October 1, 2020

Ini Dia 4 Hal yang Bisa Dilakukan Fitur NFC di Vivo X50 Series

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia 4 Hal yang Bisa Dilakukan Fitur NFC di Vivo X50 Series  

Mobitekno – Fitur Near Field Communication atau NFC kini mulai banyak hadir di berbagai smartphone kelas menangah dan atas di Indonesia. Perlahan tapi pasti, NFC mulai banyak dicari dan digunakan oleh para pengguna smartphone. Vivo X50 Series merupakan salah satu smartphone yang sudah mengadopsi teknologi ini. Oleh sebab itu, smartphone pun bisa digunakan lebih luas dan lebih cerdas, terutama untuk menunjang gaya hidup yang praktis.

“Mengadopsi fungsi teknologi NFC yang sudah dikenal masyarakat, vivo mengembangkan teknologi NFC ke level selanjutnya, melalui NFC Multifunctions yang kini kami sematkan pada vivo X50 Series. Melalui pengembangan ini kami harap dapat mendukung konsumen beraktivitas menjadi lebih praktis dengan smartphone,” kata Hadie Mandala selaku Product Manager Vivo Indonesia.

Di Vivo X50 Series, NFC hadir tidak hanya menjadi fitur standar untuk membaca kartu saja. Fitur ini juga dilengkapi dengan chip multifungsi terintegrasi. Dengan begitu, NFC padda Vivo X50 Series dapat berfungsi untuk membaca, mengelola, dan menyimpan fungsi dari berbagai jenis kartu yang dapat dimanfaatkan sebagai alat transfer data serta aplikasi. Dengan NFC, proses ini menjadi lebih cepat dan mudah.

Jika dibandingkan dengan teknologi bluetooth, cara kerja fitur NFC Multifunctions tidak perlu dipasangkan secara manual. NFC dapat diaktifkan secara otomatis selama kedua perangkat saling berdekatan hingga jarak 4cm sehingga mempercepat dalam proses pertukaran data. Karena masih banyak konsumen yang belum memanfaatkan fitur NFC secara maksimal pada smartphone, berikut ini empat tips untuk mengoptimalkan NFC Multifunctions di vivo X50 Series;

1. Bertukar data & informasi lebih cepat

NFC dapat mempermudah pengguna saat ingin bertukar nomor kontak tanpa harus mengetik nomor tersebut atau mengirimkannya melalui aplikasi instant messaging. Cukup akses ‘kontak’, pilih kontak yang ingin ditransfer, lalu dekatkan kedua smartphone. Saat keluar arahan ‘touch to beam’, pengguna cukup mengetuk layarnya, dan kontak pun telah tersimpan dalam buku kontak penerima. Selain itu, dengan cara yang sama pengguna juga dapat bertukar foto dengan mudah. Jika pengguna ingin mengirimkan lebih dari satu foto atau dokumen, cukup pilih beberapa foto atau dokumen sekaligus. Menariknya, pengguna juga dapat mengarahkan sesama Android untuk mendapatkan aplikasi atau game favorit. Cukup buka aplikasi tersebut dan dekatkan kedua smartphone, maka teknologi NFC akan langsung mengarahkan penerima ke halaman aplikasi di Play Store.

2. Menyimpan kartu akses

Saat ini kita seringkali disibukkan dengan penggunaan kartu akses yang beragam. Misalnya saja kartu akses untuk kantor, rumah maupun apartemen. Melalui chip khusus yang disematkan pada fitur NFC Multifunctions dapat difungsikan sebagai sistem identifikasi alternatif untuk penyimpanan kunci yang aman, dengan catatan enkripsi kartu akses mengizinkan. Caranya, cukup membuka NFC Multifunctions, pilih ‘Access Card’, registrasi atau login ke vivo account.

3. Mengirim petunjuk arah

Teknologi NFC juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim petunjuk arah, dengan membuka lokasi yang diinginkan dengan aplikasi Google Maps, lalu dekatkan kedua smartphone, dan petunjuk arah pun akan diterima oleh smartphone lainnya.

4. Mempermudah Isi Ulang Uang Elektronik

NFC Multifunctions juga dapat dikombinasikan dengan beberapa aplikasi yang mendukung isi ulang uang elektronik menjadi lebih mudah dan cepat. Saat ingin digunakan, pengguna cukup menempelkan kartu pada vivo X50 Series kemudian secara otomatis akan muncul pilihan aplikasi yang mendukung pengguna untuk top up uang elektronik.

Fungsi serba bisa dalam fitur NFC Multifunctions pada vivo X50 Series turut melengkapi performa tangguh berkat adanya chipset Snapdragon 765 5G SoC dan kapasitas baterai 4315 mAh untuk vivo X50 Pro dan Snapdragon 730 dengan kapasitas baterai 4200 mAh untuk vivo X50.

“Kebutuhan konsumen yang menginginkan kepraktisan dan fungsi optimal dalam smartphone-nya, menjadi cikal bakal pengembangan fitur NFC Multifunctions pada vivo X50 Series. Kami percaya, ke depannya penggunaan teknologi NFC akan lebih masif, sehingga keberadaan NFC Multifunctions ini diharapkan menjadi lebih dari sekadar fitur, namun juga mendukung sebuah gaya hidup yang lebih pintar dan praktis’”, pungkas Hadie Mandala

Tags: , , , ,


COMMENTS