December 24, 2015

Butuh Dua Tahun untuk Hadirkan Mobil Otomatis yang Benar-Benar Siap di Jalan

Penulis: Desmal Andi
Butuh Dua Tahun untuk Hadirkan Mobil Otomatis yang Benar-Benar Siap di Jalan  

MOBITEKNO – Pernyataan ini keluar dari CEO Tesla, Elon Musk, saat melakukan interview dengan Fortune. Elon Musk juga mengatakan bahwa semua teknologi pendukung mobil otomatis sebenarnya sudah siap pada saat ini. Hanya butuh ujicoba dari para teknisi untuk meyakinkan ke masyarakat bahwa semua teknologi ini dapat bekerja baik di jalan raya.

Di Tesla Motors sendiri, belum lama ini mereka telah meng-update software untuk Model S yang memungkinkan pengendalian otomatis bagi mobil di berbagai situasi jalan raya , termasuk jalan lurus dan jalan dengan multi-lajur.

“Kami akan siap untuk membuat mobil yang full otomatis, dan saya pikir semuanya akan tersediaa komplit (teknologi otomatis) dalam dua tahun ke depan,” ujar Elon Musk.

Sebagai persiapan untuk dua tahun ke depan, Tesla Motors sudah menyiapkan Model 3 ke masyarakat luas. Mobil ini rencananya akan diperkenalkan tahun depan, tetapi buka berarti akan siap diproduksi untuk tahun 2017. Model 3 sepertinya akan memiliki teknologi otomatis yang lebih lengkap.

Menariknya, tampaknya perkembangan mobil otomatis bisa terbentur oleh regulasi yang ada di pemerintahan. Bahkan, komentar Elon Musk ini datang tidk lama setelah California mengajukan proposal regulasi baru yang salah satu diantaranya berisi bahwa mobil otomatis tetap harus memiliki setir (kemudi) dan pedal, serta pengemudi berlisensi di belakang kemudi. Hal ini unttuk mencegah terjadinya kontrol yang salah dalam mobil otomatis. Padahal, regulasi seperti ini bisa mengurangi manfaat dari teknologi-teknologi yang sudah diembangkan untuk mobil otomatis.

Sumber: motorauthority

Tags: , , , ,


COMMENTS