May 6, 2015

Hyundai Sonata Sudah Berusia 30 Tahun

Penulis: Desmal Andi
Hyundai Sonata Sudah Berusia 30 Tahun  

MOBITEKNO – Tidak terasa sudah tiga decade Hyundai Sonata hadir di muka bumi. Dari pertama kali diperkenalkan, Sonata sudah terjual hingga 7,3 juta unit dalam tujuh generasi.

Generasi awal Sonata diciptakan masih menggunakan penggerak roda belakang. Selanjutnya di tahun 1988 saat penggerak depan popular, Hyundai pun mengubah Sonata menjadi penggerak depan. Ini terjadi pada generasi kedua.

Berbagai updatepun dilakukan Hyundai untuk mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah menerapkan berbagai teknologi pada generasi ketiga dan mengganti dengan mesin baru di generasi keempat.

Ubahan yang cukup besar dilakukan di tahun 2004 melalui generasi kelima. Di tahun ini, Hyundai Sonata mengadopsi desain dan tema yang dipakai mobil-mobil Eropa sehingga bentuknya lebih modern. Berbagai fitur keselamatan yang biasa terdapat di mobil Eropa pun diterapkan pada Sonata.

Selanjutnya, Hyundai mulai memikirkan desain yang lebih baik lagi pada generasi keenam. Di sini, Hyundai mulai memperkenalkan filosofi desain “Fluidic Sculpture” kepada para konsumennya. Selain itu, di generasi ini, untuk pertamakalinya Hyundai memperkenalkan Sonata versi Hybrid.

Kini, di tahun 2015, Hyundai Sonata sudah mencapai generasi ketujuh dengan ubahan yang cukup dramatis pada sisi interior dan eksterior. “Sonata menjadi salah satu factor yang berpengaruh dalam pertumbuhan Hyundai selama ini. Tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di seluruh dunia,”ujar Dave Zuchowski, Chief Hyundai Motor America, dikutip dari halaman LeftLaneNews.

 

Sumber: LeftlaneNews

Tags: ,


COMMENTS