June 23, 2018

Akankah Samsung Bisa Penuhi Target 350 Juta Penjualan Smartphone Tahun Ini?

Penulis: Desmal Andi
Akankah Samsung Bisa Penuhi Target 350 Juta Penjualan Smartphone Tahun Ini?  

Mobitekno – Awal tahun 2018, Samsung menetapkan target 320 juta pengiriman untuk produk smartphone miliknya di seluruh dunia. Target ini dicanangkan sebelum perusahaan Korea Selatan ini meluncurkan Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Namun, setelah keduaa flagship tersebut diluncurkan dan ternyaata mendapatkan respon pre-order yang cukup banyak, Samsung pun mengubah target awal menjadi 350 juta penjualan untuk seluruh produk smartphone Samsung.

Setelah Q1 berjalan, dilansir dari GSMArena, ada beberapa analis memperkirakan sulit untuk mendapatkan target penjualan 350 juta unit. Hal ini didorong juga dari beberapa informasi yang didapat dari internal perusahaan yang membuat pengirimaan unit smartphone mengalami penurunan hingga saat ini. Dibandingkan tahun lalu, terjadi penurunan sebesar 1 persen dalam durasi waktu yang sama. Bahkan jika dibandingkan tahun 2013, ada penurunan sebesar 20 persen.

Ada banyak faktir yaang membuat penjualan menurun. Salsh satunyaa adalah pasar smartphone di Cina. Cina dan brand smartphone di negaranya seperti OPPO, Huaweri, Xiaomi, dan Vivo semakin tumbuh dan memikat banyak pengguna smartphone. Ini membuat penetrasi Samsung menurun di negara tersebut. Harganya pun cukup terjangkau.

Samsung sendiri, di Q1 2018 berhasil mengaapalkan 78 juta smartphone dan diprediksi di Q2 akan berhasil mengapalkan 73 juta smartphone. Dibanding tahnun 2015, samsung bisa menjual 319,4 juta smartphone dalam satu tahun penuh, dan 309,4 juta smartphone di tahun 2016, serta 319,8 juta di tahun 2017. Hasil yang diperoleh di Q1 memang cukup menggembirakan. Akan tetapi bisa terjadi penurunaan di kuartal berikutnya.

Penyebab lainnya adalah performa Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang tidaak berkembang di tahun 2018 ini. Total penjualan dua Galaxy S9 ini adalah 30 juta unit hingga saat ini dan menjadi rekor terendah sejak penjualan Galaxy S tahun 2012.

Harapan masih ada bagi Samsung untuk mengejar target tersebut. Samsung tampaknya akan bergantung pada performa dan penjualan Galaxy Note 9 yang akan meluncur tidak lama lagi.

Tags: , , , ,


COMMENTS