April 7, 2015

Here Expert Indonesia Selalu Peduli Pada Pengembangan Peta

Penulis: Desmal Andi
Here Expert Indonesia Selalu Peduli Pada Pengembangan Peta  

MOBITEKNO – Divisi Here di Nokia semakin berkembang setelah proses akuisisi Nokia oleh Microsoft yang berlangsung beberapa tahun yang lalu. Divisi yang ditangani langsung oleh Alam Primanda sekaligus menjadi jembatan untuk komunitas Here Expert di Indonesia dalam mengembangkan peta, terutama peta Indonesia. Peran komunitas di pengembangan peta Here ini sangat besar, terutama untuk daerah-daerah pelosok. Oleh sebab itu, komunitas inilah yang rajin meng-update data peta guna membuat peta Here lebih lengkap dan detail. Selain komunitas Here Expert, dilibatkan juga tim pengumpul data dan reality capture untuk menangkap objek secara langsung.

Ratusan POI

Selama komunitas Here Expert berada dari tahun 2013 sampai sekarang, sejumlah 285 ribu Point of Interest (POI) dan 16800 km jalan di Indonesia telah mereka petakan. Data ini dikumpulkan dari 1232 user yang selalu aktif. Data sebanyak itu masih dilengkapi lagi dengan berbagai nomer rumah di setiap area yang disurvei.

Dalam mengumpulkan data peta, para anggota komunitas menggunakan aplikasi MapCreator yang disediakan di alamat mapcreator.here.com. Namun, mereka harus teregistrasi terlebih dahulu pada facebook Here Expert Indonesia. Data yang dikumpulkan bisa dalam bentuk koordinat, gambar, foto, hingga nomer rumah. Setelah data masuk ke dalam database, data akan diverifikasi oleh anggota lainnya. Proses verifikasi ini biasanya melibatkan anggota Here yang berada di universitas-universitas ternama di Indonesia, seperti ITS, ITB, UI, UnDip, dan UGM. Jika data benar, langkah selanjutnya adalah menurunkan tim Reality Capture dari divisi Here di Nokia dengan bantuan mobil yang dilengkapi kamera penangkap image 3D. Hasilnya tentu bisa dilihat dalam aplikasi Here di perangkat Android dan iOS.

Latar Belakang Para Anggota Komunitas

Untuk menjadi anggota komunitas Here Expert Indonesia, tidak diperlukan syarat khusus. Saat ini, para anggota komunitas terdiri dari berbagai macam jenis pekerjaan, mulai dari blogger hingga masyarakat biasa. Yang terpenting, mereka mau berminat terhadap pengembangan peta. Pihak Here sendiri  pun terus mendorong para anggota komunitas untuk terus berkontribusi pada pengembangan peta melalui berbagai acara dan pemberian badge. Anggota bisa berkontribusi banyak untuk meraih banyak badge. Ada banyak keuntungan bagi para anggota yang meraih banyak badge, seperti bisa menjadi pembicara di event Here hingga mewakili Indonesia dalam event Here Internasional.

Saat ini, komunitas Here Expert Indonesia menjadi komunitas yang kontribusinya paling besar di antara komunitas Here di negara lain. Dari data yang dilihat pada alamat Facebook, https://www.facebook.com/groups/HEREExpertCommunityIndonesia/ komunitas ini sudah memiliki sekitar 1070-an anggota. Jumlah yang cukup banyak jika mengingat usia komunitas ini yang masih terbilang muda.

Tags:


COMMENTS