March 13, 2018

Hapus Pesan WhatsApp Diperpanjang Jadi Satu Jam

Penulis: Iwan RS
Hapus Pesan WhatsApp Diperpanjang Jadi Satu Jam  

Mobitekno – Berdasarkan informasi (tweet) WABetaInfo terbaru, pengembang WhatsApp akan memperpanjang durasi (time frame) bagi pengguna agar dapat menghapus pesan yang ingin dibatalkannya karena berbagai alasan.

Waktu maksimal (paling lama) yang disediakan akan menjadi satu jam, terhitung mulai dari pengguna mengirimkan pesan ke pengguna/grup lain. Satu jam adalah durasi ‘kasarnya’. Tepatnya menurut WABetaInfo adalah 1 jam, 8 menit, 16 detik.

Penambahan waktu untuk menghapus pesan ini terbilang lama jika dibandingkan batasan waktu 7 menit yang diberlakukan WhtasApp sebelumnya di akhir tahun lalu.

Meski penambahan batasan waktunya terbilang cukup signifikan, pihak WhatsApp belum banyak mengumbar perubahan aturan ini secara luas. Pemilihan durasi waktu 1 jam, 8 menit, 16 detik (4.096 detik) disebut sebagai hasil dari operasi 2 pangkat 12 (2^12).

Diperkirakan, pihak WhatsApp juga sedang menguji fitur baru agar penguna dapat mengatur batas waktu pesan (time-limited message) yang muncul di aplikasi. Fitur pesan dengan limitasi waktu ini sebelumnya sudah disedikanan di lananan/aplikasi messaging lainnya, seperti Telegram.

Tersedianya waktu kurang lebih satu jam ini bagi pengguna WhastApp sebenarnya sudah relatif cukup untuk berpikir atau menimbang-nimbang apakah pesan yang dikirimkannya sudah benar dan tidak menimbulkan kegaduhan tertentu.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS