July 5, 2016

Smartphone Lenovo Berlayar Fleksibel Baru akan Dirilis Lima Tahun Lagi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Smartphone Lenovo Berlayar Fleksibel Baru akan Dirilis Lima Tahun Lagi  

MOBITEKNO – Smartphone dan tablet dengan layar yang bisa ditekuk secara bebas (fleksibel) menjadi salah satu inovasi yang dianggap menarik bagi para produsen. Salah satu produsen yang diketahui sudah memulai pengembangan layar fleksibel atau e-paper display adalah Samsung, LG, HP, dan Sony.

Di antara produsen tersebut, baru Samsung dan LG saja yang sudah merilis smartphone berlayar melengkung. Samsung dengan smartphone Galaxy Round, LG dengan smartphone G Flex. Meski sudah merilis smartphone dengan layar lengkung, keduanya belum tergolong smartphone berlayar fleksibel murni karena belum dapat dilengkungkan dalam berbagai bentuk.

Samsung sebenarnya diketahui juga menyiapkan smartphone lain yang bukan hanya bisa ditekuk tapi juga dapat dilipat layaknya sebuah kertas. Smartphone yang dikembangkan dalam Project Valley dan berjulukan Galaxy X ini ditargetkan akan hadir di pasar pada awal tahun depan.

Ternyata kini diketahui bukan hanya Samsung yang bersiap dengan smarpthone berlayar lengkung/lipatnya. Lenovo pun sudah mengkonfirmasi ketertarikkan mereka mengembangkan smartphone berlayar lengkung atau bisa dilipat. Bocoran smartphone Lenovo berinisial CPlus ini sempat diperlihatkan di sela-sela cara Lenovo Tech World pada awal Juni lalu.

Menurut Peter Hortensius, CTO Lenovo, CPlus bukan hanya smartphone dengan layar yang bisa ditekuk (bendable screen) tapi keselurahan bodi CPlus bisa dibentuk seperti sebuah gelang atau jam tangan besar. Selain CPLus, Lenovo juga menyiapkan tablet/phablet bernama Folio yang bisa dilipat menjadi dua bagain.

Aymar de Lencquesaing, Co-President Mobile Business Group Lenovo dalam sebuah wawancara dengan CNBC belum lama ini menyatakan bahwa mereka akan merilis smartphone CPlus dalam lima tahun mendatang. Informasi mengenai Cplus sejauh ini baru menyebutkan bahwa smartphone Android tersebut akan tersedia dalam dua varian. Salah satu varian akan memiliki layar berukuran 4,26 inci.

Jadwal rilis Lenovo Cplus yang masih lima tahun lagi ini menjadikan Samsung mungkin menjadi produsen pertama yang akan merilis smartphone dan phablet dengan layar flexible OLED yang bisa ditekuk dan dilipat. Kita tunggu saja kehadirannya di ajang Mobile World Congress Februari tahun depan.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS