October 25, 2018

Delapan dari Sepuluh Mobil yang Dijual Online Ada di OLX

Penulis: Rizki R
Delapan dari Sepuluh Mobil yang Dijual Online Ada di OLX  

Mobitekno – Industri jual/beli mobil bekas tidak ada matinya. Tidak sedikit orang yang masih menempatkan mobil bekas sebagai pilihan pertama ketika membeli mobil. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ken Research, nilai transaksi penjualan mobil bekas di Indonesia, diprediksi akan semakin meningkat hingga tahun 2021.

Kehadiran platform iklan baris online juga turut menjadikan bisnis jual/beli mobil bekas semakin semarak. Platform semacam ini tidak hanya menawarkan kemudahan dalam memasarkan mobil, tetapi juga mampu menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Dengan menggunakan platform iklan baris online, penjual dapat menjangkau calon pembeli dari berbagai daerah, di Indonesia. Di lain sisi, pembeli pun mendapatkan lebih banyak pilihan mobil.

Sudah hadir lebih dari sepuluh tahun lalu, OLX menawarkan kemudahan menjual dan membeli barang secara online, di antaranya adalah mobil bekas. Banyak orang memanfaatkan platform iklan baris online ini untuk membeli maupun menjual mobil bekas. Tidak hanya penjual individu, banyak pula dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX.

Data OLX menyebutkan bahwa delapan dari sepuluh mobil yang dijual online, diiklankan melalui platform ini. “Kecepatan menjual dan jumlah calon pembeli yang diberikan, menjadi alasan utama para penjual menggunakan platform kami.” ujar Olaf Van Schagen. General Manager OLX Indonesia dalam siaran resmi yang diterima redaksi Mobitekno, Jumat (25/10).

“Tidak hanya mobil, pilihan pun merambah ke aksesoris, audio, sparepartvelg dan barang-barang lain yang berkaitan dengan automotif, seperti jasa montir,” Olaf menambahkan.

Agus, pemilik dealer mobil bekas Focus Motor dari Jakarta mengatakan bahwa dirinya telah menggunakan OLX lebih dari sepuluh tahun. “Saya sudah menjadi pengguna OLX sejak OLX pertama kali hadir, di Indonesia,” ujarnya. “Dengan adanya OLX, semakin banyak orang yang mengetahui bisnis kami. Bahkan, orang-orang dari luar Jakarta.”

Jangkauan yang luas menjadi salah satu hal yang dicari oleh para penjual mobil. Dengan jangkauan luas ini, pembeli datang dari berbagai daerah. Misalnya, Agus pernah mendapatkan pembeli dari daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Agus bahkan membuat tim yang khusus melayani pembeli dari OLX. “Setidaknya, kami mendapatkan 20 calon pembeli dari setiap iklan yang dipasang di OLX.” Sama halnya dengan Agus,  Eko, pemilik dealer Saputra Motor Surabaya mengatakan bahwa dalam kurun waktu setengah jam setelah iklan dipasang, mereka mendapatkan 5 – 10 calon pembeli dari OLX.

Untuk mendukung bisnisnya, ketiga pemilik dealer mobil bekas ini siap dengan jasa pengiriman. Mereka menggunakan towing yang rata-rata disewa untuk mengirimkan mobil pesanan pembeli. Namun, tidak sedikit pula pembeli yang datang langsung, untuk membawa mobilnya sendiri ke kota asal.

Bagi Agus permintaan yang cukup tinggi datang dari tiga jenis mobil, “Untuk mobil keluarga, 7-seaters masih paling banyak diminati,” ujarnya. “Untuk city cars, calon pembeli banyak mencari Honda Brio. Sementara pembeli kelas menengah ke atas cenderung mencari Toyota Fortuner.”

Untuk urusan warna, Agus mengatakan bahwa mobil dengan warna hitam paling banyak diminati. Senada dengan Agus, Totok memberikan informasi bahwa mobil berwarna hitam lebih banyak menarik perhatian calon pembeli dibandingkan warna lainnya.

“Tahun lalu, putih menjadi warna favorit. Namun, tahun ini trennya kembali ke warna hitam,” ujarnya.

Calon pembeli mobil bekas pun datang dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Mulai dari keluarga, mahasiswa hingga individu yang ingin menjadi driver taksi online. Selain itu, ada pula sesama pedagang mobil bekas yang juga membeli mobli dari para dealer ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS