April 3, 2021

Samsung Galaxy A10, Smartphone Satu Jutaan Ini Miliki Spesifikasi Tangguh

Penulis: Desmal Andi
Samsung Galaxy A10, Smartphone Satu Jutaan Ini Miliki Spesifikasi Tangguh  

Mobitekno – Bagi Anda yang mencari smartphone tangguh, saat ini ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan model smartphone tangguh namun dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah seri Samsung A10. Gawai Samsung Galaxy ini memiliki spesifikasi yang cukup tangguh. Dari segi harga, smartphone ini cukup terjangkau. Di saat yang sama, Samsung juga meluncurkan seri Galaxy A lainnya, yaitu Samsung Galaxy A20. Sekilas, kedua gawai ini terlihat sangat mirip. Namun, ada beberapa aspek berbeda antara Samsung A10 dan A20. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan perbandingan antara Samsung Galaxy A10 dan Galaxy A20 berikut ini.

  1. Desain Smartphone

Dilihat dari segi desain, smartphone Samsung Galaxy A10 dan Galaxy A20 memang terlihat sama. Keduanya sama-sama memiliki desain bezelless yang menghadirkan tampilan layar terlihat lebih luas. Bentuk notch atau singgasana untuk kamera depan kedua smartphone ini berbentuk waterdrop yang memberikan sentuhan sangat elegan. Perbedaan yang sangat tipis terletak pada bobot smartphone ini. Samsung Galaxy A10 memiliki ketebalan yang sedikit lebih besar, yaitu 7.9 mm. Sedangkan, ketebalan Samsung A20 hanyalah sekitar 7.8 mm.

Namun, dari segi bobot, Samsung A10 terasa sedikit lebih ringan dengan bobot seberat 168 gram. Untuk perangkat Samsung Galaxy A20, bobot smartphone tersebut berkisar di angka 169 gram. Untuk variasi warna, Samsung Galaxy A10 menawarkan warna basic, yaitu: Biru, Hitam, Merah, dan Emas. Di sisi lain, Samsung A20 hadir dengan variasi warna yang lebih beragam dan populer di kalangan anak-anak muda. Smartphone Samsung Galaxy ini hadir dengan warna Hitam, Deep Blue, Merah, Coral Orange, dan Emas.

2. Tampilan Display

Dari segi layar, Samsung Galaxy A20 lebih unggul dibandingkan Galaxy A10. Samsung Galaxy A20 hadir dengan layar jenis Super AMOLED berukuran 6.4 inch beresolusi 720 x 1560 pixel. Sedangkan, Samsung Galaxy A10 memiliki tampilan layar jenis IPS LCD seluas 6.2 inch dengan resolusi seluas 720 x 1520 pixel. Untuk perlindungan layar, kedua smartphone ini menggunakan Corning Gorilla Glass 3 yang sangat tangguh dan mampu melindungi layar smartphone ini dari benturan dan goresan.

3. Dapur Pacu

Dari segi dapur pacu, Samsung Galaxy A10 dan A20 sama-sama menggunakan chipset dan komponen mesin yang sama. Kedua perangkat smartphone ini mengusung chipset Exynos 7884 dengan Octa-core. Sedangkan untuk GPU, Samsung menyematkan Mali-G71. Untuk sistem operasi, baik Galaxy A10 dan A20 menggunakan OS Android 9.0 (Pie) yang dapat diupgrade ke Android 10. Perbedaan terletak pada fitur interface yang tertanam di dalam perangkat ini. Samsung Galaxy A10 menggunakan sistem antarmuka One UI 2.0. Untuk seri Galaxy A20, Samsung menanamkan sistem antarmuka One UI.

4. Sektor Kamera

Dari segi fitur kamera, Samsung Galaxy A10 mengusung satu lensa kamera utama beresolusi 13 MP. Samsung A20 lebih unggul dalam sektor ini, dengan dual camera miliknya yang beresolusi 13 MP dan 5 MP. Sedangkan, untuk kebutuhan berswafoto, smartphone Galaxy A10 dibekali dengan kamera beresolusi 5 MP. Untuk seri Galaxy A20, Anda bisa memanfaatkan kamera depan dengan resolusi yang dua tingkat lebih besar, yaitu 8 MP.

5. Kapasitas Baterai

Samsung Galaxy A20 lagi-lagi menang dari sektor baterai. Perangkat smartphone Samsung Galaxy ini hadir dengan kapasitas baterai tanam Li-Po sebesar 4000 mAh. Namun, selisihnya dengan Galaxy A10 sebenarnya tidak terlalu jauh. Anda masih dapat menikmati akses game maupun streaming film online sepuasnya dengan Samsung Galaxy A10. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan kapasitas baterai Li-Ion berkapasitas 3400 mAh. Baik Samsung Galaxy A10 maupun A20 tidak dilengkapi dengan fitur Fast Charging atau pengisian daya cepat.

Fitur-fitur Mengagumkan dari Samsung Galaxy A10

Diluncurkan pada tahun 2019, Samsung Galaxy A10 menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang menginginkan smartphone berspek canggih tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Dilepas di kisaran harga 1 jutaan membuat Samsung Galaxy A10 banyak dicari oleh berbagai macam kalangan. Ada berbagai macam fitur yang tersedia di dalam Samsung Galaxy A10 yang membuat Anda akan semakin jatuh cinta dengannya. Berikut adalah fitur-fitur pada Samasung A10 yang patut untuk Anda coba.

  1. Fitur Face Unlock untuk Sistem Keamanan Terbaik

Semakin maraknya pengguna smartphone, terjadinya peretasan data-data penting pada perangkat tersebut pun semakin sering terjadi. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kenyamanan Anda. Untuk melindungi data-data pribadi yang tersimpan di dalam smartphone, Samsung Galaxy A10 dibekali dengan fitur Face Unlock. Fitur keamanan ini menggunakan sistem pemindaian canggih yang mampu memetakan dan mengenali kontur wajah Anda. Dibandingkan fitur keamanan jenis lainnya, Face Unlock memberikan keamanan yang lebih. Karena, hanya Anda selaku pemilik saja yang dapat membuka kunci smartphone ini.

2. Sistem User Interface Hadirkan Fitur-fitur Canggih

Fitur unggul lainnya yang terdapat di dalam Samsung Galaxy A10 datang dari segi antarmuka. Samsung menggunakan fitur User Interface besutannya sendiri pada perangkat smartphone ini, yaitu Samsung One UI. Walaupun bukan merupakan user interface buatan Android, Samsung One UI ternyata cukup mumpuni. Hal tersebut terlihat dari tampilan display smartphone yang sangat ringkas dan memudahkan Anda untuk bernavigasi. Fitur unggulan lainnya yang bisa Anda nikmati dari UI ini adalah fitur Night Mode. Night Mode merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai aplikasi di dalam smartphone ini dengan pencahayaan layar yang lebih redup. Ini sangatlah ideal bagi Anda yang mengakses smartphone di malam hari sebelum tidur. Fitur Night Mode ini dapat membantu mencegah mata Anda sakit akibat pencahayaan layar yang terlalu silau.

3. Fitur Pengatur Daya Baterai yang Membuatnya Tahan Lama

Sekilas, baterai Samsung Galaxy A10 memang terkesan berdaya kecil. Memang, Samsung Galaxy A10 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3400 mAh saja. Namun, Anda akan dibuat terkejut dengan daya tahannya yang cukup mengagumkan. Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi game, musik, maupun aplikasi streaming musik tanpa perlu khawatir baterai cepat habis. Hal ini dikarenakan Samsung menanamkan fitur pengatur daya di dalam Galaxy A10. Dengan adanya fitur tersebut, maka sistem Samsung Galaxy akan menyesuaikan penggunaan daya untuk masing-masing aplikasi secara lebih akurat. Dengan demikian, penggunaan daya baterai pun akan menjadi lebih hemat dan efisien.

Lakukan Ini Setelah Membeli Smartphone Baru

Samsung Galaxy A10 sudah ada di tangan Anda. Tentunya, Anda pun memiliki rasa kepuasan tersendiri karena berhasil menemukan smartphone canggih yang tidak menguras kantong. Setelah mendapatkan smartphone baru idaman Anda, ada beberapa hal penting yang tidak boleh luput untuk dilakukan. Simak hal-hal berikut ini yang harus Anda lakukan setelah membeli perangkat smartphone baru.

  1. Cek Kondisi Smartphone

Jika Anda membeli smartphone baru, langkah ini bisa di-skip saja. Namun, lain halnya jika Anda memutuskan untuk membeli perangkat smartphone bekas. Pastikan semua fitur yang ada di dalam smartphone tersebut berfungsi dengan baik. Seperti, fitur baterai, dan fitur fungsi lainnya. Ada baiknya untuk membeli smartphone yang disertai oleh garansi dari penjual dan pabrik. Sehingga, Anda dapat langsung mengajukan perbaikan seandainya terdapat kerusakan.

2. Matikan Gadget dan Lakukan Pengisian Daya

Saat smartphone baru Anda sudah berada di tangan, sebaiknya tidak langsung digunakan. Anda harus mematikannya terlebih dahulu dan mengisi ulang dayanya hingga 100 persen. Paling tidak, Anda harus membiarkan smartphone tersebut dalam kondisi mati dan mengisi dayanya paling tidak selama 8 jam. Ini dilakukan agar baterai smartphone lebih awet dan tidak mudah bocor. Ini tentunya sangatlah penting jika Anda ingin smartphone yang baru dimiliki tetap awet dalam jangka waktu yang sangat lama. Barulah, setelah itu Anda dapat melakukan aktivasi kartu SIM.

3. Aktifkan Fitur Keamanan

Setelah Anda sukses melakukan aktivasi kartu SIM, langkah selanjutnya adalah mengatur metode keamanan smartphone. Aktivasi fitur ini sangatlah penting untuk membantu menjaga privasi serta melindungi data-data penting Anda dari orang-orang yang iseng. Samsung Galaxy A10 memiliki sistem keamanan berupa Face Unlock. Fitur ini menggunakan teknologi pemindaian wajah yang dipadukan dengan AI. Sehingga, smartphone ini mampu memetakan dan mengenali kontur wajah Anda sebagai pemilik. Smartphone baru akan terbuka apabila kontur wajah dari orang tersebut sesuai dengan yang terekam pada database.

4. Login ke Dalam Akun Google

Selanjutnya, Anda perlu login ke dalam akun Google. Karena Samsung Galaxy A10 merupakan tipe smartphone berbasiskan Android, hampir semua aplikasi yang ada di dalamnya terhubung dengan Google. Dengan login ke dalam akun Google, Anda dapat mengakses platform Google Play Store untuk mengunduh berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan. Anda juga dapat mengakses fitur-fitur besutan Google lainnya, seperti Google Map, Gmail, Google Drive, dan lain-lain. Jika belum memiliki akun Google, sebaiknya Anda segera membuatnya.

5. Unduh Aplikasi-aplikasi yang Anda Butuhkan

Samsung A10 sebenarnya sudah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Misalnya, fitur aplikasi pemutar video dan musik, Gmail, Google Map, dan lainnya sudah terinstalasi secara otomatis. Namun, Anda juga dapat mengunduh aplikasi lainnya. Misalnya, Anda dapat mengunduh aplikasi streaming video seperti YouTube atau Netflix untuk mengikuti serial film favorit terbaru. Bagi Anda yang gemar bermain game, ada ratusan mobile games terbaik yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Play Store merupakan platform dari Google yang menjadi wadah paling terpercaya untuk mendapatkan berbagai aplikasi favorit. Hindari mengunduh aplikasi di luar platform tersebut untuk mencegah terjadinya pembajakan dana atau infeksi virus dan malware.

6. Aktifkan Data Plan

Bagi Anda yang kerap menggunakan smartphone, ada baiknya untuk mengaktifkan fitur Data Plan. Fitur ini dapat membantu Anda dalam memantau penggunaan paket data internet. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat merencanakan sendiri konsumsi paket internet. Fitur ini akan secara otomatis mengatur penggunaan data paket internet dan memutusnya apabila penggunaan paket internet melebihi penggunaan wajar. Dengan demikian, penggunaan paket internet Anda pun akan terasa jauh lebih hemat.

Demikianlah informasi menarik seputar Samsung Galaxy A10 dan tips menarik lainnya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih mendetail mengenai produk smartphone Samsung Galaxy ini. Sehingga, pertimbangan yang Anda lakukan pun akan lebih matang. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Tags: , , ,


COMMENTS