March 23, 2016

Ojek 3D, Terkunci, dan Stellarity: Pemenang dalam Ajang ‘Lenovo Virtual Reality Challenge’

Penulis: Desmal Andi
Ojek 3D, Terkunci, dan Stellarity: Pemenang dalam Ajang ‘Lenovo Virtual Reality Challenge’  

MOBITEKNO – Dalam ajang Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, belum lama ini, banyak pihak yang menyatakan bahwa tahun 2016 ini merupakan tahun untuk dimulainya dunia Virtual Realiy. Berbagai pengembang, baik hardware maupun software sudah mencoba untk membuat perangkat yang mendukung teknologi virtual reality ini.

Menjelang kehadiran Lenovo VIBE K4 Note dan ANT VR di Indonesia, Lenovo pun mencoba menarik perhatian para developer tanah air dengan menantang mereka untuk membuat aplikasi atau game menarik berbasis virtual reality. Menggandeng Dicoding, startup yang bergerak pada pengembangan aplikasi mobile dari para developer menyelenggarakan tantangan tersebut dengan tema “Lenovo Virtual Reality Challenge”. Program ini sudah dimulai sejak awal Maret 2016 dan tiga karya terbaik akan menjadi pemenanganya.

Ketiga game pemenang yang berbasis virtual reality ini ditampilkan dalam acara peluncuran Lenovo VIBE K4 Note. Bahkan, semua perlengkapan disiapkan untuk mendukung game tersebut sehingga nuansa virtual reality bisa didapat oleh para undangan yang mencobanya. Ketiga game yang menjadi pemenang adalah Crazy Ojek 3D VR dari Solite Studio, Terkunci: Episode 1 dari Agate Jogja, dan Virtual Stellarity: VR Edugame dari Arsa Kids. Ketiga game init erpilih sebagai pemenang karena berhasil mengaplikasikan teknologi virtual reality dengan baik. Game ini akan mengajak pemain berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dalam dunia maya.

“Antusiasme developer dalam menyambut tantangan VR dari Lenovo sangat luar biasa,” ujar Narenda Wicaksono, CEO Dicoding. “Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menyediakan platform VR seperti Google, membuat para developer dimudahkan dalam memilih platform, walaupun proses pembuatannya tetap tidak mudah,” tambah Narenda.

Untuk mengoptimalkan pengembangan game VR oleh para developer, Dicoding dan Lenovo memberikan beberapa fasilitas penduung berupa perangkat VR dan Dicoding Space yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama periode lomba berlangsung. Seluruh karya game dari ajang ini dapat di-download dengan gratis melalui Play Store di perangkat Android.

Tags: , , , ,


COMMENTS