May 13, 2015

Perusahaan Otomotif dan Teknologi Bersaing untuk Mendapatkan Here Maps

Penulis: Desmal Andi
Perusahaan Otomotif dan Teknologi Bersaing untuk Mendapatkan Here Maps  

MOBITEKNO – Divisi Here Maps Nokia yang memiliki peta digital Here menjadi incaran banyak perusahaan. Setelah perusahaan Uber menawar divisi ini senilai US$ 3 miliar, perusahaan-perusahaan pembuat mobil juga tertarik untuk membelinya. Apple pun kabarnya berada di tengah persaingan pembelian ini dengan tawaran yang cukup besar.

Peta digital di dunia otomotif sudah tentu menjadi satu hal yang sangat penting, Teknologi mobil otomatis (autonomous car) tidak lepas dari navigasi yang baik. Oleh sebab itu, peta eta digital dengan data yang akurat menjadi salah satu hal penting untuk masa depan dunia otomotif.

Nokia yang belum lama ini menawarkan divisi Here Mapsnya membuat beberapa perusahaan melirik untuk membelinya. Peta Here yang sudah lama dibangun Nokia dan sudah memiliki banyak database menjadi daya tarik terbesar bagi perusahaan yang menginginkannya.

Bahkan, tiga perusahaan otomotif kelas kakap asal Jerman, BMW, Daimler, dan Audi merapat dan mengajukan tawaran untuk menantang perusahaan teknologi  yang berbasis di Silicon Valley. Mereka  khawatir perusahaan-perusahaan besar berbasis teknologi seperti Google, Apple, dan Facebook yang justru dapat mengontrol divisi peta Nokia ini. Jika ini terjadi, para perusahaan pembuat kendaraan jelas akan memiliki peta yang terbatas untuk masa depan mobil pintar. Mereka tidak ingin selalu bergantung pada peta Google.  

Here sendiri dibeli Nokia pada tahun 2007 dengan harga US$ 8,1 miliar. Melalui berbagai mobil yang dilengkapi kamera, LIDAR, dan sensor lainnya, divisi Here dari Nokia mengembangkan peta dengan objek yang lebih detail.

 

Sumber: Autoblog

Tags: , , , ,


COMMENTS