December 27, 2016

Pengapalan Tiga Produsen Smartphone ini Tak Mencapai Target

Penulis: Eko Lannueardy
Pengapalan Tiga Produsen Smartphone ini Tak Mencapai Target  

MOBITEKNO – Cukup mengejutkan! Tiga produsen teknologi asal Taiwan, yakni ASUS, HTC dan Acer dilaporkan meleset alias tak memenuhi target untuk memasarkan smartphone di tahun 2016 ini, terutama di pasar global.

Beberapa sumber menyebutkan, ASUS yang menargetkan 25 juta unit smartphone di jual hingga akhir tahun ini, ternyata hanya mampu mengapalkan sebanyak 20 juta unit.

Laporan lainnya menyebutkan, ASUS juga kalah bersaing untuk memasarkan beberapa produknya di pasar Tiongkok, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa. Hal itu juga dipengaruhi dengan tertundanya produk ZenFone 3 Series.

Di Tiongkok, ASUS tak mampu bersaing secara efektif dengan merek lokal dan sepertinya persaingan akan terus berlanjut di tahun depan, terutama terkait dengan harga yang ditawarkan.

Tak berbeda dengan ASUS, HTC juga mengalami hal yang sama. Di tahun 2016 ini, HTC hanya mampu mengapalkan smartphone sebanyak 12 juta unit. Padahal, di tahun sebelumnya HTC masih berada dikisaran 18 juta unit.

Tak hanya di Tiongkok, HTC pun mengalami penuruanan penjualan di pasar Amerika Serikat dan Eropa. Bahkan banyak analis yang memperkirakan, sulit bagi HTC untuk bersaing di tahun 2017 nanti.

Acer pun tak mampu berbicara banyak. Di tahun 2016 ini, Acer hanya mampu mengapalkan smartphone kurang dari 5 juta unit, jauh dari target awal yakni 10 juta unit. Di tahun depan, Acer harus mampu menghadapi jalan yang terus "bergelombang".

Para analis menyimpulkan, jika ketiganya ingin kembali menguasai pasar smartphone global, baik ASUS, HTC dan Acer harus mampu menyajikan satu hal yang disukai oleh banyak konsumen, yakni inovasi.

Sumber: Digitimes

Tags: , , , , ,


COMMENTS