July 15, 2016

Nissan Kenalkan ProPilot, Sistem Mengemudi Semi-Otonom Terjangkau

Penulis: Abdillah
Nissan Kenalkan ProPilot, Sistem Mengemudi Semi-Otonom Terjangkau  

MOBITEKNO – Seperti yang telah dijanjikan, Nissan akhirnya memperkenalkan sistem mengemudi semi-otonom pertama tahun ini. Pihak perusahaan menyebutnya dengan nama ProPilot. Sistem ini rencananya akan diperkenalkan untuk pertama-kalinya pada model Serena.

Dalam keterangan yang didapat pihak Nissan, sistem ini dapat membantu pemilik kendaraan saat berkendara di jalan raya. Seperti sistem navigasi semi-otonom milik Audi dan Honda, ProPilot dapat membantu mengarahkan, mengerem, dan melakukan akselerasi secara otomatis. Sistem semi-otonom Nissan ini sepenuhnya otomatis, tidak bergantung pada radar atau sensor LIDAR.

Nissan juga mengakan, bahwa mereka menggunakan kamera tunggal yang diklaim dapat menilai kedua marka jalan dan jarak mobil secara akurat dalam "kedalaman tiga dimensi". Dengan kamera, Nissan menggunakan sebuah metode yang lebih murah di industri self-driving. Seperti sistem Auto Pilot yang dimiliki Volvo saat ini, fungsi sistem ProPilot dari Nissan akan berjalan saat ada mobil yang berada di depan.

Ketika kecepatan kendaraan di bawah 50 km/jam, ProPilot tidak dapat bekerja tanpa pelacakan mobil lain di jalan. Dalam lalu lintas konstan, sistem dapat bekerja antara 30 km/jam hingga 100 km/jam. Itu merupakan batas kecepatan maksimum yang mereka terapkan di Jepang. Untuk wilayah lain seperti Amerika Serikat, Nissan akan mengaktifkan ProPilot dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Tidak seperti sistem saat ini yang memerlukan input kemudi, ProPilot dirancang untuk menjadi sistem otonom sepenuhnya. Nissan sendiri belum menginformasikan kapan sistem ini akan diluncurkan. Menurut CarandDriver, mereka masih menunggu hasil dari kasus sistem Autopilot semi-otonom Tesla yang sekarang sedang diselidiki pihak federal.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS