March 18, 2017

Jobplanet: Wanita yang Berkiprah di Industri TI di Indonesia Semakin Banyak

Penulis: Eko Lannueardy
Jobplanet: Wanita yang Berkiprah di Industri TI di Indonesia Semakin Banyak  

MOBITEKNO – Penerapan Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi perhatian setiap perusahaan dan pelaku bisnis di masa kini. Bukan hanya untuk menunjang kelancaran bisnis dan operasional perusahaan, TI juga mempermudah penyimpanan dan pengolahan data untuk menunjang proses pengambilan keputusan dan perencanaan strategi perusahaan.

Berdasarkan penelusuran di situsnya, Jobplanet (Jobplanet.com) mengelompokkan beberapa profesi di bidang TI sesuai dengan ranah kerjanya. Dari survei yang dilakukan sejak Januari 2016 hingga Februari 2017, Jobplanet melibatkan responden karyawan pria dan wanita yang bekerja di bidang TI.

Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan hal yang cukup menarik, karyawan wanita mendominasi survei yang dilakukan oleh Jobplanet. Dari 7.500 orang responden karyawan TI yang ikut serta dalam survei ini, sebanyak 64% di antaranya adalah wanita dan sisanya, yakni 36% adalah pria.

"Jika menilik lebih dalam lagi informasi yang terkumpul di Jobplanet.com, responden karyawan wanita mendominasi beberapa bidang profesi TI, yakni bidang Graphic Design, Digital Content, Project Management, Data Analysis, dan IT Quality Assurance," ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Sebagai gambaran, perbandingan jumlah karyawan wanita dan pria yang bekerja di bidang Graphic Design dalam survei ini adalah sebesar 65:35, Digital Content sebesar 63:37, Project Management sebesar 62:38, Data Analyst sebesar 59:41, dan perbandingan karyawan wanita dan pria di bidang IT Quality Assurance sebesar 55:45.

"Dulu, bidang TI sering dipandang sebagai bidang yang didominasi oleh pria. Namun, survei Jobplanet ini menunjukkan bahwa saat ini sudah banyak pula wanita di Indonesia yang berkiprah di bidang TI. Hal ini juga menunjukkan bahwa banyak perusahaan sudah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada karyawan wanita untuk mengisi posisi-posisi penting di bidang TI," pungkas Kemas.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS