November 4, 2015

Wistron Gunakan Robot Kolaboratif dari Universal Robots untuk Perakitan Laptop

Penulis: Desmal Andi
Wistron Gunakan Robot Kolaboratif dari Universal Robots untuk Perakitan Laptop  

MOBITEKNO – Industri manufaktur semakin menghadapi tantangan berat seiring dengan semakin ramainya kompetisi global di dunia yang sama. Oleh sebab itu, agar dapat bersaing, industri ini perlu melakukan transformasi dan upgrade ke proses-proses yang lebih modern. Salah satunya adalah penggunaan robot.

Inilah yang dilakukan Wistron, perusahaan ODM yang telah lama dikenal di dunia. Perusahaan ini sejak februari 2015 telah membeli 60 set robot dari Universal Robots untuk menggerakkan lini produksinya, terutama untuk perakitan laptop. Proses-proses pekerjaan seperti memegang komponen, mengunci sekrup, mengkoordinasikan mesin-mesin temperatur tinggi, hingga melakukan penyesuaian pada vision system kini dilakukan dengan tangan-tangan robot.

Sebenarnya, Wistron mulai melakukan otomatisasi produksinya dengan robot sejak dua tahun lalu. Lengan robotik empat dan enam poros yang sebelumnya diimplemantasikan Wistron memerlukan ruangan yang luas dengan kegiatan operasional yang tidak terlalu canggih. Hal ini ttentu tidak sesuai dengan konsep Wistron untuk ke depan yang mengutamakan efisiensi, fleksibilitas, dan keamanan.

Dengan penggunaan robot canggih dari Universal Robots, Wistron dapat melakukan layout lini produksinya dengan lebih fleksibel. Selain itu, Wistron juga dapat mengoptimalkan sumber daya dengan lebih optimal karena satu tangan robot bisa melakukan tugas rutin berulang-ulang seperti yang dilakukan oleh dua orang.

Penggunaan robot canggih ini juga dapat memangkas biaya operasional sehingga keuntungan pun dapat ditingkatkan. Dengan demikian, proses yang efisiensi ditambah dengan kecepatan produksi yang semakin optimal, tentunya dapat meningkatkan hasil produksi secara signifikan.

“Beberapa klien kami telah mengamati lini produksi otomoatis kami secara langsung dan menunjukkan apresiasi mereka terhadap oenggunaan robot-robot tersebut,” ujar Zhang, Direktur Wistron.

Efisiensi yang selalu diutamakan pada proses-proses produksi modern tentu menjadi pilihan banyak perusahaan di era modern ini. Selain itu, keamanan pekerjaan juga dapat ditingkatkan. “Karena biaya pabrikasi robot telah menurun setiap tahun, kami sangat yakin dengan prospek pasar robot kolaboratif, terutama aplikasi mereka dalam industri elektronik. Karena desain keselamatannya dan tidak diperlukannya pemagaran, robot-robot kolaboratif dapat bekerja bersama-sama karyawan manusia, sehingga memuaskan kebutuhan industri-industri yang tidak mampu mencapai produksi otomatis 100%,” pungkas James Taylor General Manager Universal Robots

Tags: , , ,


COMMENTS