May 4, 2015

Xiaomi Redmi 2: 4G LTE Dengan Harga Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Xiaomi Redmi 2: 4G LTE Dengan Harga Terjangkau  

MOBITEKNO – Xiaomi Redmi yang hadir di pasar Indonesia sejak awal April 2015 mendapat perhatian yang cukup banyak dari pengguna smartphone di Indonesia. Koneksi 4G LTE dengan harga yang terjangkau menjadi salah satu daya tarik mengapa smartphone ini cukup laris dalam flash sale yang dilakukan oleh salah satu e-Commerce di Indonesia.

Selain alasan tadi, sudah jelas Xiaomi redmi 2 dibekali dengan berbagai fitur-fitur menarik, seperti sistem operasi yang sudah menggunakan Android 4.4.4 Kitkat dengan user interface MIUI 6. Namun, apa saja yang dapat diberikan oleh smartphone berharga Rp 1.499.000 ini?

Kelengkapan

Saat Mobitekno mendapatkan smarpthone ini, boks yang digunakan untuk mengemas Redmi 2 dan berbagai pendukungnya terlihat cukup kompak dan padat. Dengan desain khas Xiaomi, boks berwarna coklat ini berisi:

  1. Unit Smartphone yang masih tertutup plastik segel
  2. Baterai dengan kapasitas 2.200 mAh
  3. Kabel Micro USB untuk proses transfer dan charge
  4. Adaptor sebagai pengubah arus AC ke DC
  5. Buku Panduan singkat

Desain

Saat smartphone diangkat dari boks, terlihat smartphone ini cukup tipis. Layar yang berukuran 4,7 inci membuat Redmi 2 dapat dipegang dengan mantap dalam genggaman tangan. Begitu juga saat diletakkan dalam saku celana atau baju, ukurannya yang kompak membuat pergerakan Anda masih nyaman tanpa terganggu dengan kehadiran Redmi 2 di saku celana.

Sisi kanan terdapat dua tombol yang berfungsi untuk tombol On/Off dan volume. Kedua tombol dengan tampilan krom ini dapat diakses dengan mudah oleh jempol Anda, jika Anda memegangnya dengan tangan kanan. Dengan demikian, untuk menambah dan menurunkan volume saat mendengarkan musik, prosesnya dapat dilakukan dengan nyaman.

Di bagian atas, terdapat port audio 3,5 mm untuk perangkat earphone. Sementara port micro USB terdapat di sisi bawah.

Di balik cover belakang, terdapat baterai berwarna oranye berkapasitas 2.200 mHh. Jika baterai juga dilepas, terdapat satu slot micro SD dibagian kiri atas dan dua buah slot micro SIM card. Di bagian belakang ini juga terdapat kamera beresolusi 8 MP dengan LED flash di sampingnya.

Balik ke bagian depan, layarnya yang berukuran 4,7 inci memiliki kamera depan beresolusi 2 MP. Salah satu yang menarik dan berbeda dari kebanyakan smartphone adalah lampu LED untuk notifikasi yang berada di bagian bawah, dekat dengan tombol Home.

Fitur & Performa

Berkat adanya prosesor Quadcore 1,2 GHz Cortex A53 yang dipadukan dengan Android Kitkat, smartphone ini cukup lancar dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti email, Facebook, Twitter, dan program office.

RAM-nya memang hanya sebesar 1 GB. Namun, dengan kapasitas tersebut, sudah cukup untuk menampung berbagai aplikasi yang menunjang pekerjaan Anda sehari-hari. Bahkan, saat diuji dengan menjalankan game Asphalt 8, game berjalan lancar tanpa tersendat.

Untuk fitur kamera, Xiaomi Redmi 2 memberikan banyak efek di dalamnya. Ada sekitar 12 filter yang bisa Anda pilih untuk membuat hasil tangkapan lebih menarik. Sementara untuk mode kamera, disediakan enam opsi untuk Anda, mulai dari panorama, manual, hingga highlight tones. Menariknya, saat kamera depan digunakan untuk selfie, aplikasi dalam smarphone sudah menerapkan face rocognition. Jadi, kamera dapat menerka umur dan jenis kelamin dari objek selfie.

Untuk audio dan video, Xiaomi juga memiliki opsi untuk memilih equalizer. Dengan opsi ini, kualitas suara yang dihasilkan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Saat di-benchmark menggunakan aplikasi Antutu, Xiaomi Redmi 2 mendapat skor 20696. Jika diukur dengan Quadrant Standard, Redmi 2 memperoleh 11848 dan dengan Basemark OS II hasil yang didapat adalah 520.

Spesifikasi

Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 2

Ukuran layar  4,7 inci 720 p capacitive touchscreen
Sistem operasi  Android 4.4.4 Kitkat dengan MIUI v.6
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 1.2GHz quad-core Cortex-A53 CPU
Graphics Card Adreno 306
Kamera Belakang 8MP dengan LED flash dan video 1080 p, Depan 2 MP dengan kualitas video 720 p
RAM 1 GB
Storage Storage : Internal 8 GB dengan tambahan slot micro SD hingga 32 GB
Jaringan 2G, 3G, 4G LTE
Komunikasi Wi-Fi b/g/n; Bluetooth 4.0; GPS/GLONASS/microUSB, USB On-The-Go; FM radio
Baterai Baterai : 2200 mAh

 

Kesimpulan

Untuk menunjang aktivitas pekerjaan sehari-hari dengan penggunaan normal, Xiaomi Redmi 2 dapat menjadi pilihan yang pas. Dengan ukuran layar 4,7 inci, smartphone ini mudah dibawa kemana pun Anda pergi tanpa takut lepas dari genggaman.

Penggunaan user interface MIUI v.6 yang tampil sederhana cukup menghemat daya baterai. Tersedianya dual micro SIM card juga menjadi solusi bagi Anda yang memiliki dua nomer provider untuk kebutuhan yang berbeda.

Hasil tangkapan kamera juga cukup memuaskan. Bahkan, pengambilan dengan objek jarak dekat, kamera Redmi 2 dapat melakukannya dengan hasil yang bagus. Fokus gambar akan terlihat jelas dan objek lainnya akan dibuat blur.

Di Indonesia, Xiaomi redmi 2 bersaing ketat dengan produk-produk dari Android One dan Lenovo A6000. Sama seperti Xiaomi Redmi 2, flash sale Lenovo A6000 juga mendapatkan hasil yang menggembirakan.

Dari sisi aksesori pendukung, seperti cover, screen protector, hingga pernak-pernik lainnya, Anda bisa menemukannya dengan mudah, baik secara offline maupun online.

Tags: ,


COMMENTS