April 7, 2022

Review OPPO Reno7, Jagoan Portrait Berdesain Retro yang Bisa Intip-intip Dunia Mikro

Penulis: Desmal Andi
Review OPPO Reno7, Jagoan Portrait Berdesain Retro yang Bisa Intip-intip Dunia Mikro  

Mobitekno – OPPO Reno7 merupakan varian terakhir yang diperkenalkan OPPO Indonesia untuk jajaran OPPO Reno7 series. Dua varian sudah hadir sebelumnya, yaitu OPPO Reno7 5G dan OPPO Ren7 Z 5G. Tentunya ada perbedaan karakter di setiap varian OPPO Reno7 Series. OPPO Reno7 ini memiliki keunggulan di bagian kamera, dimana kamera selfie-nya menggunakan sensor dari Sony IMX709, pengembangan bersama antara OPPO dan Sony. Selain itu, tidak adanya embel-embel 5G sudah menggambarkan bahwa OPPO Reno7 ini hanya bekerja di jaringan 4G LTE.

Sejatinya, OPPO memiliki dua opsi warna pada OPPO Reno7 ini. Yang pertama adalah Sunset Orange dan yang kedua adalah Cosmic Black. Memang, opsi Sunset Orange menjadi satu hal yang unik di OPPO Reno7 ini karena dibuat dari kulit fiberglass berkarakter seperti kulit leci. Ini membuat permukaan bodi belakang memiliki karakter yang tidak licin. Namun, Cosmic Black yang menampilkan desain OPPO Glow yang ikonik juga tidak kalah keren. Tampilannya tetap elegan dengan permukaan cover belakang yang juga memiliki karakter khusus. Dan tentunya bebas dari jejak sidik jari. Membuatnya tetap bersih dan tetap terlihat stylish.

Mobitekno sendiri mendapat kesempatan menguji OPPO Reno7 ini dengan opsi warna Cosmic Black. Kami jadikan smartphone ini sebagai teman utama dari aktivitas harian guna melihat keunggulannya. Untuk mengetahui lebih detail, mari ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

20220329 141435
OPPO Reno7

Kelengkapan

Datang dengan kotak kemasan dalam berwarna hitam, OPPO Reno7 begitu menarik untuk dicoba. Diluar kotak kemasan dalam ini, masih dibalut dengan karton pelindung lagi yang memiliki warna hijau telor asin. Brand OPPO Reno7 jelas terpampang di bagian bawah kemasan tersebut. Sementara angka 7 menempel dengan dimensi besar di bagian luar yang menandakan bagian dari OPPO Reno7 Series.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini isi lengkap dalam kemasan penjualannya:

  1.       OPPO Reno7 dengan opsi warna Cosmic Black
  2.       Softcase transparan untuk pelindung ekstra bodi smartphone
  3.       SIM Card Ejector
  4.       Kabel USB type C untuk proses transfer data dan pengisi daya
  5.       Adapter SUPERVOOC 33W berwarna putih
  6.       Kartu SIM Pra Bayar dari Telkomsel
  7.       Buku Petunjuk singkat dan kartu garansi
20220326 085522
Kelengkapan OPPO Reno7

Desain

OPPO Reno7 ini memiliki desain minimalis tetapi bergaya retro. Bodinya memiliki desain flat baik di bagian belakang maupun setiap sisi-sisinya, yang menambah kesan elegan. Secara keseluruhan, untuk opsi Cosmic Black ini memiliki dimensi 159.9 x 73.2 x 7.49mm dan berat sekitar 175 gram. Ada perbedaan tebal antara opsi Cosmic Black dan Sunset Orange. Jika di Cosmic Black tebalnya 7,49mm, di opsi Sunset Orange adalah 7,54mm. perbedaan ini karena jenis material yang berbeda yang digunakan untuk bagian bodi belakang smartphone.

20220407 080929
Cosmic Black berbasis OPPO Glow yang memiliki permukaan bebas sidik jari

Bagian layarnya memiliki bentang 6,4inci yang menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 90Hz dan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini juga memiliki sertifikasi Netflix HDR, Amazon HDR, dan YouTube HD, yang membuatnya semakin nyaman dalam menikmati konten-konten beresolusi tinggi.

Sebuah lingkaran kecil terlihat di sisi kiri atas layar. Ini adalah kamera selfie 32MP yang memiliki sensor Sony IMX709. Kamera selfie ini mengadopsi mode punch hole, tetapi tidak mengganggu tampilan layar secara keseluruhan.

20220407 080825
Posisi kamera selfie

Beralih ke bagian sisi-sisinya. Jika biasanya tombol volume dan power sering bersanding di satu sisi saja, tidak dengan OPPO Reno7 ini. OPPO mendesainnya berlawanan alias tombol power ada di sisi kanan dan tombol volume ada di sisi kiri. Tombol volume pun didesain tidak menyatu. Jadi ada tombol volume up dan volume down. Posisinya segaris dengan tombol power di sisi sebelahnya. Di atas tombol volume up terdapat slot SIM Card yang didesain menyatu dengan bodi samping smartphone.

Di bagian bawah terdapat port audio 3,5mm, sehingga OPPO Reno7 ini masih memungkinkan untuk menggunakan headset yang masih menggunakan kabel. Di sisi berikutnya ada port USB type C untuk menghubungkan kabel data atau kabel charger. Di antara port USB Type C dan port audio terdapat lubang mikrofon berukuran sangat kecil. Terakhir adalah lubang speaker untuk mendengarkan audio secara langsung dari smartphone. Untuk bagian atas hanya terdapat lubang mikrofon.

Sekarang menuju bagian belakang. Saat smartphone dibalik, langsung terlihat jelas dua kamera belakang yang memiliki diameter yang sama. OPPO Reno7 sendiri mengadopsi tiga kamera di bagian belakang ini, yaitu terdiri dari kamera utama 64MP Wide dengan dukungan AI, Kamera Depth 2MP, dan kamera mikro 2MP. Triple kamera ini ditemani dengan LED flash dan Orbit Light. Orbit Light dapat menerangi objek saat microlens digunakan. Cahaya dari lampu tambahan ini juga bisa menyala saat menerima panggilan telpon, pesan, bermain game, atau mengisi daya smartphone.

Fitur dan Performa

Salah satu fitur yang jelas-jelas terlihat dan dirasakan langsung oleh pengguna adalah UI smartphone ini. OPPO Reno7 menggunakan ColorOS 12 untuk kenyamanan dan kelancaran navigasi smartphone. Di ColorOS 12 ini, ada banyak pengaturan yang fleksibel, yang bisa diakses oleh pengguna. Misalnya saja untuk ikon-ikon di home screen. ColorOS 12 memang menawarkan cara yang lebih intuitif dan sederhana bagi pengguna. Navigasi dengan ColorOS 12 juga sangat lancar tanpa lag dimena perpindahan layar saat melakukan screen swipe berjalan mulus.

Salah satu yang membuat ColorOS12 di OPPO Reno7 ini menarik adalah keberadaan fitur Air Gesture. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan scroll screen hanya dengan gerakan telapak tangan. Ini juga berlaku jika ingin menjawab atau menonaktifkan panggilan telepon. Fitur ini sangat menarik terutama jika digunakan saat melihat berbagai macam konten di media sosial. Cukup letakkan smartphone di meja, lalu buka media sosial seperti YouTube, TikTok, atau Facebook, lalu gerakkan telapak tangan untuk menggulirkan layr keatas atau ke bawah. Tangan Anda yang lain pun bebas untuk melakukan aktivitas lainnya.

Air Gesture
Air Gesture yang memudahkan menggulirkan layar dengan gesture tangan

Fitur menarik lainnya adalah Adaptive Sleep. Mungkin ada beberapa pengguna smartphone yang mengeluhkan pengaturan screen off. Diatur terlalu cepat, seringkali menyusahkan karena saat sedang asik membaca timeline di media sosial, tiba-tiba layar meredup. Sementara di atur terlalu lama juga bisa memboroskan baterai. OPPO Reno7 memiliki fitur Adaptive Sleep, dimana layar tidak akan meredup saat mendeteksi keberadaan wajah di depan layar. Jadi, walaupun screen off diatur 30 detik, namun layar tetap menyala saat Anda sedang menatap layar OPPO Reno7. Fitur keamanan  juga dipikirkan dengan adanya Smart Notification Hiding. Dengan merekam wajah Anda, smartphone akan menyembunyikan notifikasi jika di hadapan layar bukan wajah Anda. Ini berguna untuk masalah keamanan smartphone.

Personalization
Personalizations di OPPO ColorOS 12

Untuk urusan performa, OPPO Reno7 menggunakan Snapdragon 680 4G terbaru. Walaupun di jajaran seri 6, prosesor ini cukup kencang karena dikembangkan dengan teknologi terbaru. Fabrikasi 6nm yang dimiliki prosesor ini juga bisa menekan penggunaan daya di smartphone. Kencangnya prosesor didukung juga oleh GPU Adreno 610, memori 8GB, dan storage internal 256GB. Masih terasa kurang dengan memori sebesar itu? OPPO Reno7 masih memiliki fitur RAM Expansion. Ini bisa menambah kapasitas RAM 5GB lagi. Anda bisa menambah 2GB, 3GB, atau langsung ke 5GB. Kapasitas memori tambahan ini diambil dari storage yang tidak terpakai.

Beralih ke bagian kamera. Di sinilah OPPO Reno7 menunjukkan keunggulannya. Kamera belakangnya yang berjumlah tiga memungkinkan Anda untuk menjelajah lebih dalam dunia fotografi dan videografi. Mulai dari mode malam, portrait, time-lapse, extra HD, Panorama, Slo-Mo, hingga profesional bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda. Bahkan, salah satu kamera di bagian belakang ini cukup unik, membedakan Reno7 dari kebanyakan smartphone lainnya. Yang unik ini adalah kamera mikro. Berbeda dari kebanyakan smartphone yang masih menggunakan makro, maka Reno7 menggunakan mikro. Aktifkan mode mikroskop ini, lalu secara otomatis Orbit Light akan menyala. Dekatkan kamera ke objek yang ingin dilihat lebih detail. Ini seperti menggunakan mikroskop di laboratorium penelitian. Dunia mikro pun bisa Anda jelajahi dengan lebih luas.

Kamera
Fitur kamera, orbit light, dan foto mikroskopis

Untuk kamera depan, OPPO justru menawarkan kemampuan lebih untuk penggunanya. Berkat sensor dari pengembangan bersama OPPO dan Sony, yaitu IMX709, foto selfie pun bisa dilakukan dengan banyak mode. Sensor ini menjadi debut pertama kali di Indonesia pada perangkat Reno7. IMX709 memiliki sensor RGBW dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan OPPO. Sensor ini mampu menangkap 60% lebih banyak cahaya daripada sensor RGGB standar sekaligus mengurangi noise hingga 35%, sehingga memberikan gambar yang lebih jelas dan lebih cerah pada kondisi minim pencahayaan.

Kehadiran sensor ini menjadikan OPPO Reno7 memiliki berbagai fitur kamera yang mengesankan di antaranya Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot sehingga pengguna dapat menangkap foto potret menakjubkan dengan kualitas profesional.

Terakhir, OPPO membekali OPPO Reno7 dengan baterai besar 4.500mAh. Menariknya lagi, baterai ini sudah mendukung pengisian super cepat SUPERVOOC 33W. Dengan begitu, mengisi daya perangkat mencapai 100% bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 60 menit saja.

Mobitekno melakukan beberapa pengujian dengan aplikasi benchmark. Dan hasilnya adalah sebagai berikut. 

Ini adalah hasil-hasil foto dari OPPO Reno7 

Spesifikasi

 

 

 

OPPO Reno7
Prosesor Snapdragon™ 680 4G
Kamera Depan 32MP Sony IMX709
Kamera Utama 64MP Kamera Utama
2MP Kamera Bokeh
2MP Kamera Mikro
Pilihan Warna Sunset Orange dan Cosmic Black
Ketebalan Sunset Orange: Sekitar 7.54 mm
Cosmic Black: Sekitar 7.49 mm
Berat Sekitar 175 gram
Material Penutup Belakang Sunset Orange: Fiberglass-leather Design
Cosmic Black: OPPO Glow
Layar 6.4“AMOLED Display
90 Hz Refresh Rate
Sidik Jari In-display Fingerprint Unlock
Baterai 4500mAh, 33W SUPERVOOCTM
RAM & Penyimpanan 8GB RAM +  Ekspansi RAM hingga 5GB
256GB ROM dukungan microSD hingga 1TB
Sistem Operasi ColorOS 12 berbasis Android 12
Harga Rp5.199.000

Kesimpulan

OPPO Reno7 bisa menjadi pendamping setia untuk aktivitas harian penggunanya. Desain minimalis namun elegan berkat Ultra Slim Retro Design, menjadikan smartphone ini mendukung juga gaya hidup penggunanya. Jadi, tidak hanya opsi Sunset Orange yang bisa mendukung OOTD penggunanya.

Saat digunakan rutin selama dua minggu pengujian, smartphone ini bekerja dengan baik. Hanya saja, menurut kamu bodi belakangnya masih terbilang cukup licin jika digenggam untuk melihat konten di dalamnya. Oleh sebab itu, Keberadaan softcase yang transparan menjadi solusi jitu, tanpa perlu menambah biaya lagi untuk mencari dari aftermarket. Performanya untuk melakukan aktivitas rutin seperti bermain game, bekerja dengan docs, membaca email, hingga melihat berita-berita terkini, tidak membuat baterainya cepat habis.

20220407 080948
OPPO Reno7

Dan satu yang menarik bagi kami adalah, OPPO masih memberikan paket penjualannya secara lengkap. Di saat brand-brand lain sudah mulai tidak memberikan adapter charger, atau biasanya hanya adapter standar walaupun mendukung fast charging di atas standar, OPPO Reno7 justru memberikan adapter charger SUPERVOOC 33W. Ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS