January 7, 2016

Kia Motors akan Produksi Fully Autonomous Car di Tahun 2030

Penulis: Desmal Andi
Kia Motors akan Produksi Fully Autonomous Car di Tahun 2030  

MOBITEKNO – Dalam menyongsong era mobil otomatis, tampaknya Kia Motors akan mengembangkannya secara bertahap. Dimulai pada awal tahun ini dengan meluncurkan program Drive Wise sebagai Intelligent Assistance untuk berkendaraa di asa depan, Kia Motors berencana untuk mengembangkan lebih lanjut program ini dengan memproduksi mobil Partially Autonomous pada tahun 2020. Setelah itu, baru pada tahun 2030, Kia Motors akan beralih ke Fully Autonomous.

Di tahun 2020, Kia bermmaksud untuk memperkenalkan mobil Partially Autonomous pertama dengan mengusung teknologi Drive Wise yang dibangun melalui sistem Driver Assistance generasi saat ini. Teknologi canggih yang dalam pengembangan Kia ini dapat mempersiapkan pengemudi pada level kesadaran terbaiknya, mengantisipasi, dan bereaksi sesuai kondisi jalan sehingga potensi bahaya dapat diminimalkan. Dengan adanya teknologi ini, mobil dapat mengurangi adanya bahaya lanjut, stres pada pengemudi, hingga berbagai kerumitan yang bisa menyelimuti pengemudi saat di jalan raya. Drive Wise memungkinkan pemiliknya untuk lebih fokus pada rasa nyaman dalam mengemudi.

Di CES 2016, teknologi Drive Wise masa depan milik Kia Motors ini akan ditampilkan lengkap dengan berbagai sistem pendukungnya, seperti Highway Autonomous Driving, urban Autonomous Driving, Preceding Vehicle Following, Emergency Stop System, Traffic Jam Assist, dan Autonomous Parking & Out Function.

Teknologi Drive Wise juga memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara pengemudi dan kendaraan dengan fungsi baru dalam Human Machine Interface (HMI) seperti melalui kontrol gesture, sidik jarim dan koneksi device-device pintar. Ditampilkan dalam layar I-Cockpit khusus di CES 2016, generasi terbaru HMI dari Kia ini didasarkan pada konsep blind control dengan fingerprint touchpad dan gesture recognition yang digunakan untuk mengoperasikan kontrol mobil.

Setelah semua teknologi ini dapat diserap dengan baik oleh para konsumen Kia dan Kia sendiri sudah melakukan berbagai pengujian pada kendaraan otomatisnya, dalam jangka waktu 15 tahun dari sekarang, Kia Motors baru mewujudkannya dalam kendaraan fully autonomous. Kia Motors sendiri sudah mengantongi izin untuk menguji kendaraan otomatisnya di jalan raya Nevada, Amerika Serikat. Semua kendaraan listrik Kia Soul EV (mobil listrik pertama yang dijual secara global oleh perusahaan) bertindak sebagai alat pengujian merek untuk pengembangan teknologi Drive Wise generasi terbaru.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS