April 3, 2017

Jobplanet: Inilah 5 Industri Paling Banyak Buka Lowongan Kerja di Awal 2017

Penulis: Eko Lannueardy
Jobplanet: Inilah 5 Industri Paling Banyak Buka Lowongan Kerja di Awal 2017  

MOBITEKNO – Banyak orang menjadikan momen menjelang akhir tahun sebagai saat untuk mencari kesempatan kerja di tempat yang baru. Meski begitu, banyak pula pencari kerja yang tak mengenal waktu mencari kesempatan untuk mengembangkan karier di tempat yang lebih baik.

Hal itu mendorong Jobplanet (Jobplanet.com) melakukan riset untuk menganalisis industri apa saja yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan, serta bidang profesi apa saja yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di awal tahun ini.

Riset dilakukan berdasarkan informasi lowongan kerja yang terdapat di Jobplanet.com pada kuartal pertama tahun 2017 (Q1-2017), atau sejak Januari hingga pertengahan Maret 2017. 

"Berdasarkan analisis Jobplanet, ada lima industri yang paling banyak membuka kesempatan bagi para pencari kerja dalam tiga bulan pertama di tahun 2017," ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Ditambahkan oleh Kemas, kelima industri tersebut adalah manufaktur, industri pelayanan, industri ritel dan distribusi, industri teknologi informasi (TI), serta industri konstruksi dan bangunan.

Perlu diketahui, konten lowongan kerja yang dipasang di Jobplanet.com sejak Januari hingga pertengahan Maret 2017 berjumlah sekitar 11.000.

Dalam persentase, industri yang paling banyak membuka lowongan kerja dalam periode tersebut adalah manufaktur (21%) dan industri pelayanan (21%), diikuti oleh ritel dan distribusi (19%), TI (13%), serta konstruksi dan bangunan (7%).

Sementara itu, jenis-jenis pekerjaan yang lowongannya paling banyak dibuka adalah pekerjaan yang berhubungan dengan bidang pemasaran atau marketing (11,8%), keuangan dan akuntansi (11,7%), penjualan atau sales (10,3%), administrasi (10,3%), serta TI (8,4%).

Lowongan kerja di di bidang pemasaran misalnya, mencari tenaga telemarketing, analis pasar, digital marketing specialist, dan staf pemasaran produk. Lowongan di bidang keuangan dan akuntansi, antara lain dibuka untuk posisi akuntan, auditor, dan teller bank.

Di bidang penjualan, lowongan kerja yang paling banyak dibuka antara lain untuk posisi staf sales executive dan sales ritel. Lowongan kerja di di bidang administrasi, antara lain untuk posisi staf admin dan sekretaris. 

Dalam risetnya ini, Jobplanet juga menganalisis industri apa saja yang diminati oleh pencari kerja selama Q1-2017. Analisis dilakukan berdasarkan jumlah kunjungan ke laman-laman informasi lowongan kerja di Jobplanet.com.

Jobplanet menemukan bahwa lima industri yang paling diminati oleh pencari kerja selama Q1-2017 adalah industri manufaktur (29%), pelayanan (20%), ritel dan distribusi (14%), TI (8%), serta perbankan dan keuangan (8%).

“Meski tak banyak membuka lowongan pekerjaan, industri perbankan dan keuangan termasuk dalam industri yang paling diminati oleh pencari kerja. Banyak orang memandang perbankan sebagai industri yang bergengsi," pungkas Kemas.

Tags: , , ,


COMMENTS