Wi-Fi Access Point tanpa gateway, agent, atau hardware tambahan.

Adanya solusi cerdas dari Aruba ini juga membuat departemen IT lebih mudah mengawasi para karyawan. Mereka bisa memastikan para karyawan mendapatkan pengalaman work from anywhre yang konsisten. Selain itu, solusi ini juga memberikan layanan konektivitas on-campus yang lengkap, sehingga bisa mempercepat proses troubleshooting dan menjaga agar perusahaan tetap terlindungi dari gangguan. Hal ini juga memperluas jangkauan framework keamanan on-campus zero trust dan secure access service edge (SASE) ke home office dengan lebih mulus.

Layanan EdgeConnect Microbranch juga bisa menjawab tantangan yang umum dialami oleh sistem kerja remote, seperti kebutuhan untuk menjamin performa aplikasi yang latency-sensitive (unified communication and collaboration), serta memastikan agar keamanannya sesuai dan bisa bersaing dengan perangkat-perangkat haus bandwidth yang semakin memadati jaringan. Layanan EdgeConnect Microbranch terbaru seperti routing berbasis policy, yang memungkinkan tim IT mengoptimalkan bagaimana traffic aplikasi diarahkan ke satu tujuan, melengkapi layanan yang sudah ada seperti Air Slice, yang secara dinamis mengalokasikan sumber daya AP radio ke aplikasi khusus.

“EdgeConnect Microbranch menghadirkan pendekatan modern dan skalabilitas kepada perusahaan-perusahaan sehingga mereka bisa menerapkan sistem kerja remote dan membuat pengalaman kerja di home office sama seperti bekerja di kantor yang sebenarnya,” kata Larry Lunetta, VP of Solutions Portfolio Marketing, Aruba, Hewlett-Packard Enterprise.

“Ketika sebagian orang yakin bahwa keamanan hanya ada di layanan jaringan yang bisa diteruskan ke AP/Router di home office – meskipun harus membutuhkan box tambahan, EdgeConnect Microbranch membuktikan bahwa dengan pendekatan berbasis cloud, semua layanan jaringan yang sangat penting bisa diteruskan ke kantor-rumah hanya melalui satu titik akses,” lanjut Lunetta.

Solusi EdgeConnect Microbranch bawa pengalaman Home Office menjadi lebih menyenangkan

EdgeConnect Microbranch, yang merupakan bagian dari Aruba ESP (Edge Services Platform), terdiri dari AP dan seperangkat layanan SD-WAN terbaru dan dibangun berbasis teknologi Aruba yang menyediakan konektivitas dan keamanan yang kuat dan bisa langsung digunakan di kantor-rumah tanpa perlu melakukan setting yang merepotkan (zero touch) melalui solusi Remote Access Points (RAPs) yang populer.

Beberapa keuntungan SD-WAN terbaru yang tidak membutuhkan on-premise gateway ini adalah:

  • Routing berbasis policy: memungkinkan IT untuk menghasilkan performa dan keamanan aplikasi berdasarkan aturan-aturan yang sudah terotomatisasi untuk memenuhi service-level agreements (SLAs) pada aplikasi, website atau jenis pengguna tertentu.
  • Orkestrasi tunnel dan route: Mengoptimalkan performa jaringan dengan orkestrasi VPN tunnel sesuai permintaan, dan secara otomatis mengalihkan traffic ke jaringan dengan kinerja terbaik.
  • Integrasi SASE: Menyediakan konektivitas aman untuk layanan keamanan cloud seperti Zscaler secara langsung melalui AP dan bersama dengan Aruba Central menyediakan orkestrasi tunnel dan manajemen konfigurasi terpadu
  • Peningkatan visibilitas WAN: Mengakselerasi troubleshooting dan meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan update hampir real-time untuk menjamin WAN availability, utilisasi, dan throughput dengan mendeteksi latensi, jitter dan masalah konektivitas lain yang memberikan dampak kepada ISP yang selama ini tak terlacak oleh tim IT.

Fitur-fitur ini dikembangkan pada kemampuan solusi remote access Aruba yang sudah ada sebelumnya, termasuk:

  • Prioritas traffic: menentukan sumber daya radio untuk satu aplikasi dan secara dinamis melakukan perubahan pengaturan ketika sesi aplikasi dimulai atau berakhir
  • Skalabilitas yang sangat besar: Bisa diinstalasi secara zero touch dan tersedia manajemen terkonsolidasi untuk puluhan ribu pekerja remote melalui layanan berbasis cloud Aruba Central dan AOS 10
  • Peningkatan uptime dan reliability: menyediakan LTE backup melalui antarmuka USB jika kantor-rumah atau kantor kecil kehilangan konektivitas ISP

Solusi Aruba EdgeConnect Microbranch tersedia di Early Access dan secara umum akan tersedia pada Maret 2022 untuk AP yang menjalankan ArubaOS 10 dengan Foundation AP License (termasuk pelanggan AP yang memenuhi syarat dan sudah memiliki serta mengelola Central). Aruba Central Foundation Licenses tersedia dengan harga US$145 per AP. Harga AP bervariasi berdasarkan model, mulai dari US$575 untuk Aruba 303H Series.

 

Tags: , , ,


COMMENTS