February 22, 2021

Review Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon: Kencang, Ringan, dan Fleksibilitas Tinggi

Penulis: Desmal Andi
Review Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon: Kencang, Ringan, dan Fleksibilitas Tinggi  

Mobitekno -Laptop keluaran Lenovo ini hadir untuk pertama kalinya di kawasan Asia Pasifik pada kuartal keempat tahun 2020 kemarin. Lenovo Yoga Slim 7i ini merupakan salah satu produk unggulan Lenovo yang ditujukan untuk para pemimpin bisnis, wirausahawan, dan milenial dengan mobilitas tinggi. Bahkan, saat Mobitekno mencobanya untuk pertama kali, kesan pertama yang hadir adalah ringan dan fleksibel. Ya, ukurannya yang kompak, tipis, dan bobot ringan, membuatnya mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Bahkan, tidak diperlukan lagi tas laptop berukuran besar yang tentunya dapat membebani pundak Anda.

Lenovo Yoga Slim 7i ini sepertinya memang dihadirkan untuk mendukung gaya hidup masyarakat yang mobile untuk saat ini. Desain kompak, tipis, dan ringan menjadikan laptop ini begitu fleksibel. Koneksinya yang juga kekinian, yaitu menggunakan port USB type C untuk power, menjadikan laptop sangat mudah digunakan. Anda tidak perlu lagi menyimpan kabel power (adapter) yang berukuran besar lagi. Model adapternya sudah sama dengan charger smartphone. Ringkas dan kompak untuk dibawa-bawa.

Digunakan selama sebulan untuk menunjang aktivitas redaksi Mobitekno, Lenovo Yoga Slim 7i ini tidak menyusahkan penggunanya. Desain layar dengan bezel yang tipis membuat ukuran total laptop ini tidak besar. Bahkan, akses cepat tanpa perlu menekan tombol power sangat membantu aktivitas sehari-hari dalam menggunakan laptop untuk mendukung pkerjaan Anda.

 

Kelengkapan

Datangd engan paket lengkap, Lenovo Yoga Slim 7i ini dibalut dengan kotak kardus berwarna coklat dengan desain yang kompak. Hal ini membuat kardus kemasannya mudah untuk dibawa. Anda yang baru saja membeli produk ini, tidak repot untuk membawanya. Apalagi Lenovo Yoga Slim 7i ini merupakan laptop yang sangat ringan. Tentunya tidak akan membuat lengan Anda pegal saat membawanya.

Berikut ini isi lengkap dalam kotak kemasannya

  1. Laptop Lenovo Yoga Slim 7i berwarna putih (Mon White)
  2. Adapter dengan tipe colokan USB type C berwarna putih.
  3. Konektor USB type C ke VGA Port dan HDMI
  4. Kartu garansi
  5. Buku petunjuk singkat
  6. Sleeve Case berwarna hitam
Kelengkapan paket penjualan

 

Desain

Seperti yang sudah ditulis di bagian awal, ringan menjadi kesan pertama yang kami dapatkan. Hal ini tampaknya didukung unsur material yang digunakan Lenovo untuk bodi laptop. Sebagai salah satu produk premium yang dimiliki Lenovo, laptop ini memang menggunakan material serat karbon untuk bagian bodinya. Hal ini tentunya membuat kekuatan tersendiri namun dengan bobot yang sangat ringan.

Material serat karbon

Laptop dengan ukuran layar 13,3 inci dan rasio 16:10 ini hanya berbobot 966 gram saja. Ketebalannya juga hanya 14,25 mm. Warna putihnya yang disebut Moon White, memberikan kesan mewah pada pandangan setiap orang yang melihatnya. Bagaimana tidak, untuk urusan warna ini, Lenovo membuatnya dalam proses yang unik dengan 3 layer. Tidak heran, hasilnya membuat laptop terlihat mewah. Warna putih ini juga mengandung fitur anti fingerpint. Jadi, Anda tidak perlu khawatir meninggalkan jejak sidik jari setelah memegangnya. Tentunya berbeda sekali dengan bahan plastik atau logam yang sering meninggalkan jejak sidik jari. Menariknya, Lenovo membuat material di Lenovo Yoga Slim 7i ini dengan sertifikasi military grade. Bagian sudut juga didesain melengkung sehingga nyaman untuk disentuh.

Sekarang kita bahas satu persatu. Mulai dari bagian layar. Layarnya yang berukuran 13,3 inci ini memiliki bingkai yang sangat tipis, hanya 3 mm saja. Layarnya ini juga memiliki resolusi Quad HD 2560 x 1600 piksel, lebih tinggi dari kebanyakan laptop yang masih menggunakan Full HD 1920 x 1090 piksel. Sementara aspek ratio Lenovo Yga Slim 7i Carbon adalah 91%. Jadi, bisa dibayangkan luasnya layar yang dipadukan dengan bezel yang super tipis. Kamera depannya tepat ada di tengah, di bagian atas layar. Dibagian atas ini, tidak hanya ada kamera. Kamera tersebut ditemani oleh lubang mikrofon, sensor ambient light, infra red LED, lampu kamera, dan sensor Time of Flight (ToF) untuk mendeteksi wajah Anda.

Desain Lenovo Yoga Slim 7i dengan tepi layar yang tipis

Untuk bagian keyboard. Lenovo juga memberinya balutan warna putih. Terdapat fitur backlit pada keyboard-nya ini sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya di suasana cahaya yang redup. Tombol keyboardnya juga cukup nyaman digunakan. Tombol ini berukuran 18,7 x 18,2 mm dan dirancang secara ergonomis yang disesuaikan dengan kenyamanan mengetik dari Occupational Safety and Health Administration (OSHA). Logo Lenovo yang elegan juga diletakkan persis di bagian kanan bawah, di bawah keyboard. Laptop ini juga memiliki trackpad yang luas. Jadi, Anda akan lebih leluasa bernavigasi di trackpad untuk mengerjakan banyak hal dengan aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Keyboard yang nyaman dengan backlit dalam beberapa mode

Beralih di sisi kanan. Desain yang ramping membuat Lenovo hanya menghadirkan port yang banyak dibutuhkan orang pada saat ini. Di sisi kanan ini terdapat tombol power dengan lampu indikator LED berwarna putih, jack audio 3,5mm dan port USB type C.

Kini di sisi kiri. Terdapat dua port Thunderbolt 4 dengan model USB Type C. Port paling atas berguna juga untuk konektor kabel power dari adapter untuk mengisi daya laptop. Terdapat juga lampu indikator pengisi daya yang akan menyala saat kabel power dikoneksikan ke port USB type C. Untuk koneksi yang lebih luas, Anda bisa memanfaatkan konektor USB type C ke VGA Port, HDMI, atau USB Type A. Jadi misalnya Anda ingin memasang flash disk dengan konektor USB type A, Anda harus memasang konektor ini terlebih dahulu.

Untuk bagian bawah, terdapat dua lubang speaker dan satu lubang ventilasi udara agar suhu laptop tetap terjaga dengan baik. Menariknya, sebagai laptop premium, speaker ini bersertifikasi Dolby Atmos 2 x 2W. Jadi, sudah tentu suara yang dihasilkan bisa lebih hidup. Fitur speaker ini juga dapat menganalisis sumber konten. Jadi, akan dipilih profil audio terbaik secara otomatis untuk konten yang sedang diputar. Bodi bawah ini juga didesain agak melengkung di bagian depan. Hal ini menambah kenyamanan pengguna saat memegang laptop.

Ventilasi udara

Dari aplikasi Lenovo Vantage, Anda juga bisa memilih mode audio yang diinginkan. Disediakan lima mode audio yang bisa dipilih, yaitu Dynamic, Movie, Music, Game, dan Voice.

Fitur dan Performa

Sebagai laptop premium Lenovo Yoga Slim 7i tentunya dibekali dengan banyak fitur menarik. Namun, salah satu keuntungan bagi pengguna laptop ini adalah sudah hadir dengan sistem operasi Windows 10. Bahkan, tidak hanya Windows 10, Lenovo juga menyediakan Microsoft Office Home & Student 2019. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menggunakan laptop, terutama untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Anda tidak perlu repot membeli dan meng-install program-program Microsoft Office lagi. Mulai dari Microsoft Word, Excel, hingga PowerPoint bisa Anda nikmati secara gratis.

Windows 10

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon in ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 Generasi ke-11 (Tiger Lake) dan memori 8GB RAM. Prosesor yang masuk ke dalam platform Intel Evo ini tentunya mampu menawarkan kinerja yang maksimal serta responsif. Platform ini juga sudah menawarkan konek Wi-Fi 6 dan Thunderbolt 4. Jadi, untuk urusan kecepatan proses, transfer data, hingga pengisian daya cepat pada baterai, bisa ditanganinya dengan sangat baik. Bahkan, kartu gradfis Intel Iris mampu menawarkan detail gambar yang gemilang dan warna yang benar-benar hidup. Terbukti, Mobitekno sendiri merasa sangat nyaman dengan tampilan yang hadir di layar laptop ini. Apalagi didukung juga dengan adanya sertifikasi perlindungan mata TUV Rheinland untuk melindungi mata dari sinar biru. Sensor cahayanya pun bisa otomatis mendeteksi cahaya ruangan.

Seperti produk Yoga lainnya, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini juga dilengkapi dengan fitur flip-to-boot. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang selalu sibuk. Fitur ini bisa mengaktifkan Windows dengan hanya membuka cover laptop. Jadi, Anda tidak perlu lagi menekan tombol power. Namun, jika Anda tidak menginginkan fitur ini aktif, Anda tetap bisa mematikannya dari aplikasi Lenovo Vantage.

Flip to Start yang bisa diatur dari Lenovo Vantage

Terintegrasi dengan Windows Hello, fitur keamanan Face Unlock pun sangat mudah digunakan. Cukup scan sekali dengan wajah menghadap kamera, laptop akan menyimpan karakter wajah Anda. Selanjutnya, setiap kali login, Anda cukup menatap kamera. Prosesnya begitu cepat. Jadi, Anda bisa dengan capt masuk ke sistem Windows 10.

Salah satu ciri khas produk laptop Lenovo juga hadir di Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini, yaitu aplikasi Lenovo Vantage. Dengan aplikasi ini, ada banyak setting yang bisa Anda lakukan. Anda tidak perlu masuk ke setting Windows yang kadang terlalu pusing untuk dicari. Dengan lenovo Vantage, Anda bisa dibawa juga ke setting untuk sistem operasi Windows. Salah satu setting yang bisa Anda lakukan di sini adalah mengaktifkan dan menonaktifkan kamera depan. Bagi Anda yang khawatir dengan keberadaan kamera depan pada beberapa aplikasi, Anda bisa mematikannya langsung dari Lenovo Vantage di bagian “Camera Privacy Mode”. Jadi, tidak ada lagi stiker-stiker yang menutup kamera secara manual. Selain kamera, Anda juga bisa mematikan fungsi mikrofon.

Lenovo Vantage

Tidak hanya untuk setting, pengecekan Windows Update pun bisa dilakukan dari aplikasi ini. Program akan memantau setiap update yang hadir dari Microsoft. Bahkan, dari bagian dashboard, Anda bisa mengetahui keadaan laptop. Apakah dalam kondisi bagus, tidak terlalu bagus, atau jelek. Anda bisa mengoptimalkan kembali dari aplikasi ini.

Lenovo Yoga Slim 7i juga dibekali dengan fitur Intelligent Thermal System 4.0. Fitur ini bisa menghemat daya baterai karena dapat mendeteksi beban kerja laptop. Anda pun bisa beralih ke berbagai mode, menyesuaikan beban kerja yang Anda lakukan. Melalui Q-Control, Anda bisa menekan kombinasi tombol Fn+Q untuk berpindah-pindah ke mode Performance yang membutuhkan kinerja tinggi atau battery saving untuk menghemat baterai.

Intelligent Cooling System

Sekarang urusan baterai. Lenovo Yoga Slim 7i dibekali dengan baterai berkapasitas 50W. Baterai ini bisa menunjang operasional laptop selama 15 jam untuk pemutaran video atau 13 jam untuk pekerjaan sehari-hari. Baterainya sendiri memiliki teknologi intelligent lithium polymer. Teknologi ini membuat laptop dapat mempertahankan baterai hingga 80% dari kapasitas pengisian nya.

Baterai pada laptop ini juga mendukung teknologi Rapid Charge Boost. Jika fitur ini diaktifkan dari Lenovo Vantage, Anda bisa melakukan pengisian daya hingga 100% dengan lebih cepat dibandingkan mode pengisian biasa.

Satu fitur menarik lainnya dari baterai ini adalah Always on USB. Jika fitur ini diaktifkan, walau dalam kondisi laptop mati, tetapi port USB tetap hidup. Ini bisa membuat port USB pada laptop untuk melakukan pengisian daya pada perangkat lainnya, seperti smartphone.

Kami juga mencoba kemampuan kamera yang ada pada Lenovo Yoga Slim 7i Carbon. Kameranya bisa mendetaksi muka dengan baik. Ini berguna saat Anda sering melakukan video call dalam sebuah rapat online. Wajah Anda akan terlihat jelas.

Untuk pengujian benchmark, kami melakukan dalam aplikasi benchmark berikut.

PC Mark 10

 

3D Mark

 

Cinebench R15

 

Spesifikasi

Kinerja yang andal ditambah fleksibilitas yang tinggi tentunya tidak akan bisa berjalan tanpa didukung dengan spesifikasi yang baik. Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini dibekali spesifikasi yang tinggi untuk menunjang aktivitas penggunanya sehari-hari. Jadi, laptop tidak hanya bisa digunakan untuk bekerja, tetapi juga mengolah konten yang yang Anda buat dari berbagai sumber. Produktivitas pun bisa bertambah dengan kehadiran lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini.

Berikut ini spesifikasi dari Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Kesimpulan

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon bisa menjadi laptop andalan untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan, tidak hanya untuk mengerjakan pekerjaan rutin atau office, untuk hal-hal lain yang berkaitan dengan pembuatan konten menarik bisa dilakukan dari laptop ini. Hal ini karena Lenovo Yoga Slim 7i Carbon sudah didukung prosesor generasi terbaru, yaitu Intel Core i-5 generasi ke-11. Ditunjang dengan memori yang besar dan didukung Intel Iris Xe Graphics, mengedit foto, memoles video, atau membuat animasi menjadi lebih nyaman.

Kesan mewah juga langsung terlihat saat Anda memegang laptop ini. Walaupun berukuran 13 inci, namun laptop ini tetap terlihat kompak. Hal ini karena rasio layarnya mencapai 91%. Jadi, layarnya terlihat lega. Bobotnya juga ringan sehingga nyaman untuk dibawa-bawa kemanapun Anda pergi. Menariknya, konektor untuk pengisian daya sudah menggunakan port USB type C. Ini semakin membuat nyaman penggunanya karena tidak perlu lagi membawa adapter yang berat dan besar. Adapter pengisian daya Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini sangat ringkas, sama seperti charger smartphone. Warna putihnya yang didesain dengan anti fingerprint juga membuat laptop tetap tampil resik.

Seri Yoga memang salah satu seri atas dari produk Laptop Lenovo. Oleh sebab itu, Lenovo juga mementingkan layanan purna jual produk ini. Salah satunya adalah adanya layanan Lenovo Accidental Damage Protection. Ini merupakan layanan tambahan dari Lenovo untuk perlindungan laptop, diluar garansi standar. Kejadian-kejadian karena faktor ketidaksengajaan pengguna yang ada dalam layanan ini, seperti laptop jatuh atau LCD pecah karena faktor ketidaksengajaan pengguna. Ini dapat membuat pengguna semakin nyaman.

Anda juga sudah disuguhi sistem operasi WIndows 10 Home yang dapat langsung digunakan. Bahkan, tambahan Office Home & Student 2019 Edition juga ada di dalamnya. Jadi, laptop langsung dapat digunakan untuk bekerja setelah keluar dari boks penjualannya. Bagi pengguna yang tidak terlalu mengerti setting Windows dan laptop, keberadaan aplikasi Lenovo Vantage dapat menjadi solusi terbaik. Aplikasi ini sangat membantu penggun dalam mengatur laptopnya. Jadi, tidak perlu mengutak-atik WIndows dari menu setting standarnya lagi. Semua sudah ditangani dalam satu aplikasi saja.

Tags: , , , , ,


COMMENTS