September 21, 2016

Serius Masuk Indonesia, Wuling Jadi Anggota Gaikindo

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Serius Masuk Indonesia, Wuling Jadi Anggota Gaikindo  

MOBITEKNO – Jejak rekam perusahaan otomotif Tiongkok di Indonesia selama ini bisa dikatakan kurang positif. Beberapa kali kita dengar produsennya datang dan pergi dari pasar Tanah Air karena belum bisa berkomitmen seperti halnya perusahaan Jepang yang sudah bercokol puluhan tahun di Indonesia.

Tidak heran, rencana Wuling Wuling Motors (Wuling) untuk memasarkan dua mobil MPV andalannya, Hongguang S1 dan Baojun 730, dengan skema CKD  tahun depan masih dianggap sebelah mata oleh berbagai pihak.

Wuling bukan tidak menyadarinya. SGMW Motor Indonesia sebagai perwakilan Wuling di Indonesia sudah menegaskan komitmennya dengan menyiapkanan investasi US$ 700 juta dan mendirikan pabrik seluas 60 hektar di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat.

Berbekal keyakinan bahwa masyarakat Indonesia masih butuh mobil yang terjangkau, Wuling pun juga berpartisipasi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, ICE Convention, BSD City, Tangerang. Animo pengunjung terhadap kedua mobilnya, Hongguang dan Baojun, terlihat dari booth Wuling yang selalu ramai sepanjang pameran di GIIAS 2016 pada Agustus lalu.

Sebagai bentuk komitmen lainnya, Wuling Motors juga menyatakan telah bergabung menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Presiden Wuling Motors, Xu Feiyun, dalam rilisnya menyatakan "Kami merasa terhomat dapat menjadi anggota Gaikindo. Keanggotaan kami di Gaikindo mencerminkan antusiasme kami untuk menjadi salah satu pemain otomotif di Indonesia.”

“Kini kami harus bekerja keras untuk membuktikan kualifikasi kami sebagai anggota Gaikindo serta untuk mencapai visi kami menjadi pesaing yang kuat di industri otomotif Indonesia," tegasnya.

Gaikindo melalui Kukuh Kumara, Sekjen Gaikindo, merespons baik bergabungnya Wuling dengan sambutannya, “Kehadiran Wuling di Gaikindo akan membuat organisasi menjadi lebih kuat dan akan membuka peluang lebih besar bagi industri otomotif untuk tumbuh.”

“Selain itu, kesediaan Wuling untuk berinvestasi di Indonesia membuktikan bahwa Indonesia masih memberikan peluang besar bagi para pemilik brand otomotif untuk berkembang sekaligus menyediakan produk dan layanan yang baik untuk masyarakat," tutur Kukuh.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS