November 16, 2020

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i: Laptop Ringan dan Ringkas dengan Tenaga Besar

Penulis: Desmal Andi
Review Lenovo IdeaPad Slim 5i: Laptop Ringan dan Ringkas dengan Tenaga Besar  

Mobitekno – Di masa pandemi Covid-19 ini, laptop menjadi perangkat kerja yang banyak dibutuhkan banyak orang, selain smartphone. Laptop juga menjadi perangkat yang ringkas dan mudah digunakan saat digunakan untuk proses kerja jarak jauh, seperti sistem Work From Home (WFH). Oleh sebab itu, Lenovo pun tidak tinggal diam melihat situasi ini dengan meluncurkan laptop ringkas, yaitu Lenovo IdeaPad Slim 5i beberapa waktu yang lalu.

Lenovo IdeaPad Slim 5i sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan generasi Z dan milenial yang membutuhkan perangkat kerja dengan performa bagus untuk mendukung aktivitas hariannya. Dengan desain yang ramping, ringkas, tipis, dan berbobot ringan, Lenovo IdeaPad begitu fleksibel untuk digunakan dimanapun penggunanya berada. Ide-ide yang kreatif pun bisa tercipta dengan adanya laptop ini.

Mobitekno sempat merasakan kemampuan laptop ini beberapa hari. Lenovo IdeaPad Slim 5i kami uji untuk mendukung pekerjaan rutin, menggantikan laptop yang biasa kami pakai sebelumnya. Hasilnnya, tentu memuaskan. Fitur-fitur yang ada di dalamnya sangat membantu pekerjaan redaksi. Nah, bagi pembaca Mobitekno yang juga penasaran dengan kemampuan laptop ini, berikut ulasannya.

Kelengkapan

Karena kami masih menerapkan sistem Work From Home, Lenovo IdeaPad Slim 5i diantar langsung ke salah satu tim redaksi untuk dicoba. Produk datang dengan kondisi sesuai dengan paket penjualannya. Boks dari bahan kardus tidak memiliki warna spesial. Namun, kemasannya dibuat seringkas mungkin.

Berikut ini apa saja yang ada di dalam kemasan penjualan Lenovo IdeaPad Slim 5i:

  1. Satu unit laptop IdeaPad Slim 5i berwarna hitam
  2. Kabel power dengan bentuk adapter yang ringkas dan ringan
  3. Buku petunjuk singkat
  4. Buku garansi

Desain

Begitu datang, produk ini langsung kami buka untuk melihat langsung penampilannya. Kesan pertama yang kami dapatkan, Lenovo IdeaPad Slim 5i merupakan produk laptop berlayar 14 inci yang memiliki desain menawan dan berbobot ringan. Produk ini juga tidak tebal, namun memuliki beberapa slot koneksi di sisi kiri dan kanan untuk mendukung pekerjaan pemiliknya. Seperti ciri khas produk IdePad sebelumnya, permukaan bodi laptop tampil ditdak halus, tetapi memiliki kontur sedikit kasar yang membuat tidak licin saat dipegang. Melihat desainnya ini, sepertinya Lenovo sudah merancangnya dengan matang, sehingga cocok dan pas untuk menambah penampilan para generasi Z dan Milenial.

Untuk membahas lebih detail, kita lihat dari sisi layar terlebih dahulu. Layarnya berukuran 14 inci dengan jenis FHD IPS Display. Rasio layar yang digunakan adalah 16:9 sehingga terlihat luas. Apalagi dari sisi layar ke sisi bodi terlihat sangat tipis. Dengan begitu, hal ini membuat tampilan layar terlihat luas, tetapi tetap tidak membuat dimensi laptop secara keseluruhan menjadi lebih lebar. Dari spesifikasi yang dipberikan Lenovo, laptop ini memiliki dimensi 321,6 x 211,6  17,9 mm. Cukup slim dan ringkas bukan?

Di bagian layar juga tersembul satu kamera yang dletakkan persis di tengah. Kamera ini berkemampuan 1MP dengan resolusi HD720. Menariknya, kamera dibekali dengan fitur privacy shutter. Fitur ini bisa diaktifkan dari Lenovo Vantage, aplikasi khas Lenovo yang memantau semua fitur dari laptop. Tidak seperti laptop lain, jika ingin menonaktifkan kamera dengan menempel penutup atau menggeser slider di kamera, di Lenovo IdeaPad Slim 5i ini, semua bisa diatur dari aplikasi. Cukup menggeser slider ke bagian OFF, kamera akan non aktif.

Sekarang beralih ke sisi kiri dan kanan. Di sisi kiri, Lenovo meletakkan beberapa port penting, seperti konektor kabel power, USB type C, HDMI, dan port audio 3,5mm, tombol Novo untk proses recovery, dan indikator power. Sementara di sisi sebaliknya, terdapat dua buah slot USB 3.1 Gen 1 dan slot SD/microSD untuk kebutuhan pembacaan data dari memory card.

Seperti kebanyakan laptop Lenovo, tidah hanya IdeaPad,  bagian depannya dibuat tidak kaku dengan desain bodi bawah melenkung. Dengan desain ini, laptol menjadi nyaman digunakan saat diletakkan di berbagai jenis permukaan. Logo besar Lenovo sendiri terlihat di sisi kanan bawah.

Satu hal menarik, keyboard di Lenovo IdeaPad Slim 5i ini sudah dilengkapi LED backlit. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat mengetik di keadaan cahaya temaram atau gelap sekalipun. Semua huruf dan karakter yang ada pada tombol keyboard tetap terlihat jelas.

Lenovo IdeaPad Slim 5i dilengkapi juga dengan sistem audio yang mengagumkan. Dua speaker 2W hadir persisi di sisi kiri dan kanan keyboard. Speaker ini sudah mendukung Dolby Audio. Sementara untuk bodi belakangnya difokuskan untuk pembuangan udara panas. Lubang-lubang ventilasi terlihat memanjang dari sisi kiri ke kanan.

Touchpad untuk melakukan navigasi pengganti mouse juga tampil dengan ukuran yang lega. Anda pun bisa bernavigasi dengan lebih nyaman. Sementara tombol powernya sendiri hadir di atas keyboard bagian kanan atas. Lenovo IdeaPad dilengkapi dengan engsel yang yang baik dan dapat membuat layar mampu ditekuk hingga sudut 135 derajat.

 

Fitur dan Performa

Sebagai perangkat penunjang untuk generasi Z dan milenial yang selalu aktif, tentu saja Lenovo IdeaPad Slim 5i dibekali dengan fitur mumpuni. Prosesornya saja sudah menggunakan Intel Core i7 – 1065G7 generasi ke-10 yang dapat bekerja maksimal dalam mengolah berbagai komputasi di dalam laptop. Prosesor ini dudukung juga dengan kartu grafis NVIDIA geForce MX350 yang andal. Penggunaan kartu grafis GeForce MX350 ini membuat laptop dapat memberikan performa 2,5 kali lebih cepat dari grafis lainnya. Sementara memorinya mampu memuat hingga kapasitas 16GB. Dipadukan dengan sistem operasi Windows 10 Pro dan penggunaan storage jenis SSD PCIe M.2 NVME hingga 1TB, produk ini mampu menampilkan performa terbaik di kelasnya.

Seperti produk-produk Lenovo keluaran terbaru lainnya, di IdeaPad Slim 5i ini juga dilengkapi dengan Lenovo Vantage. Aplikasi ini menjadi pusat kontrol dari seluruh fungsi yang ada di laptop. Aplikasi ini sangat memudahkan pengguna untuk melihat, mengatur, dan menyesuaikan performa laptop dengan kebutuhannya. Mulai dari update Windows, melihat informasi garansi, detail hardware yang ada, melihat kondisi baterai, mengatur proses pendinginan, hingga berbagai detail lainnya seputar pengaturan laptop, bisa diakses dari Lenovo Vantage ini.

Bahkan, di aplikasi ini, pengguna bisa mengatur tingkat keamanan yang diinginkan dari laptop. Disediakan tiga tingkat keamanan yang bisa dipilih, yaitu Basic Security, intermediate, dan Advanced Security. Basic security hanya memuat level security standar yang biasa digunakan sistem operasi Windows, seperti penggunaan antivirus dan firewall. Sementara intermediate tampil lebih detail lagi dengan memuat fitur keamanan password dan pembacaan sidik jari. Tingkat keamanan tertinggi ada di Advanced Security yang memuat fitur keamanan WiFi dan penggunaan VPN untuk keamanan akses website.

Ada satu fitur menarik yang bisa diaktifkan dari aplikasi ini juga, yaitu Power Settings. Fitur ini memudahkan pengguna yang selalu aktif menggunalan laptopnya. Ada pilihan Flip to Boot yang bisa diaktifkan dari Lenovo Vantage. Dengan pilihan ini, Windows akan langsung berjalan saat pengguna membuka layar laptop. Jadi, mereka tidak perlu lagi menekan tombol power untuk menyalakan laptop. Cara ini mempercepat penggunaan laptop. Ini cocok digunakan untuk pengguna yang selalu sibuk.

Dari aplikasi ini, pengguna juga bisa memantau penggunaan daya selama digunakan. Bahkan khusus untuk daya ini, Lenovo memiliki fitur Rapid Charge. Fitur ini sangat berguna di saat Anda benar-benar membutuhkan laptop, padahal daya baterai sudah sangat menipis. Dengan Rapid Charge, proese pengisian daya bisa berjalan kilat. Pengguna bida mendapatkan tambahan daya sebesar 3 jam hanya dengan hanya melakukan pengisian daya selama 15 menit saja.

Jika aktif digunakan, laptop juga memiliki tiga opsi proses pendinginan (Cooling), yaitu Extreme cooling dengan pendinginan maksimal, Intelligent Cooling yang dapat meyesuaikan dengan keadaan, dan battery saving.

Penggunaan SSD begitu terasa saat laptop digunakan untuk bekerja. Proses booting dan pembukaan aplikasi menjadi lebih cepat. Tidak banyak hambatan dengan penggunaan storage SSD ini. Dari aplikasi Lenovo Vantage ini, pengguna juga bisa melakukan perawatan rutin dengan lebih mudah. Pembersihan cache hingga optimalisasi memori dapat dilakukan lebih cepat.

Berikut ini hasil pengujian dari aplikasi benchmark

 

Spesifikasi

Lenovo IdeaPad Slim 5i ini menggunakan prosesor yang andal dari Intel. Dukungan lain seperti Windows 10 Pro dan kartu grafis GeForce MX350 juga mendorong performa laptop menjadi lebih maksimal. Namun, semua itu juga tetap membutuhkan dukungan berbagai hal lain sehingga laptop dapat berlari kencang.

Berikut ini spesifikasi yang ada pada Lenovo IdeaPad Slim 5i

 

Kesimpulan

Lenovo IdeaPad Slim 5i yang hadir dengan bentuk ringkas, bobot ringan, dan fitur banyak, dapat menjadi teman setia bagi generasi Z dan milenial yang selalu aktif. Laptop ini bisa menjadi perangkat andalan untuk menciptakan berbagai kreasi menarik untuk mereka. Fitur-fitur yang ada di dalamnya sudah mendukung hal-hal kreatif tadi. Bahkan, tidak seperti laptop lain yang masih menggunakan Windows 10 Home Edition, di Lenovo IdeaPad Slim 5i sudah menggunakan versi Pro yang memiliki fitur lebih banyak.

Performanya saat diajak untuk bekerja tidak diragukan lagi. Mengedit gambar dan foto juga dapat dilakukan dengan lancar. Proses pembukaan file, editing, hingga menyimpannhya kembali juga lebih cepat. Ini berkat penggunaan SSD jenis PCIe M.2 NVME yang dapat bekrja sangat cepat.

Bagi para penggemar audio dan video, laptop ini juga bisa menemani dengan baik berkat adanya dukungan Dolby Audio. Suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Tontonan atau musik pun menjadi lebih nikmat di dengar. Intinuya, walaupun kelas IdeaPad, namun Lenovo sudah menyajikan fitur lengkap dengan kenyamanan penggunaan yang maksimal.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS