August 22, 2016

IDC: Samsung Masih Nomor Satu di India, Micromax Terus Membuntuti

Penulis: Eko Lannueardy
IDC: Samsung Masih Nomor Satu di India, Micromax Terus Membuntuti  

MOBITEKNO – Dalam laporan terbarunya, IDC menyebutkan bahwa pasar smartphone di India dikuasai oleh Samsung. Produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut menguasai 25,1% pasar smartphone di India.

Keberhasilan Samsung menguasai pasar India karena terbantu dengan pendistribusian beberapa produk yang masuk ke dalam seri Galaxy J. Hal ini akan terus berjalan seiring rencana Samsung untuk menggulirkan J2, J5 dan J7 di kuartal kedua 2016.

Diperingkat kedua, ada produsen setempat, yakni Micromax yang berhasil menguasai pasar sebesar 12,9%. Micromax terbantu karena sukses memasarkan perangkat dilevel harga US$ 150 hingga US$ 200 serta suksesnya peluncuran Canvas 6 dan Y Yunicorn.

IDC juga menyebutkan, secara keseluruhan pasar smartphone di India tumbuh hingga 17% dikuartal ini. Tak kalah menarik, untuk penjualan smartphone yang dibuat oleh produsen asal Tiongkok juga mengalami pertumbuhan.

Gabungan dari penjualan produk-produk asal Tiongkok, angkanya tumbuh hingga 28%. Lenovo, Vivo, Xiaomi, OPPO dan Gionee adalah yang berkontribusi besar mendorong pertumbuhan tersebut.

Sampai saat ini, Lenovo adalah satu-satunya produsen samrtphone asal Tiongkok yang mampu memasarkan produknya lebih dari satu juta unit di pasar India pada kuartal ini.

Persaingan pemasaran smartphone di kuartal kedua 2016 di pasar India pun akan semakin ketat. Diperkirakan, Micromax akan terus bertempur melawan Lenovo dan Xiaomi untuk terus membuntuti Samsung.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS