October 23, 2015

Acumatica Hadirkan Solusi Lengkap ERP bagi UKM di Era Cloud dan Mobile

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Acumatica Hadirkan Solusi Lengkap ERP bagi UKM di Era Cloud dan Mobile  

MOBITEKNO – Pertumbuhan UKM yang pesat di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia, memikat banyak perusahaan TI mancanegara menawarkan solusi produknya untuk berbagai kebutuhan bisnis UKM.

Salah satunya adalah Acumatica yang dimotori oleh entrepreneur asal Rusia, Serguei Beloussov. Selain di Acumatica, Serguei pun terlibat di organisasi atau perusahaan TI global lainnya, seperti Centre for Quantum Technologies (CQT), Parallels, dan Acronis.

Perusahaan yang bermarkas di Kirkland, Washington, AS ini mengandalkan solusi lengkap software ERP (Enterprise Resource Planning) berbasiskan cloud untuk berbagai usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia yang dianggap mereka sudah mulai mengadopsi teknologi Internet.

Berbagai fitur, keunggulan, dan contoh kasus keberhasilan penerapan software cloud ERP disampaikan langsung oleh Laurent Dedenis, President International Operations, Acumatica dan Kristian Harianja, Partner Enablement Manager JAAS Systems, di hadapan para media belum lama ini di Jakrta (21/10/2015).

Presentasinya di Jakarta tersebut merupakan bagian dari ajang International Integrated Solutions Providers Tour pertama dari Acumatica yang juga dilakukan di kota lainnya di Asia Tenggara, seperti Ho Chi Minh City (Vietnam), Phnom Penh (Kamboja), dan Manila (Filipina).

Ajang yang diharapkan akah dihadiri oleh lebih dari 200 mitra dan pelanggan ini akan menampilkan solusi mobile yang inovatif atau software bisnis berbasis cloud yang dikembangkan pada software ERP Acumatica.

Software ERP dihadirkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri, mulai dari seperti ritel, akuntansi, manufaktur, business intelligence, manajemen gudang, manajemen distribusi dan lain-lain.

Berbagai perusahaan internasional yang diketahui telah menggunakan produk cloud ERP Acumatica antara lain, Abbott Nutrition, KFC, Pizza Hut, Samsung, Singha and Leo Beers, TH True Milk dan lainnya.

Adapun perusahaan di Indonesia yang sudah memakai teknologi cloud ERP Acumatica, seperti PT Classic ExportIndo, importir dan exportir FMCG, produser minuman Calpis, dan perusahaan roti Yamazaki Bakery.

Menurut Laurent Dedenis, President International Operations, Acumatica, “Bisnis di Asia, terutama Indonesia sedang tumbuh pesat, mereka membutuhkan sikusi bisnis dan manajemen bertaraf dunia yang mudah diimplementasikan pada industri dengan standar global”.

“Acumatica menawarkan solusi yang memungkinkan pengguna untuk bekerja dimana saja dan kapan saja dengan perangkat apa saja,” tambahanya.

Pentingnya ERP berbasis web diadopsi perusahaan UKM cloud dijawab Laurent degan dua alasan utama. Pertama, implementasi yang sistem yang lebih cepat dan biaya implentasi sistem yang jauh lebih rendah. Dua faktor yang dianggap signifikan dalam proses bisnis UKM.

Selanjutnya, perusahaan UKM pun cukup memfokuskan bsinisnya pada sumber daya yang ada dan aspek produktivitas, tanpa harus terbebani dengan proses-proses di luar bisnis yang kurang diprioritaskan.

Dalam memasarkan dan menyediakan berbagai dukungan solusi cloud ERP-nya di Indonesia, Acumatica sejauh ini telah menggandeng para mitra software lokal, regional, dan internasional, seperti AccelTech untuk solusi retail, Alpha Vantage untuk manajemen sumber daya manusia (Cadena), DMSPro untuk sistem manajemen distribusi, InfoLog untuk sistem manajemen warehouse, dan JAAS untuk industri manufaktur.

Implementasi dan deployment software cloud ERP Acumatica di perusahaan tersedia dalam tiga opsi skenario. Perusahaan bisa memilih tiga solusi terbaik cloud ERP sesuai kebutuhannya, mulai dari solusi komplit SaaS (hardware, software, bandwidth, dll dalam satu paket), solusi lisensi di fasilitas internal perusahaan, dan terakhir, solusi dengan lisensi di Data Center cloud provider.

 

Tags: , , ,


COMMENTS