June 20, 2016

AMD Siapkan Prosesor Server Opteron dengan 32 ‘Zen’ Core

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
AMD Siapkan Prosesor Server Opteron dengan 32 ‘Zen’ Core  

MOBITEKNO – Arsitektur Zen mulai dipersiapkan AMD untuk berbagai lini prosesornya ke depan. Selain prosesor notebook dan desktop, arsitektur ini pun akan akan dibenamkan pada prossor seri Opteron yang ditargetkan AMD untuk server dan workstation.

Seperti pada prosesor server/workstation umumnya, Opteron membawa karakterisitk, seperti dukungan pada jumlah core yang banyak (multi-core) dan kapasitas RAM yang besar, dan beragamnya pilihan standar I/O dan add-in board.

Dengan demikian, arsitektur Zen pada prosesor AMD Opteron akan tersedia dalam varian 2, 4, 16, dan 32 core. Komposisi dual thread pada setiap core-nya secara otomatis akan menghasilkan berturut-turut 4, 8, 32, dan 64 thread pada setiap varian Opteron tersebut.

Menurut data teknis AMD, prosesor Opteron berbasis Zen in akan memiliki TDP mulai dari 35 W hingga 180 W. Apabila dibandingkan dengan prosesor server Intel Xeon E7-8890 v4 (Broadwell-EX 24 core, TDP 165 W), varian tertinggi AMD Opertron (32 core) masih unggul dalam jumlah core (ekstra 8 core).

Prosesor dengan jumlah core yang banyak biasanya diimpemetasikan pada sever-server data center untuk menjalankan berbagai aplikasi cloud (parallel computing) yang akan terus bertumbuh di tahun-tahun mendatang.

Operteron berbasis Zen diperkirakan akan datang dengan dukungan standar I/O PCIe 3.0 128 lanes. Namun, belum dapat dipastikan apakah dukungan pada standar PCIe 3.0 128 lane tersebut per socket-nya atau secara total. Selain itu, Operon juga mendukung koneksi Ethernet hingga 10-Gigabit yang sangat dibutuhkan pada server yang menjalankan banyak virtualization task.

Jadwal rilis resmi Opteron berbasis Zen diperkirakan akan digulirkan tahun depan setelah AMD meluncurkan prosesor Zen untuk high-end desktop. Varian lengkap dari Opteron terbaru ini masih menunggu konfirmasi resmi AMD. Hal ini mengingat tidak hadirnya varian Opteron dengan 8 core dan masih adanya varian Opteron dengan 2 core.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS