February 9, 2017

OLX Indonesia Tampil dengan Wajah Baru

Penulis: Karyo
OLX Indonesia Tampil dengan Wajah Baru  

MOBITEKNO – Industri e-commerce sudah memasuki tahap di mana para pelaku harus mengambil posisi dan menentukan perannya. Kondisi masyarakat sekarang sudah berbeda dengan beberapa tahun lalu. "Mereka adalah masyarakat mobile. Dan, mereka adalah target pasar yang sangat besar dan akan terus menjadi lebih besar selama beberapa tahun ke depan," ujar Daniel Tumiwa, Chief Executive Officer OLX Indonesia, saat memberikan paparan pada saat peluncuran wajah baru OLX dengan tagline The All New OLX, di Jakarta, Selasa ( 7/02/2017 ).

Atas dasar itulah OLX yang telah eksis di Indonesia selama 11 tahun itu, kini menampilkan wajah barunya seusai dengan trend gaya hidup mobile kaum millenial. Selama itu pula, bisnis OLX yang terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu menurut Daniel OLX  dituntut untuk terus melakukan inovasi sesuai dengan tuntutan perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini.

Menurut Daniel pertumbuhan bisnis OLX ditandai dengan banyaknya nilai transaksi barang yang terjual berdasarkan hasil riset. “Sepanjang tahun 2016, setiap bulannya OLX telah membantu 1.4 juta transaksi melalui platform-nya, dengan nilai transaksi mencapai Rp31 Triliun, sementara tahun 2015 nilainya baru 12 Triliun. Itu artinya mengalami kenaikan sebesar 163 %,” ujar Daniel. Sedangkan jumlah barang terjual rata-rata per bulan mengalami kenaikan sebasar 28%  dari 1,1 juta tahun 2015 menjadi 1,4 juta pada tahun 2016.

Sementara itu, masih menurut data dari hasil riset tersebut , pangsa pasar OLX  menguasai 67%, berdasarkan hasil survey terhadap oarang-orang yang menjual barang-barang bekas. Sementara 33% lainnya kanal medsos, atau lainnya.

Menurut Edward Kilian, Chief Marketing Officer OLX Indonesia, dari hasil riset tersebut jumlah pengunjung OLX tahun 2016 mencapai lebih dari 20,1 juta pengunjung rata-rata tiap bulannya.  Sementara penjual aktif rata-rata tiap bulannya mengalami peningkatan sebesar 25 % dari tahun sebelumnya. Dari 720.000 pata tahun 2015 menjadi 900.000 tahun 2016. Sedangkan pengguna aktifnya mengalami kenaikan sebesar 61%, dari 620.000 pengguna tahun 2015 menjadi 1000.000 tahun 2016. Untuk iklan baru rata –rata tiap harinya mengalami kenaikan sebesar 40%, dari 120.000 menjadi 170.000 pada tahun 2016.

Oleh karena itu menurut Daniel, OLX yang telah menjadi platform iklan baris terbesar di Indonesia ini, kini mendefinisikan ulang platform iklan baris online dengan konsep yang lebih dinamis, simple, praktis serta lebih banyak menampilkan unsur visual.

“Masyarakat mobile adalah orang-orang yang tertarik pada visual, mereka adalah treasure hunter—yang membeli barang secara impulsif. "Kami menyebut hal ini sebagai gaya hidup nggak suka, nggak ingin, tetapi beli," ujar Daniel.

Sebelumnya, OLX didominasi oleh kaum pria berumur 30 tahun dan lebih. Kini para pengguna OLX adalah mission seeker, yang tidak membeli barang secara impulsif. Kelompok orang-orang ini, masuk ke platform OLX dengan misi yang sangat jelas.

Kini tampilan baru OLX menonjolkan konsep hyperlocal, hypersimple, C2C, dan trust. Konsep-konsep ini dikembangkan OLX berdasarkan pengamatannya terhadap masyarakat mobile. OLX membawa tampilan halaman muka yang lebih simple dan penuh dengan visual.

Halaman muka ini juga membawa konsep hyperlocal, di mana barang yang ditampilkan adalah barang-barang terdekat yang dijual di sekitar pengguna. Dengan tampilan muka semacam ini, para pengguna dapat bertransaksi dengan lebih praktis karena tidak perlu pergi terlalu jauh untuk melakukan cash on delivery (CoD).

Dengan adanya tiga konsep tersebut, menurut  Danie, OLX optimistis semakin banyak orang dapat memanfaatkan OLX untuk jual-beli, terutama untuk pengguna individu (customer to customer). OLX juga mempermudah langkah untuk menjual barang dengan tidak mewajibkan penjual mengisi deskripsi. Ini membuat proses menjual barang lebih simpel dan dapat diselesaikan hanya dalam tiga puluh detik.

Untuk membantu mengatasi masalah  trust (kepercayaan) antara pembeli dan penjual, dengan aplikasi dan tampilan terbaru  tersebut  OLX menawarkan log-in dengan menggunakan akun Facebook atau Google, sehingga profil pengguna dapat diketahui oleh calon pembeli atau penjual.Perubahan ini, menurut Daniel, dilakukan berdasarkan riset yang dilakukan OLX, sejak beberapa bulan lalu. Hasil riset ini kemudian diimplementasikan pada sebuah tampilan aplikasi Android yang diluncurkan saat ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS