March 15, 2021

Ini Pentingnya Siswa Kuasai Coding dan Programming

Penulis: Desmal Andi
Ini Pentingnya Siswa Kuasai Coding dan Programming  

Mobitekno – Saat ini, dunia coding dan programming tidak hanya dimengerti oleh orang-orang profesional saja. Siswa sekolah pun diusahakan mengerti akan dunia ini mengingat ada banyak keuntungan di dalamnya. Mulai dari ketrampilan pemecahan masalah, pemikiran kritis, kreativitas, hingga peluang kerja pun bisa didapat dengan mempelajari coding dan programming. Inilah hal penting yang dilakukan Samsung melalui program Samsung Innovation Campus (SIC). Program ini mengedepankan pembekalan coding dan programming kepada lebih dari 500 siswa, di lebih dari 17 SMA dan SMK di seluruh Indonesia.

Lahirnya program ini juga melihat kenyataan di Indonesia bahwa hanya 54% angka ketersediaan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oleh sebab itu, adanya program SIC dapat membantu menciptakan siswa yang cakap, sekaligus memiliki kualitas individual yang dapat memperluas peluang mereka ketika masuk dunia kerja.

“Kebutuhan tenaga kerja terampil, kreatif, inovatif dan adaptif belum dapat dipenuhi secara optimal. Demi membantu generasi muda mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan industri sekarang dan masa depan, Samsung memberikan peluang untuk menguasai soft-skills, yang dilakukan melalui integrasi pendekatan science, technology, engineering dan mathematics (STEM)”, ujar Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

“Kontribusi yang kami berikan lewat SIC, tak hanya dapat meningkatkan minat siswa terhadap STEM, melainkan juga memberikan akses untuk memfasilitasi minat tersebut, khususnya minat terhadap coding dan programming. Meskipun pada akhirnya siswa tidak mengejar karir di bidang IT, pengembangan keterampilan dan proses berpikir melalui pembelajaran coding dan programming dapat mereka bawa ke dalam karir apa pun”, imbuh Ennita.

Mengingat pentingnya coding dan programming sejak usia dini membuat Samsung emberikan lima alasan penting di bawah ini. Alasan-alasan ini bisa memacu siswa untuk tetap semangat dalam menghadapi masa depan mereka.

  1. Melatih kemampuan memecahkan masalah – Memahami komputer dan mempelajari dasar-dasar coding membantu siswa untuk menghargai cara kerja berbagai hal, sekaligus mengajari mereka bagaimana memecahkan masalah dengan logis saat cara yang mereka gunakan tidak berhasil.
  2. Membangun ketangguhan dalam menghadapi tantangan – Dalam menerapkan coding dan programming, beberapa proses kegagalan harus dilewati. Siswa dapat belajar mengembangkan kemampuannya untuk memperbaiki apa yang telah mereka kerjakan tanpa rasa khawatir, sampai hasil yang mereka inginkan tercapai.
  3. Mengembangkan kreatifitas – Coding dan programming mengajarkan siswa untuk tidak takut bereksperimen dan percaya diri untuk menjadi kreatif, dengan berkesempatan merancang dan menciptakan sesuatu yang nantinya mungkin berguna bagi diri dan juga sekitarnya.
  4. Membantu belajar STEM dengan menyenangkan – Belajar membuat program dan kode melibatkan banyak keterampilan termasuk mengatur dan menganalisa data, serta matematika. Menggunakan logika dan keterampilan berhitung sambil menciptakan sesuatu membuat STEM lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
  5. Meningkatkan peluang di dunia kerja masa depan – Ada semakin banyak bisnis di masa depan yang mengandalkan kode komputer, tidak hanya di sektor teknologi namun juga di sektor keuangan, ritel, dan sebagainya. Dengan kemajuan teknologi, keterampilan coding dan programming menjadi sangat dibutuhkan di industri apa pun.

Untuk menjalankan program SIC tahun ini, Samsung bermitra dengan Skilvul – sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pelajaran digital skills dengan metode blended-learning. Samsung dan Sklivul memberikan pelatihan inovasi bagi siswa di sepanjang bulan Maret hingga April, dengan materi dasar Design Thinking, UX/UI (user experience/user interface), HTML, CSS dan juga JavaScript. Selanjutnya, akan dipilih 13 tim siswa terbaik yang akan diikutsertakan dalam product development bootcamp selama 9 minggu, sekaligus ikut serta dalam SIC Project Competition 2021.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS