May 23, 2016

Google Patenkan Solusi Perekat pada Mobil Otonom untuk Lindungi Korban Tabrakan

Penulis: Desmal Andi
Google Patenkan Solusi Perekat pada Mobil Otonom untuk Lindungi Korban Tabrakan  

MOBITEKNO – Sebuah solusi yang agak unik dikeluarkan Google untuk menyelamatan para korban pejalan kaki dari dampak lanjutan akibat tertabrak oleh mobil. Solusi ini bahkan sudah dipatenkan oleh Google dengan nama “Adhesive Vehicle Front End for Mitigation of Secondary Pedestrian Impact”.

Ya, solusi ini bekerja setelah pejalan kaki tertabrak kendaraan. Jadi, sistem yang ada akan mengamankan korban tabrakan dari bahaya berikutnya. Biasanya, pada setelah korban tertabrak mobil, tubuh bisa terpental ke arah lainnya sehingga dapat menumbulkan risiko lanjutan, seperti terbentur aspal atau terkena benturan lain dari benda di sekitarnya. Sistem keselamatan yang dibuat Google ini berupa perekat tambahan yang dipasang atau ditambahkan pada bagian depan mobil otonom. Jadi, saat mobil menabrak pejalan kaki, tubuh korban bisa menempel erat pada bagian depan mobil. Sistemnya mirip dengan lakban bolak-balik yang digunakan sebagai perekat jebakan lalat.

Fitur atau teknologi Google ini dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi standar keamanan berkendara. Menurut Google, "Lapisan perekat mungkin dibuat dari bahan yang sangat lengket dan beroperasi dengan cara mirip dengan kertas lalat atau lakban dua sisi. Namun, adhesi dari pejalan kaki untuk pejalan kaki yang tertabrak bisa mencegah korban memantul dari kendaraan setelah dampak tabrakan pertama. Jadi, solusi ini dapat membantu mencegah cedera dari dampak sekunder dengan permukaan jalan atau benda lainnya.”

Sumber: carscoops

Tags: , ,


COMMENTS