August 8, 2015

Microsoft Siap Jadi Penerjemah Pribadi Pengguna Apple Watch dan Android Wear

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Microsoft Siap Jadi Penerjemah Pribadi Pengguna Apple Watch dan Android Wear  

MOBITEKNO – Belakangan ini Microsoft aktif merilis berbagai productivity app (aplikasi berguna bagi pengguna dalam melakukan aktivitas produktif) untuk platform di luar Microsoft. Salah satu yang terbaru adalah productivity app untuk smartwatch Apple Watch dan Android Wear.

Beberapa productivity app untuk kedua perangkat wearable tersebut ada yang sama sekali baru baru dan ada pula yang merupakan versi update. Kehadiran beragam apps Microsoft untuk smart device berplatform non-Windows perlu dilakukan agar layanan Microsoft, seperti Bing, Office, dan lainnya tetap diminati pengguna non-Windwos (Android, iOS, dan lain-lain).

Sedikit demi sedikit, app Microsoft mulai dihadirkan untuk device non-Windows. Salah satu diantaranya yang telah dihadirkan, meskipun sebagian masih berstatus ujicoba (versi beta) adalah app Bing, smart lock-screen, Android Arrow Launcher, dan keyboard khusus untuk smartphone dan smartwatch Android.

Misi untuk membuka akses layanan Microsoft ke semua platform sendiri sudah beberapa kali diutarakan CEO-nya, Satya Nadella, dalam beberapa kali kesempatan. Salah satu misi penting Microsoft boleh jadi adalah menjadikan Microsoft Office bisa hadir di semua platform yang ada di muka bumi.

Tanpa panjang lebar, beberapa app baru untuk smartwatch antara lain, Outlook for Apple Watch (mail app), Wunderlist for Apple Watch (app untuk membuat Microsoft calendar events), Yammer for Apple Watch (notifications app) dan Microsoft Translator for Apple Watch.

Microsoft Translator juga hadir untuk smartwatch Android dengan platform Android Wear, selain update untuk app One Drive dan Note. One Drive menghadirkan fungsi baru, seperti mengatur pergantian foto untuk watch face yang telah di-upload selama satu bulan, sedangkan One Note kini memungkinkan pengguna melihat dan menyimpan catatan terbaru langsung dari smartwatch.

App yang paling menarik tentunya bagi siapa saja yang suka berkeliling dunia adalah Microsoft Translator. Selain berjalan di smartphone Android, Microsoft Translator kini hadir untuk smartwatch Android. Selain interface-nya yang simpel, Translator telah siap menerima input hingga 50 jenis bahasa untuk diterjemahkan olehnya. Cukup jalankan app ini dan langsung perdengarkan ucapan/suara dari bahasa yang ingin diterjemahkan.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS