December 22, 2020

Hadirkan IdeaHub Series, Huawei Ingin Wujudkan Digital Smart Office yang Lebih Adaptif dalam Segala Situasi dan Kondisi

Penulis: Iwan RS
Hadirkan IdeaHub Series, Huawei Ingin Wujudkan Digital Smart Office yang Lebih Adaptif dalam Segala Situasi dan Kondisi  

Mobitekno – Dampak multi-dimensi akibat COVID-19 membuat banyak organisasi atau perusahaan menyadari pentingnya solusi kolaborasi digital (online) yang tepat guna bagi siapa saja untuk bekerja dari jarak jauh (remote working). Bahkan sebelum pandemi COVID-19 terjadi, banyak pihak menyadari pentingnya penerapan teknologi digital agar kolaborasi tim berlangsung dengan baik dan efektif.

Meskipun solusi atau sistem untuk melakukan konferensi audio dan video sudah lama diperkenalkan ke pasar, sering kali solusi tersebut dianggap masih kurang memberikan pengalaman (experience) yang optimal. Proses meeting, pertemuan, atau tatap muka jarak jauh pun berlangsung kurang efektif.

Salah satu kelemahan utama dalam melakukan konferensi atau meeting (rapat) jarak jauh adalah kurang intensnya tatap muka dan iteraksi antara tim atau peserta meeting. Pertemuan yang efektif memungkinkan masing-masing peserta bisa saling menyampaikan pendapat dan informasi tanpa berbagai kendala komunikasi, seperti masalah infrastruktur, teknologi, dan lainnya.

Huawei mencoba menawarkan solusi terbarunya melalui IdeaHub series, layar interaktif cerdas (smart interactive whiteboard) yang mengintegrasikan banyak fungsi produktivitas untuk beragam aktivitas remote meeting saat ini, termasuk mendukung peningkatan kolaborasi para pesertanya.

Dengan Huawei IdeaHub, para karyawan atau siapa saja dapat bekerja, berdiskusi, berinteraksi dalam ruangan untuk berbagi gagasan atau konsep dengan mudah dan nyaman baik di dalam ruangan (offline) atau dengan kolega atau mitra di mana saja di seluruh dunia melalui cloud (Internet).

Sebagai salah satu implementasi smart office, desain Huawei IdeaHub series yang modern dan berfokus pada pengguna memungkinkan penggunanya bisa berkolaborasi dengan mudah dan nyaman.

IdeaHub S and IdeaHub Pro masing-masing tersedia dengan layarnya berukuran 65 inci (E-LED) atau 86 inci (D-LED) dengan resolusi 4K. Resolusi layar ini menjamin tampilan/visual yang realistik atau ‘mendekati’ nyata layaknya pertemuan offline. Berkat desainnya yang inovatif dan menarik, IdeaHub juga mendapatkan apresiasi Red Dot Award 2020.

Huawei IdeaHub telah mengintegrasikan beragam fungsi untuk kebutuhan samrt office, mulai dari proyektor, papan tulis, mikrofon, pengeras suara, tablet, PC, TV, hingga konferensi video. Bahkan kerumitan yang bisanya terjadi pada interactive whiteboard umumya karena koneksi kabel juga tidak dijumpai padanya.

Jason Zhang, Presiden Departemen Cloud & AI Business, Huawei Indonesia mengatakan, “Huawei IdeaHub memperkenalkan cara baru untuk bekerja di kehidupan normal baru – membentuk ruang kolaboratif all-in-one untuk melakukan rapat yang lebih efisien, bertukar pikiran secara produktif, seminar pengajaran, dan banyak lagi.”

Dukungan Huawei untuk meningkatkan efisiensi dalam melakukan kerja jarak jauh melalui IdeaHub Series diwujudkan dengan fitur dan teknologi yang memberikan pengalaman menyenangkan dalam melakukan rapat, konferensi video, atau presentasi.

Perbandingan implementasi conference room antara solusi Huawei IdeaHub (atas) yang lebih ringkas dibandingkan solusi tradisional (bawah).

 

Seri terbaru layar pintar ini juga dirancang fleksibel dan adaptif untuk berbagai situasi dan kondisi agar memberikan aura layaknya seperti berada di kantor. Konferensi video dengan kualitas 1080p high definition (HD) dan inovasi dalam komputasi grafis, artificial intelligence (AI), dan format codec video terbaru (H.265) mengahsilkan output tampilan gambar yang tajam dan jernih.

Fitur AI dalam IdeaHub Series diklaim dapat berprean mengurangi gangguan kebisingan suara. Di sini, fitur AI berperan dalam memblokir kebisingan di sekitar perangkat melalui algoritma yang dirancang secara eksklusif oleh Huawei.

Dalam kondisi saat ini, masyarakat dituntut untuk dapat melakukan komunikasi jarak jauh agar dapat menjalankan aktivitasnya. Dengan teknologi yang tertanam di dalam IdeaHub Series, komunikasi dapat dilakukan secara virtual dan jarak jauh untuk mendukung berbagai aktivitas.

Galuh Purnama, Senior Product Manager Departemen Cloud & AI Business, Huawei Indonesia, dalam presentasi produknya menjelaskan bahwa IdeaHub series menyediakan fitur lengkap dan efektif dalam melakukan kolaborasi secara virtual melalui cloud.

Salah satu fitur menarik yang dimilki IdeaHub series adalah rangkaian mikrofon internal yang dapat mendeteksi banyak peserta (pengguna) dari jarak 8 meter dan cakupan 180 derajat. Dengan demikian suara yang diterima mikrofon dapat terdengar jernih dan tajam oleh peserta lainnya.

Tidak kalah menariknya adalah kamera yang berada di sisi atas layar yang didukung lensa wide angle (80 derajat), AutoFrame, dan dan Auto Voice Tracking (hanya IdeaHub Pro). IdeaHub S sudah mendukung resolusi video 1080p (30 fps), sedangkan IdeaHub Pro sudah mendukung video hinga resolusi 4K (30 fps). Lebih detail terkait spesifikasi Huawei IdeaHub dapat diketahui melalui link berikut ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS