January 18, 2018

Layanan VOIP Racikan LINE di Indonesia Semakin Populer

Penulis: Eko Lannueardy
Layanan VOIP Racikan LINE di Indonesia Semakin Populer  

Mobitekno – Sejalan dengan misi ‘mendekatkan jarak’, layanan VoIP gratis dari LINE adalah salah satu cara untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 lalu, layanan ini telah diperkaya dengan sejumlah fitur menarik, seperti desktop voice dan video call.

Dengan dukungan untuk perangkat lintas platform, group video call dan voice call, live chat dan beragam filter kamera untuk menambah kenikmatan bagi pengguna, panggilan VOIP LINE semakin populer. Tercatat, di Indonesia sendiri layanan ini sudah mencapai tujuh juta panggilan voice dan video yang dilakukan melalui LINE setiap harinya.

Terkait dengan layanannya ini, LINE juga menjanjikan soal keamanan. Pengguna tak perlu cemas karena pesan dan panggilan yang mereka lakukan tetap aman. Semua obrolan, baik group maupun pribadi melalui voice call ataupun group call bersifat end-to-end yang dienkripsi menggunakan protokol ECDH.

Di Indonesia, 1 dari 4 pengguna LINE menggunakan layanan ini dan hampir semua panggilan atau sekitar 95.1 persen dilakukan oleh pengguna Indonesia ke pengguna Indonesia lainnya. Tujuan panggilan lainnya yang dilakukan adalah Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Jepang dan Singapura.

Rata-rata pengguna LINE Indonesia menghabiskan lebih dari lima menit untuk panggilan telepon alias suara, sedangkan lebih dari tujuh menit dihabiskan pada panggilan video call. Bahkan, jika perangkat yang digunakan terkoneksi ke WiFi, pengguna bisa menghabiskan lebih dari 9 menit untuk panggilan suara dan 10 menit untuk video call.

Durasi panggilan total di LTE dan jaringan WiFi semua pengguna meningkat 60% dari bulan Agustus sampai Desember 2017. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa para pengguna telah matang dalam menggunakan fitur VoIP dari LINE. Total jumlah panggilan yang berhasil juga meningkat sebesar 44 persen dari bulan Agustus sampai Desember 2017.

Tags: , , , , ,


COMMENTS