September 14, 2016

Update ke iOS 10, Beberapa Perangkat Apple Dikabarkan Mengalami ‘Brick’

Penulis: Desmal Andi
Update ke iOS 10, Beberapa Perangkat Apple Dikabarkan Mengalami ‘Brick’  

MOBITEKNO – Apple sudah merilis sistem operasi terbare mereka, iOS 10. Beberapa produk Apple mulai dari varian iPhone 5, iPhone 6, iPad 4 dan iPad Air terbaru pun dapat menggunakan sistem operasi baru ini. Ada banyak perubahan dan peningkatan kinerja dari iOS 10 dibandingkan OS sebelumnya, seperti tampilan baru lock screen, notifikasi, fungsi 3D Touch yang lebih nyaman, Siri, hingga peningkatan pada aplikasi fotografi. Namun, dilaporkan oleh GSMArena, ternyata ada beberapa produk Apple mengalami masalah saat meng-update OS terbaru ini. Perangkat mereka mengalami brick atau hang.

Kasus brick ini memang tidak banyak. Namun, jika pembaca ada yang mengalami masalah ini, langkah-langkah berikut ini bisa dicoba untuk keluar dari masalah tersebut:

  1. Koneksikan iPhone atau iPad Anda yang mengalami brick ke iTunes.
  2. Selanjutnya, lakukan proses restart secara paksa. Caranya, tekan tombol ‘Power’ bersamaan dengan tomboll ‘Home’ selama kurang ebih 10-15 detik. Langkah ini agar device membuka mode recovery.
  3. Jika berhasil masuk ke mode recovery, di layar akan muncul opsi ‘Restore’ atau ‘Update’. Nah, untuk opsi ini pilihlah ‘Restore”. Pilihan ini akan menghapus file-file baru yang hadir di sistem lama. Jadi, kondisi OS akan kembali ke keadaan terbaik sebelum proses update dilakukan.
  4. Setelah proses ‘Update’ selesai, device akan kembali menyala. Seterusnya, lakukan proses setting seperti biasa.

Agar proses update berjalan dengan baik, ada baiknya sebelum melakukan update, lakukan proses backup iOS ke dalam PC atau perangkat Mac. Namun, jika Anda tidak memiliki PC atau Mac, backup bisa dilakukan ke iCloud atau layanan cloud storage lainnya yang mencukupi. Sementara untuk foto-foto yang ada di perangkat iPhone dan iPAd, Anda bisa mem-backup-nya ke Google Photos karena Google Photos sudah dapat beerja dengan baik dengan iOS.

Isu mengenai masalah brick pada perangkat Apple ini pun telah sampai ke kantor Apple. Melalui account @reneritchie, sebuah statement dari Apple menginformasikan kepada para pengguna produk Apple yang mengalami masalah dengan udate dan koneksi ke iTunes, sebaiknya mereka menghubungi Apple Care untuk meminta bantuan Apple. Di statement ini Apple pun memohon maaf dengan adanya kejadian ini.

Tags: , , ,


COMMENTS