July 30, 2020

Bertabur Hadiah dan Ragam Kegiatan, Baparekraf Game Prime 2020 Online Siap Digelar!

Penulis: Rizki R
Bertabur Hadiah dan Ragam Kegiatan, Baparekraf Game Prime 2020 Online Siap Digelar!  

Mobitekno – Hadir dengan ‘wajah’ baru, Baparekraf Game Prime –yang dikenal selama empat tahunbelakangan sebagai BEKRAF Game Prime– bakal menggelar salah satu acara gim terbesar bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 Online pada tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang. Event ini juga akan mengusung konsep pelaksanaan baru, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menyuguhkan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, meskipun pandemi COVID-19 telah ‘mengurung’ kita untuk berada di dalam rumah.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2020 Online juga merupakan yang pertama di Indonesia dalam hal pameran. Adapun rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Indie Game Exhibition, Masterclass and Webinar untuk pengembang gim, Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer, dan tentunya turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament yang akan mengundang 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online.

Josua Puji Mulia Simanjuntak, Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, mengatakan, “Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer game Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri game internasional serta meningkatkan exposure dari game-game lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas, dengan adanya acara ini diharapkan game buatan anak negeri dapat bersaing dengan game internasional di pasar nasional maupun internasional,”

SAVE 20200730 113714

Selain itu, acara ini juga bekerja sama dengan KitaBisa dengan menghadirkan program gerakan #GamersPeduli, siapa saja bisa memberikan donasi untuk mendukung para staf medis serta korban dari COVID-19. Untuk setiap orang yang berdonasi melalui gerakan #GamersPeduli ini, pihak penyelenggara akan memberikan apresiasi berupa satu unit konsol Nintendo Switch, PS4 Pro, dan kursi gaming dan hadiah menarik lainnya untuk donatur yang beruntung.

“Kemenparekraf bekerjasama dengan AGI telah melakukan kurasi terhadap 80 game yang mendaftar melalui program ini, dari total game developer tersebut telah terpilih 30 game developer yang dapat memamerkan karyanya pada event ini. Game developer tersebut berkesempatan untuk meningkatkan publisitas game-nya melalui event ini. Diharapkan dengan adanya event ini game developer yang berpartisipasi dapat meningkat penjualannya serta membawa nama harum Indonesia di pangsa nasional maupun internasional.” lanjut Josua.

Sementara itu, Cipto Adiguno, Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI), menyatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir Game Prime telah berkembang menjadi acara akbar bagi pemain game di Indonesia. Tidak hanya anak muda, Game Prime juga menjangkau orang tua dan anak-anak.

“Di era yang semakin digital seperti sekarang, game menjadi medium yang diterima oleh masyarakat umum dan tidak lagi sekadar “mainan anak kecil/anak muda. AGI berharap Game Prime dapat memperkenalkan game ke masyarakat luas, mengedukasi baik-buruknya pada orangtua dan anak, dan berbagi keseruan digital yang di saat pandemi ini menjadi jalan keluar masyarakat yang terkurung di rumah masing-masing.” lanjut Cipto Adiguno.

Senada dengan Cipto, Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID, mengungkapkan, “Game Prime selalu menciptakan sejarah setiap tahunnya. Tahun ini untuk pertama kali kita hadir dalam format online tanpa mengurangi esensi memperkenalkan game buatan Indonesia di mata dunia.”

SAVE 20200730 113851

Indie Game Exhibition

Banyak gim yang sudah dikembangkan oleh developer game di Indonesia, namun masih banyak gamer maupun masyarakat umum yang tidak memainkan atau bahkan tidak mengetahuinya. Akan ada online exhibition di gameprime.org yang menampilkan banyak gim karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia yang hadir di Baparekraf Game Prime 2020 Online.

Masterclass and Webinar

Masterclass dan webinar yang diadakan Baparekraf Game Prime 2020 Online akan menyajikan berbagai topik menarik, seperti bagaimana membuat gim yang diawali dari coretan ringan, bagaimana membuat desain karakter gim, hingga cara meningkatkan karir ketika berkecimpung di pengembangan gim.

Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer

Pernah lihat para influencer maupun publik figur bermain werewolf maupun tebak gambar bersama-sama? Momen sangat langka dan pasti menghibur ini juga akan meramaikan

Baparekraf Game Prime 2020 Online

Baparekraf Game Prime 2020 PUBG Mobile Online Tournament 16 tim PUBG Mobile yang terdiri dari 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online akan bertanding memperebutkan total hadiah 100 juta rupiah pada tanggal 4-5 Agustus 2020

Adapun tim yang akan bertanding adalah Louvre Esports, Morph, The Pillar, BIgetron ION, AURA, RRQ Ryu, Aerowolf, GEEK FAM, BOOM Esports, ONIC, NFT, BONAFIDE, Victim Esports, Alter Ego, NERO Team dan FORA Esports. Seluruh rangkaian acara Baparekraf Game Prime 2020 Online akan ditayangkan melalui kanal YouTube GGWP.ID.

Tags: , , , , ,


COMMENTS