May 23, 2016

Chip Samsung 10nm 6GB LPDDR4 DRAM Bikin Ponsel Lebih Bertenaga dan Baterai Tahan Lama

Penulis: Abdillah
Chip Samsung 10nm 6GB LPDDR4 DRAM Bikin Ponsel Lebih Bertenaga dan Baterai Tahan Lama  

MOBITEKNO – Dengan perkembangan chip memori yang semakin berkapasitas besar, efisien, dan semakin bertenaga, para vendor seakan-akan berlomba menawarkan RAM paling besar pada produk baru mereka. Sebut saja Zuk Z2 yang sudah dilengkapi dengan kapasitas memori RAM 6GB, serta rumor OnePlus 3 yang juga memiliki RAM 6GB. Terkait dengan hal tersebut, Samsung mengambil pendekatan yang berbeda dengan merilis chip memori 10nm 6GB LPDDR4 DRAM.

Apa yang berbeda? Memori Samsung diproduksi pada arsitektur 10nm, artinya dikemas ke dalam bentuk yang lebih kecil atau seukuran 10 nanometer (0.000000001m). Chip memori DRAM ini akan memberikan efisiensi yang lebih baik serta sebagai sumber tenaga untuk gelombang berikutnya dari industri smartphone dan tablet. Chip memori yang diproduksi pada arsitektur 10nm adalah cerita yang sama sekali baru. Semakin banyak RAM yang hadir dalam perangkat mobile atau bahkan komputer, semakin besar konsumsi power yang dibuuhkan. Akhirnya, hal ini akan menjadi salah satu alasan mengapa pengguna tidak dapat menjalankan ponsel untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dengan arsitektur 10nm 6GB LPDDR4 DRAM berarti ponsel tidak hanya akan memiliki RAM lebih besar dari notebook, tetapi juga dapat melakukan banyak pilihan multitasking yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Lalu arsitektur yang membaik juga berarti bahwa daya tahan baterai dapat bertahan lebih lama. Itulah sebabnya cara terbaik untuk menjaga daya tahan baterai adalah untuk membuat chip berdaya tinggi dalam ukuran yang lebih kecil dan lebih efisien. Tidak hanya meninggalkan lebih banyak ruang di perangkat khusus untuk baterai, tetapi juga menjamin bahwa power akan digunakan lebih efisien.

Meskipun belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Samsung, namun beberapa informasi menyebutkan bahwa chip memori arsitektur 10nm ini 6GB LPDDR4 ini akan digunakan untuk smartphone Samsung Galaxy Note 6. Seperti diketahui, Samsung merupakan raksasa di ranah memori flash, dan dengan permulaan dari chip ini, mereka akan tetap menjaga posisi di tahun-tahun mendatang.

 

Tags: , ,


COMMENTS