October 7, 2019

Apple iPhone 11 Pro Max, Hasil Fotonya Bikin Takjub

Penulis: Putra | Editor: Redaksi
Apple iPhone 11 Pro Max, Hasil Fotonya Bikin Takjub  

Mobitekno – Belum lama ini, tepatnya di bulan September 2019, Apple resmi meluncurkan smartphone generasi terbaru. Ada tiga tipe yang diluncurkan, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Apple membanderol smartphone baru tersebut mulai 11,7 juta. Apa istimewanya dari produk terbaru Apple ini? Tentu saja ada di sisi kamera. Bahkan, salah satu tipe yaitu iPhone 11 Pro Max memiliki kamera belakang hingga 3 kamera.

Tidak hanya sekadar jumlah kamera yang banyak, produk ini Apple juga mengintegrasikan fitur pengambilan gambar dan video yang canggih. Fitur  quicktake video, night mode, fitur pengambilan selfie secara slow motion (slofies), dan resolusi video hingga 4K yang merupakan kualitas yang bisa dikatakan tertinggi di dunia smartphone. Bukan hanya hasil foto yang bagus, tetapi kualitas videonya pun menjadi alasan banyak orang mengidam-idamkan smartphone ini.

Penasaran dengan kualitas smartphone dari produk terbaru Apple? Simak ulasan singkat kelebihan dari iPhone 11 Pro Max di bawah ini:

Kamera dengan sensor 12 megapixel dan lensa berbeda

Sesuai dengan tradisi yang dibuat oleh Apple, yaitu setiap ada produk baru pasti kemampuan kameranya juga akan meningkat. Begitu pula dengan iPhone 11 Pro Max ini. Tiga kamera yang dimiliki oleh iPhone 11 Pro Max ini hadir dengan lensa yang berbeda. Kendati demikian, resolusi sensor ketiganya sama, yaitu 12 megapiksel. Menurut Apple, sensor kamera utamanya hadir dengan sensor yang telah diperbaharui. Modul kamera utamanya dipasangkan dengan lensa wide 26 mm berdiagfragma  f/1.8 dan dilengkapi dengan fitur penstabil optikal. Untuk modul kamera kedua adalah kamera telefoto dengan lensa 52 mm berkemampuan zoom optikal 2x dan bukaan diafragma lensa f/2.0.

Kamera tele fotonya juga dilengkapi dengan fitur penstabil optikal. Sementara modul kamera ketiga adalah kamera dengan lensa ultra wide13mm yang berdiafragma f/2.4. Membawa lensa dengan jarak focal length yang berbeda dan kemampuan lensa telefoto memang menawarkan fleksibilitas lebih saat memotret. Namun iPhone 11 Pro Max lebih unggul karena kualitas foto dari ketiga kamera tersebut terlihat nyaris tidak ada perbedaan. Ketiga kameranya mampu menghasilkan jepretan foto yang tajam dan mampu menjaga warna serta tingkat gelap terang yang konsisten di beragam konsidi pencahayaan. Bahkan ketika akan berpindah kamera dengan menekan ikon 0.5x, 1x, 2x atau menggeser roda pengaturan jarak fokal lensa di antarmuka kameranya nyaris tidak ada jeda. Sangat mulus seperti menggunakan 1 kamera saja. Pengalaman ini yang sangat jarang dijumpai pada smartphone 3 kamera lain dengan sistem operasi Android.

apple 2

Hasil foto memuaskan

Pada kamera iPhone 11 Pro Max, sekali lagi Apple membuktikan sensor kamera besutannya yang patut diacungi jempol. Meski hanya membawa sensor gambar dengan resolusi 12 megapiksel, jepretan foto menggunakan ketiga kamera iPhone 11 Pro Max tetap sangat memuaskan di segala kondisi pencahayaan. Kinerja autofokusnya juga sangat cepat. Hasil foto ketiga kameranya terlihat tajam dan detail dengan warna yang sangat baik. Kehadiran kamera dengan lensa ultrawide di iPhone 11 Pro Max sangat membantu terutama untuk menangkap obyek landscape atau arsitektur. Saat memotret dengan menyalakan opsi HDR hasil fotonya pun tetap terlihat natural dengan kendali area bayangan dan highlight yang baik serta warna yang akurat. Nyaris tidak terasa adanya penambahan efek penajaman atau peningkatan tingkat kecerahan serta saturasi warna yang berlebihan.

Night mode yang sangat impresif

Peningkatan paling signifikan dari kamera iPhone 11 Pro Max adalah kemampuan memotret dari kondisi minim cahaya. Bahkan untuk pertama kalinya, Apple memberikan night mode di semua model iPhone terbarunya. Sayangnya  night mode tidak bisa digunakan di semua kamera, hanya bisa digunakan pada kamera utama dan kamera telefoto. Hasil foto dengan menggunakan mode ini bisa tetap terlihat natural dengan tingkat pencahayaan yang pas  dan tajam. Total warna bisa tetap dijaga agar tetap akurat, serta area gelap dan terang pada hasil jepretan sangat seimbang tanpa terlihat artefak di pinggiran subyek akibat efek penajaman atau peningkatan saturasi warna berlebih yang umum dijumpai pada smartphone Android.

Dari review beberapa pengguna iPhone 11 Pro Max, selama beberapa detik kamera secara otomatis akan mengambil beberapa foto lalu digabungkan dan diolah untuk menghasilkan satu foto yang sempurna. Hal ini menandakan saat menggunakan night mode wajib mempertahankan tangan agar tidak goyang untuk menghasilkan foto yang bebas blur. Semakin gelap suatu obyek maka pengambilan foto akan semakin lama. Walaupun begitu terdapat pengaturan night mode. Dengan pilihan auto durasi 2 detik pengambilan foto masih dimungkinkan tanpa perlu bantuan tripod karena adanya fitur penstabil. Selain itu night mode masih  bisa bekerja secara optimal pada tempat yang nyaris gelap.

Dengan adanya night mode, kamera masih sanggup menghasilkan foto yang lebih terang dengan kualitas yang tetap terjaga walupun ketajaman dan warnanya sedikit menurun akibat noise yang mengganggu. Pada prakteknya, pengguna akan sangat jarang memotret pada tempat yang nyaris gelap. Untuk penggunaan sehari-hari saat memotret di kondisi malam hari atau minim cahaya, dengan atau tanpa night mode pun smartphone ini masih mumpuni menghasilkan jepretan foto yang tajam dengan noise yang relatif minim. Jadi tidak perlu diragukan lagi, iPhone 11 Pro Max adalah varian iPhone yang paling handal memotret di kondisi minim cahaya.

Efek portrait lighting bertambah

Mode portrait di iPhone 11 Pro Max juga semakin jempolan dengan efek blur di belakang subyek yang rapi. Efek bisa dihasilkan dengan kamera depan atau belakangnya. Menjalankan iOS 13 dari hasil foto portrait masih bisa diatur setelah foto diambil. Di iOS 13 efek portrait lighting kini juga ditambahkan dengan satu mode baru, yaitu High Key Light Mono untuk foto hitam putih sekelas studio foto.

Selfie semakin seru dengan slofie

Tidak hanya kamera belakang yang semakin mutakhir, kamera depan 12 megapiksel TrueDepth iPhone 11 Pro Max turut ditingkatkan. Selfie dengan kamera depannya juga memuaskan dengan hasil yang terlihat natural tanpa terlihat adanya efek beautifikasi berlebih. Kamera depannya tersebut semakin inovatif karena menjadi yang pertama di smartphone dengan kemampuan mengambil video selfie dalam gerakan lambat di 120fps atau istilah slofie. Untuk vlogging Anda bisa juga merekam video 4K di 60 fps. Selain itu untuk mempermudah pengguna saat mengambil foto selfie kamera depannyaini juga secara otomatis akan zoom out sehingga bisa mengambil foto selfie dengan tangkapan gambar yang lebih lebar.

Tips Menggunakan iPhone 11 Pro Max untuk Membuat Vlog

Tren vlogging memang sedang booming beberapa tahun belakangan ini. mulai dari remaja hingga orang tua, tertarik untuk membuat vlog. Sayangnya, membuat vlog yang berkualitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk membuat vlog yang baik dan berkualitas Anda harus menggunakan paling tidak kamera mirrorless. Namun dengan hadirnya iPhone 11 Pro Max, kegiatan vlog tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal dan juga sangat simpel. Hanya dengan smartphone ini Anda bisa melakukan rekam video sampai upload ke media sosial. Anda bisa menyimak langkah mudah vlogging menggunakan iPhone 11 Pro Max dari uraian di bawah ini:

Install aplikasi rekam video, Filmic Pro bisa menjadi pilihan

Kamera iPhone sejak dulu memang dikenal memiliki kualitas terbaik untuk memotret dan merekam video. Ditambah lagi dengan smartphone iPhone 11 Pro Max, maka hasil gambar atau videonya akan sama dengan hasil dari kamera mirrorless atau DSLR. Filmic Pro adalah salah satu aplikasi yang drekomendasikan. Aplikasi ini membawa sejumlah fitur menarik yang dibutuhkan untuk menghasilkan video dengan kualitas setara vlog buatan profesional. Aplikasi Filmic Pro dikabarkan mampu meningkatkan kualitas video iPhone karena tersedia 4 pilihan kualitas video, yaitu Filmic Quality pada 36 – 50 mbps, lalu Filmic Extreme yang mampu menangkap gambar berkualitas 50 – 100mbps, Apple Standart dan Economy. Aplikasi ini juga telah menyediakan pengaturan manual standart yang sangat diperlukan untuk menghasilkan vlog yang baik. Terakhir, melalui aplikasi ini juga bisa mengatur aspek ratio gambaryang ingin direkam dan juga mampu merekam gambar dengan baik.

f1568140146
Filmic Pro (sumber foto: macrumors.com

 

Siapkan stabilizer atau tripod

Sama dengan membuat vlog dengan kamera mirrorless atau DSLR, stabilizer atau tripod sangatlah penting. Kedua alat ini berfungsi untuk meredam getaran dari tangan saat memegang smartphone. Usahakan saat memilih tripod atau stabilizer pilih yang sudah teruji kualitasnya agar tidak cepat rusak dan benar-benar stabil. Jika memiliki perangkat ini maka bukan hanya bisa digunakan untuk vlogging namun juga untuk selfie. Walaupun iPhone 11 Pro Max memiliki kamera yang sangat canggih namun pada lensa ultrawide belum dilengkapi dengan fitur penstabil sehingga perangkat penstabil tambahan sangat dibutuhkan untuk merekam video.

Menyiapkan perangkat tambahan untuk cahaya

Kamera iPhone 11 Pro Max sudah dilengkapi dengan lampu LED flash, namun dibeberapa kondisi lampu LED tidak mampu menerangi video dengan baik. Walaupun smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur night mode namun tetap saja noise tetap akan mengganggu hasil akhir dari video. Perangkat ini akan membuat video lebih terang terutama ketika pencahayaan minim. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering menggunakan perangkat ini karena bisa jadi video akan terlalu terang dan kurang menarik.

Siapkan aplikasi editing

Kelebihan yang ditawarkan iPhone adalah setelah merekam video bisa langsung melakukan editing sekaligus. Jangan lupa untuk mempersiapkan aplikasi eiting seperti iMovie atau juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Splice dan GoPro. Aplikasi bisa membantu editing video dengan tools standart seperti mengatur transisi video dan memasukkan backsound musik. Bahkan untuk aplikasi bawaan seperti iMovie bisa menghadirkan gambar sekelas film Hollywood. Aplikasi ini mampu menghasilkan video HD yang jernih dan keren. Bahkan detail saat mengedit video yang biasa dilakukan di dekstop, bisa Anda lakukan dengan iMovie melalui iPhone. iMOvie merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik untuk pengguna setia produk iPhone.

Bagimana, gampang kan membuat video hanya dengan satu perangkat saja tanpa harus memindahkannya ke perangkat lain untuk melakukan proses selanjutnya?  Inilah kelebihan dari iPhone 11 Pro Max yang belum bisa dilakukan perangkat lain. Anda sudah pasti bisa memproduksi vlog menggunakan iPhone 11 Pro Max dan siap menjadi vlogger masa kini.

Tags: , , ,


COMMENTS