March 2, 2017

Mau Tahu Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi? Inilah Survei Jobplanet

Penulis: Eko Lannueardy
Mau Tahu Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi? Inilah Survei Jobplanet  

MOBITEKNO – Setiap pekerja memiliki tanggung jawab yang berbeda, tergantung pada profesi dan posisinya mereka di organisasi atau perusahaan. Tanggung jawab ini pula yang turut menentukan seberapa besar tekanan yang harus mereka hadapi. 

Umumnya, semakin besar tanggung jawab seorang pekerja, semakin besar pula tekanan dan tingkat stres yang ia rasakan. Tentu tekanan pekerjaan adalah hal yang umum dirasakan oleh karyawan. 

Biasanya, tekanan tersebut bersifat sementara atau situasional. Meski begitu, ada beberapa profesi yang dituntut untuk “akrab” dengan tekanan dan tingkat stres tinggi. Namun, ada pula profesi-profesi yang tampaknya menyenangkan karena cukup jauh dari stres.
 
Berdasarkan survei dan risetnya, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, menyusun daftar profesi di Indonesia dengan tingkat stres paling tinggi dan paling rendah. 

Survei diikuti oleh 86.000 responden karyawan dan pekerja melalui situs Jobplanet.com sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017. Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan berasal dari berbagai industri serta profesi.
 
Dalam riset tersebut, Jobplanet menganalisis tingkat stres pekerja berdasarkan penilaian mereka terhadap faktor work-life balance (keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan). 

Pekerja dengan tingkat stres paling tinggi memiliki profesi dengan rata-rata tingkat work-life balance di bawah 3,00. Sementara pekerja dengan tingkat stres paling rendah memiliki profesi dengan rata-rata tingkat work-life balance di atas 3,50.
 
Perlu diketahui, tingkat kepuasan karyawan terhadap work-life balance dalam survei Jobplanet dinilai dari skala 1,0 hingga 5,0 di mana nilai 1,0 mewakili penilaian “sangat rendah”, nilai 3,0 mewakili “sedang”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat tinggi”.
 
"Work-life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadi mereka," papar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia. 

Ditambahkan oleh Kemas, besarnya tanggung jawab yang dirasakan oleh karyawan berbanding terbalik dengan tingkat work-life balance mereka. Semakin besar tekanan, semakin tinggi pula tingkat stres karyawan, dan akan semakin rendah tingkat work-life balance merek.
 
Berdasarkan riset ini, Jobplanet menemukan bahwa tiga profesi teratas dengan tingkat stres paling tinggi adalah Public speaker (2,33), Pengasuh anak (2,50), dan Petugas kesehatan gigi (2,50). 

Sementara tiga profesi lainnya dengan tingkat stres paling rendah adalah Insinyur mikroelektronika (4,17), Pengacara hak cipta (4,10), dan UI/UX developer (3,90).

Profesi-profesi dengan tingkat stres paling tinggi

""

Profesi-profesi dengan tingkat stres paling rendah

""

 

Tags: , , , ,


COMMENTS