June 22, 2018

Update Google Account Permudah Pengamanan dan Pengelolaan Data Pengguna

Penulis: Iwan RS
Update Google Account Permudah Pengamanan dan Pengelolaan Data Pengguna  

Mobitekno – Google menggabungkan konfigurasi akun (account), privasi, dan sekuriti dalam satu ‘control panel’ yang disebut Google Account. Kini, Google melakukan ‘penyegaran’ pada interface-nya agar pengaturan atau konfigurasnya menjadi lebih mudah bagi pengguna. Pembaruan ini akan diterapkan untuk platform Android, disusul platform iOS dan website pada tahun ini juga.

Pada pembaruan ini, akun Google (myaccount.google.com) akan menyediakan fitur pencarian yang memudahkan pengguna menemukan konfigurasi (settings) yang diiinginkannya. Apabila belum memahami konfigurasi, pengguna pun dapat mengunjungi pusat bantuan dan menemukan jawaban dari para pakar bersangkutan.

Dalam rilisnya, Jason Tedjasukmana, Head of Communications Google Indonesia menyatakan, “Privasi dan keamanan data telah menjadi topik penting di seluruh dunia. Hal ini juga terbukti dari jumlah pengunjung akun Google per harinya yang telah menembus 20 juta.”

Google Account

Ditambahkan Jason, para pengguna mengunjungi akunnya untuk memastikan keamanan data, tentunya dengan kebutuhan dan masalah yang berbeda-beda. Ringkasnya, pengguna ingin mengontrol sepenuhnya data-data mereka dan Google mencoba untuk memudahkan semuanya itu bagi pelanggannya.

Akun Google terbaru ini juga memberikan notifikasi jika dideteksi ada sesuatu yang mencurigakan, misalnya adanya penghapus data akun di perangkat lama atau menghapus aplikasi mencurigakan yang sebelumnya memiliki akses ke data Anda.

Tidak ketinggalan pembaruan pada fitur “Privacy Checkup” dan “Security Checkup” yang memungkinkan pengguna menjalankan ‘wizards’ untuk merekomendasikan beragam konfigurasi dalam mengamankan akun dan data.

Tags: , , , ,


COMMENTS